Memilih
bank sebagai tempat untuk menyimpan uang ibarat memilih pasangan
hidup, tidak bisa sembarangan karena disitulah saya mempercayakan
harta saya disimpan dan dijaga.Faktor kenyamanan,keamanan,pelayanan
yang bagus serta jaringan kantor cabang serta gerai ATM yang
terjangkau menjadi hal yang penting.Tambah lebih penting lagi
tersedianya beragam variasi produk perbankan yang dapat saya akses
untuk menunjang kebutuhan keuangan saya hari ini dan masa
depan.Mulailah saya mencari dan memilih beragam bank yang ada namun
sesuai dengan kriteria saya tersebut.Insya Allah pilihan saya tepat
dan dapat membawa manfaat bagi saya dan keluarga.
Bermula
dari BNI Taplus milik istri
Sejak
Agustus
2004,12
tahun yang lalu,istri
saya membuka rekening BNI Tabungan Plus (Taplus).BNI Taplus ini
adalah tabungan yang memberikan layanan PLUS dengan berbagai macam
fitur dan manfaat.Seperti suku bunga progresif dengan tingkat bunga
yang menarik,setoran dan penarikan tunai dapat dilakukan diseluruh
kantor cabang BNI terdekat maupun melalui e-channel seperti ATM dan
CDM (Cash Deposit Machine) yang tersebar diseluruh Indonesia serta
biaya administrasi perbulannya yang terjangkau.Selain itu mendapat
fasilitas KartuPLUS yang dapat digunakan untuk tarik tunai di ATM
maupun untuk belanja.
Kenapa
istri saya memilih BNI Taplus?Sederhana saja alasannya,karena gaji
bulanan yang diterimanya sebagai karyawan disebuah perusahaan
manufaktur ditransfer ke rekening BNI.Tidak ada ceritanya,transferan
gaji istri saya tersebut mengalami keterlambatan.Selalu tepat waktu
walaupun kala itu koneksi jaringan internet belum sebagus saat
ini.Berbeda dengan kondisi saat ini,dimana gerai ATM BNI serta kantor
cabang BNI bertebaran dimana mana.
Pengalaman
menarik yang dialami oleh istri saya diawal menjadi nasabah BNI
adalah sekitar tahun 2005 ketika dompetnya yang berisi surat surat
penting termasuk KartuPLUS BNI jatuh entah dimana.Saat itu ketika
sedang makan siang bersama teman teman kerjanya di warung dekat
kantornya.Awalnya ia sempat mengalami kebingungan bagaimana caranya
memblokir kartu ATM tersebut karena minimnya informasi yang
diketahuinya.Saya yang diberitahu beberapa jam kemudian,langsung saja
menghubungi kantor cabang BNI tempat dimana dia membuka rekeningnya
via telepon.Memberitahu kepada petugas BNI bahwa telah kehilangan
kartu ATM BNI dan agar segera diblokir.
Tidak
butuh waktu lama,KartuPLUS BNI milik istri saya sudah diblokir.Untuk
penggantian kartunya, diminta untuk melampirkan surat kehilangan dari
kepolisian,buku tabungan dan identitas diri ke cabang BNI
terdekat.Kartu ATM BNI yang baru pun sudah ditangan.Sudah berubah
tampilannya dengan fitur yang lebih hebat.Nah,beberapa tahun kemudian sekitar
tahun 2012 istri sudah pindah tempat kerja,dompet istri saya yang
hilang tersebut ditemukan oleh temannya.Semua masih utuh termasuk
KartuPLUS BNI-nya.Sampai hari ini kartuPLUS tersebut masih disimpan
sebagai kenang kenangan.
Untuk
memberikan manfaat lebih,di bulan April
2007 istri
saya membuka BNI Tapenas (Tabungan Perencanaan Masa Depan).
BNI
Tapenas ini adalah tabungan yang setoran rutinnya tetap
setiap
bulan serta “dikunci” selama jangka waktu tertentu.Benefit
lainnya terdapat asuransi jiwa yang akan meneruskan setoran
bulanannya bila penabung meninggal dunia selama jangka waktu
kontraknya.Pemilihan jangka waktunya dapat disesuaikan
dengan perencanaan keuangan kita.Misal untuk persiapan nikah,
renovasi rumah,pembelian kendaraan bermotor
maupun pendidikan anak.Sedangkan untuk
setoran rutinnya,BNI
Tapenas ini didebit langsung dari rekening Taplus induknya,namun
bila ingin melakukan
top up (setoran
tambahan) dapat dilakukan sewaktu
waktu.Besarnya
setoran
BNI Tapenas tersebut, istri saya memilih nominal Rp
100.000,-perbulannya
dengan jangka waktu kontrak 5
tahun.
Kenapa
memilih kecil setorannya?Ya karena kemampuannya baru di angka
itu.Setidaknya setiap bulan istri saya “dipaksa” untuk
menyisihkan dana secara rutin yang dapat digunakan sebagai dana
persiapan masuk sekolah maupun ketika membutuhkan dana untuk
keperluan mendesak.Tekadnya seiring membaiknya ekonomi kami,entah
karena kenaikan gaji ataupun ketika mendapat bonus tahunan,sebagian
akan disisihkan untuk top up BNI Tapenas ini.
Kurang
dari 4 bulan lagi sebelum jatuh tempo tepatnya di bulan Desember
2011,BNI Tapenas milik istri tersebut dengan terpaksa harus
dicairkan.Ada keperluan keuangan yang mendesak,sehingga BNI Tapenas
ini menjadi talangan.Walaupun putus kontrak di tengah jalan,nilai
total tabungan yang didapat tidak berkurang sepersenpun.Inilah
keuntungannya menabung di BNI Tapenas yang sudah kami nikmati
hasilnya.
Kisahku
Bersama BNI Taplus
Di
usianya yang ke-70 tahun,BNI telah membuktikan dirinya sebagai salah
satu bank nasional yang terpercaya.Terbukti dari jalinan kerjasama
dengan berbagai pihak baik instansi pemerintah maupun swasta yang
menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan publik kepadanya.Ditambah
jaringan kantor cabang serta gerai ATM-nya telah merambah hingga ke
pelosok desa.
Berbekal
pengalaman istri memiliki BNI Taplus serta BNI Tapenas tersebut
diatas,muncul keinginan saya untuk membuka rekening BNI
Taplus.Kenyamanan,keamanan dan fitur transaksinya yang komplit
membuat saya tergoda.
Pucuk
dicinta ulampun tiba.Di awal tahun 2012 kemarin,saya pun membuka
rekening BNI Taplus. Kebetulan pihak perusahaan tempat saya bekerja
mengeluarkan aturan bahwa pembayaran gaji akan dilakukan transfer
bank via BNI.Sebelumnya pembayaran gaji dilakukan secara tunai.Inilah
kali pertama saya memilih BNI dalam berbank.
Agar
lebih bermanfaat,kami pun sepakat untuk menjadikan BNI Taplus yang
lama (milik istri) sebagai rekening cadangan keluarga kami.Jadi
ketika tanggal tua uang di rekening saya habis sementara tanggal
gajian masih beberapa hari lagi,kami bisa meminjam dana ke rekening
milik istri tersebut.Ketika gaji saya sudah di transfer,rekening
istri kami isi lagi dengan sejumlah uang yang lebih gede sekaligus
sebagai tambahan dana cadangan.
Sedangkan
rekening Taplus milik saya sendiri lebih berperan sebagai rekening
untuk mendukung transaksi keuangan kami sehari hari.Beli pulsa ponsel,bayar tagihan listrik,transfer dana belanja online
serta untuk pembayaran belanja bulanan di supermarket.
Seiring
kemajuan teknologi komunikasi,terutama membanjirnya perangkat ponsel
yang sudah mendukung akses internet serta menjamurnya situs belanja
online membuat aktivitas transaksi belanja online saya
meningkat.Berbagai aplikasi toko online terpasang di gawai. Selama
ini untuk metode pembayaran transaksi belanja online tersebut,saya
lebih banyak mengandalkan fasilitas transfer bank di ATM.Memang
merepotkan.Mau bagaimana lagi sebab
sebagian besar merchant online lebih suka memilih kartu kredit
sebagai metode pembayarannya yang cepat dan praktis.Sementara saya
belum mempunyai kartu kredit.Saya pun berandai andai,coba pakai kartu
debit bisa!!
Kabar
baiknya,di tahun 2013 kemarin BNI mengeluarkan layanan terbarunya
yaitu BNI Debit Online. BNI
Debit Online (BDO) adalah suatu model inovasi / alternatif pembayaran
yang mudah,cepat,dan aman untuk transaksi belanja di Merchant / Toko
Online dengan menggunakan Virtual Card Number (VCN) sebagai pengganti
nomor asli BNI Kartu Debit berlogo MasterCard.BDO ini sumber
dananya berasal dari rekening tabungan / giro perorangan.Ibaratnya
punya kartu debit yang berfungsi layaknya kartu kredit.
Segera saya pun
mendaftar layanan BDO tersebut.Syarat pengajuannya juga
cukup mudah hanya dengan melakukan registrasi dan aktivasi BNI SMS
Banking saja.Setelah aktif,tak lama kemudian saya pun langsung
mencoba bertransaksi menggunakan BDO.Hanya butuh 4 langkah
saja mengisi kolom yang
tersedia pada menu pembayaran di situs toko online yang saya
kunjungi. Semua proses tersebut bisa saya lakukan dimanapun dan
kapanpun selama di lokasi tersebut terdapat sinyal seluler dan akses
internet.
Dengan
memiliki layanan BDO tersebut,saya tidak
perlu repot repot lagi mencari gerai ATM BNI untuk sekedar transfer
dana belanja online.Kedepannya saya jadi lebih mudah bertransaksi
online. Mau beli game maupun e-book di Playstore.Bayar transaksi di
berbagai merchant online,dan masih banyak lagi transaksi online
lainnya yang akan saya lakukan.Semua bisa dilakukan dengan
menggunakan BDO.Inovasi BDO benar-benar telah
membantu saya dalam transaksi online saat ini.
Keuntungan
lainnya yakni BDO ini dapat
digunakan untuk belanja di semua merchant online
yang
menerima MasterCard.Selain itu saya lebih leluasa menentukan limit
belanja disesuaikan dengan saldo rekening yang saya punyai,berbeda
dengan kartu kredit dimana limit belanja susah diatur apalagi ketika
promo diskon bertaburan.Dan terakhir
lebih aman,saya tidak perlu memasukan data asli BNI Kartu Debit ke
kolom pembayaran di merchant online.Praktis,aman
dan hemat.
Selama
12 tahun lebih BNI telah menjadi salah satu anggota keluarga
kami.Bersama BNI sudah banyak cerita dan kisah yang menyertai
perjalanan hidup kami.Dengan kenyamanan dan keamanan dalam
bertransaksi keuangan yang telah kami rasakan,membuat kami tidak
tergoda untuk pindah ke lain hati.Hidup jadi lebih mudah menjalaninya.
Demikian
pengalaman kami bersama BNI,salam hangat dari Keluarga BNI di
Piyungan.
No comments:
Post a Comment