Monday, February 9, 2015

Liburan di Pulau Menjangan Yang Eksotik

Berpetualangan di Pulau Bali rasanya tidak akan ada habisnya dijelajahi. Ya,Bali memang identik dengan tempat wisata yang sudah terkenal hingga ke mancanegara.Sebut saja pantai Kuta,Nusa Dua,rafting di Ayung Ubud,Seminyak,Tanah Lot,Jimbaran,Istana Tampak Siring,Ubud Monkey Forest serta tempat favorit lainnya.Tempat tempat wisata di Bali yang selama ini menjadi favorit para wisatawan domestik maupun mancanegara kebanyakan berada di wilayah selatan dari pulau tersebut.Sudah banyak para traveller yang mengunggah testimoninya tentang Bali di media blog maupun di media sosial.

Nah,saya akan mengajak mas @aMrazing untuk kembali berkunjung ke Bali,tapi tempat tujuan kunjungan ini berbeda dengan tempat favorit wisata Bali pada umumnya.Apakah di wilayah lainnya dari Pulau Bali ini tidak ada obyek wisata yang menawarkan petualangan yang berbeda dengan lokasi lainnya?Tentu saja obyek wisata tersebut ada,tepatnya di Kabupaten Buleleng.Dari letak geografisnya,Buleleng ini terletak di pesisir pantai utara Bali.Walaupun terletak jauh di utara dari ibukota provinsi Bali yaitu Denpasar,Buleleng ternyata menyimpan sejumlah tempat wisata yang menawarkan petualangan berbeda dan menarik.Potensi wisata di kabupaten tersebut masih banyak yang harus dieksplorasi dan belum tergarap secara baik.Lewat blog ini,saya ingin mengajak @aMrazing membantu mempromosikan potensi wisata Pulau Menjangan di Buleleng ini kepada khalayak masyarakat Indonesia..

Sebut saja pantai Lovina,pantai yang pasir pantainya berwarna kehitaman berbeda dengan pantai lainnya, dengan ombak kecil cocok untuk belajar menyelam serta sekedar bermain main air laut di pinggir pantai bersama keluarga.Berjarak 1 km dari bibir pantai,setiap paginya sekitar pukul 05.00 WITA, kita bisa melihat ratusan lumba-lumba berkumpul,menyelam dan melompat ke udara.Beda dengan atraksi lumba-lumba yang ada di Ancol,yang di lepas pantai Lovina masih asli dan alami. Momen yang menarik dan langka khan.....

Ada lagi tempat yang menjadi ikon pariwisata dari Buleleng ini yaitu Pulau Menjangan.Terletak 10 Km di pantai barat Pulau Bali dengan luas 175 hektare.Dinamakan Pulau Menjangan karena di pulau tersebut menjadi habitat menjangan yang dalam bahasa Jawa artinya “kijang” atau rusa liar.Sebenarnya pulau ini tidak ada penghuninya hanya di huni oleh kawanan rusa liar tersebut. Sayangnya saat ini populasi menjangan semakin hari semakin berkurang karena adanya perburuan liar.Untuk itulah,Pemerintah menetapkan Pulau Menjangan sebagai bagian dari Taman nasional Bali Barat,sebagai usaha konservasi untuk melindungi habitat menjangan dari kepunahan serta menjaga kelestarian alam dan keanekaragaman hayati Pulau Menjangan dan sekitarnya.



Selain hewan menjangan yang menjadi daya tarik dari Pulau Menjangan ini,pesona pemandangan taman bawah laut yang sangat cerah,penuh warna serta kaya biota lautnya adalah definisi sempuran dari keindahan dunia bawah laut Pulau Menjangan.Bagi para pecinta snorkeling atau diving sempatkanlah melakukan aktivitas menyelam disana.Bawalah kamera underwater untuk mengabadikan pemandangan bawah laut disana.

Rute ke Menjangan

Sekarang ini untuk menuju ke Pulau Menjangan tidaklah sulit.Ada dua rute alternatif yang dapat ditempuh,yaitu pertama melalui jalan darat bisa naik kereta api menuju ke Banyuwangi.Bagi traveller yang dari Jakarta,kalau mau irit naiklah kereta ekonomi jurusan Jakarta-Yogyakart. Tiba stasiun Lempuyangan naiklah kereta jurusan Yogyakarta-Banyuwangi.Harga tiket keretanya lebih murah dan kita sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan. Setelah sampai di stasiun Banyuwangi,cukup berjalan kaki selama 15 menit menuju ke pelabuhan Ketapang.Dengan menumpang kapal ferry,kita akan menyeberangi selat Bali dan turun di Gilimanuk.Setelah tiba di Gilimanuk,naik minibus jurusan Singaraja dan turun di Labuhan Lalang.Ini adalah titik untuk menyeberang ke Pulau Menjangan.

Rute kedua ini lebih cepat dan tidak menguras tenaga.Ya,dengan menggunakan pesawat terbang dari kota mana saja di Indonesia mendarat di bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai,Denpasar. Bila ingin mendapatkan tiket pesawat murah,carilah tiket promo dan pesan tiket jauh jauh hari. Kalau lagi mujur,kita bisa dapat harga tiket pesawat lebih murah dibanding naik kereta api. Setelah mendarat di Denpasar,carilah penyewaan kendaraan bermotor untuk menuju ke Labuhan Lalang. Dengan menyewa motor/mobil kita bisa leluasa mengunjungi setiap tempat wisata disepanjang jalur pesisir pantau utara Pulau Bali sebelum sampai di Labuhan Lalang. Lama perjalanan dari Denpasar menuju Labuhan Lalang sekitar 4 jam.Sayangnya di Bali sampai saat ini belum ada angkutan umum yang melayani rute Denpasar-Singaraja.

Setelah sampai di pelabuhan Labuhan Lalang,satu satunya moda transportasi menuju ke Pulau Menjangan adalah dengan menggunakan perahu yang dikelola oleh Taman Nasional Bali Barat. Lama perjalanan sekitar 30-40 menit tergantung cuaca.
Sebagai pulau yang tidak berpenghuni,Pulau Menjangan tidak memiliki akomodasi berupa hotel,restoran maupun toko pernak pernik souvenir.Jadi siap siap bawa bekal makan dan minum sendiri,obat-obatan,cream sunblock maupun kebutuhan lainnya.


Indahnya Dunia Bawah Laut Menjangan

Taman bawah laut Pulau Menjangan terkenal memiliki dinding karang yang berkedalaman 60 meter dengan formasi bebatuan yang komplek.Formasi batuan tersebut membentuk gua-gua besar dan kecil yang menjadi habitat bagi terumbu karang,karang lunak,kerapu,belut moray,kuda laut,penyu dan hiu karang.Di gua gua yang berukuran kecil,ikan kakap kecil serta batfish banyak terlihat hilir mudik.Kedalaman laut serta arus laut yang tenang menjadikan taman bawah laut di sekitar Menjangan menjadi habitat ikan laut tersebut diatas.






Ada 8 titik penyelaman yang sudah teridentifikasi memiliki pemandangan bawah laut yang spektakuler,yaitu Eel Garden, Coral Garden, Pos I, Pos II, Bat Cave,Temple Point, Anchor Wreck, dan Secret Bay. Di setiap titik penyelaman tersebut memiliki karakteristik tersendiri,namun kebanyakan berupa dinding karang.Hampir semua ikan karang dapat ditemui di setiap titik penyelaman tersebut. Ikan angelfish,moorish idol,batfish,clownfish hingga ikan spanish dancer dapat kita temui.Saking bagusnya panorama taman bawah laut dengan variasi ikan serta karangnya di sekitar Pulau Menjangan ini, bahkan lebih bagus daripada Great Barrier Reef di Australia sana.

Di titik penyelaman yang bernama Anchor Wreck pada kedalaman 45 meter,terdapat bangkai kapal Belanda lengkap dengan jangkarnya yang sudah berkarat.Kapal tersebut diperkirakan tenggelam ketika Perang Dunia II.Kapal tenggelam tersebut dinamakan Kapal Budak karena diduga mengangkut para budak dari Bali ke Batavia (Jakarta).Di dalam bagian kapal,masih bisa ditemukan peti peti yang berisi keramik dan botol botol kaca yang sekarang sudah ditumbuhi karang lunak.Bangkai kapal tersebut sekarang menjadi habitat penyu dan hiu karang.

Sementara di titik penyelaman lainnya yang bernama Eel Garden,terletak di sebelah bagian barat dari Pulau Menjangan dan disebut sebut sebagai titik penyelaman terbaik.Sesuai dengan namanya,di kawasan ini banyak dihuni sejumlah besar koloni garden eel serta sea fans.Selain itu pasir pantainya yang putih berkilauan menjadi daya tarik tersendiri kawasan Eel Garden ini.


Misi besar @aMrazing di Pulau Menjangan

Tidak afdol datang ke Pulau menjangan bila tidak melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat bagi konservasi kehidupan flora dan fauna disana.Telah disebutkan pada alinea diatas bahwa menjangan atau rusa liar yang menghuni Pulau Menjangan lambat laun semakin menurun populasinya.Hal ini disebabkan salah satunya adalah adanya perburuan liar yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.@aMrazing sebagai selebriti nasional serta selebriti dunia maya yang sudah terkenal bisa berperan memelopori kampanye penyelamatan menjangan. Kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan mengajak komunitas desa adat di sekitaran Pulau Menjangan untuk bersama sama menjaga hewan menjangan tersebut agar tidak punah.

Dengan semakin banyaknya wisatawan yang berkunjung ke kawasan Pulau Menjangan,akhir akhir ini ditemukan banyak terumbu karang yang rusak.Seperti kita ketahui,terumbu karang ini ibarat hutan bagi lautan tropis.Sama seperti di daratan,terumbu karang juga berbeda antara daerah tropis dengan daerah sub tropis.Adanya terumbu karang inilah yang memberi sokongan kehidupan bagi alam liar bawah air dan kondisinya saat ini terus berkurang jumlahnya dengan tingkat kerusakan yang semakin mengkhawatirkan.

Tak jauh dari Banyu Wedang,di desa Pemuteran terdapat transplantasi karang yang disebut biorock.Metode biorock ini dibangun oleh arsitek dan pakar kelautan Wolf Hilbertz dan pakar kelautan Tom Goreau. Mereka menemukan bahwa dengan menyalakan arus listrik yang lemah di dalam air laut, cangkang keras yang mengandung kalsium karbonat akan menjadi katoda.Metode ini mempercepat pertumbuhan terumbu karang dengan aliran listrik. Keberhasilan teknologi ini tidak diragukan lagi, karena sudah mendapat penghargaan dari lokal maupun internasional.Selain merangsang keanekaragaman hayati, struktur biorock juga memerangi erosi, yang menjadi masalah serius dengan kehancuran terumbu karang alami. Seiring waktu, biorock juga menjadi atraksi bagi para wisatawan yang menyenangi dunia bawah air.

 
Seiring perjalanan waktu dengan semakin meningkatnya populasi di sekitar pesisir Pulau Bali menjadi halangan dan tantangan dalam pelestarian terumbu karang.Pendirian hotel yang dilakukan secara masif yang kadangkala hotelhotel tersebut memiliki sistem pembuangan limbah yang belum sempurna sehingga limbah biologis tersebut langsung masuk ke laut.Limbah tersebut akan menciptakan alga yang beracun bagi terumbu karang.
Terkait dengan biorock,@aMrazing bisa berkontribusi dengan mencarikan sponsor donatur dari berbagai kalangan entah dengan penerbitan buku tentang konservasi terumbu karang maupun pertunjukan musik amal.Sebagai selebriti tentu hal yang mudah bagi @aMrazing untuk mewujudkannya.Selain itu mengajak komunitas masyarakat sekitar Pulau Menjangan untuk tidak menangkap ikan dengan bahan peledak lagi.Keindahan dunia bawah air Menjangan menjadi taruhannya dan untuk usaha pemulihannya memerlukan waktu yang lama.

Metode biorock diyakini saat ini merupakan jawaban terbaik dari usaha konservasi terumbu karang. Masih belum terlambat untuk meciptakan kembali kehidupan bawah air yang sehat,agar bisa dinikmati generasi mendatang.#Save Menjangan Island


Sumber tulisan :
1.Majalah detik
2.Situs Indonesia Travel
3.Situs Mongabay.co.id






No comments: