Sunday, May 29, 2016

Berawal Dari Istri,Aku pun Memilih BNI

Memilih bank sebagai tempat untuk menyimpan uang ibarat memilih pasangan hidup, tidak bisa sembarangan karena disitulah saya mempercayakan harta saya disimpan dan dijaga.Faktor kenyamanan,keamanan,pelayanan yang bagus serta jaringan kantor cabang serta gerai ATM yang terjangkau menjadi hal yang penting.Tambah lebih penting lagi tersedianya beragam variasi produk perbankan yang dapat saya akses untuk menunjang kebutuhan keuangan saya hari ini dan masa depan.Mulailah saya mencari dan memilih beragam bank yang ada namun sesuai dengan kriteria saya tersebut.Insya Allah pilihan saya tepat dan dapat membawa manfaat bagi saya dan keluarga.

Bermula dari BNI Taplus milik istri
Sejak Agustus 2004,12 tahun yang lalu,istri saya membuka rekening BNI Tabungan Plus (Taplus).BNI Taplus ini adalah tabungan yang memberikan layanan PLUS dengan berbagai macam fitur dan manfaat.Seperti suku bunga progresif dengan tingkat bunga yang menarik,setoran dan penarikan tunai dapat dilakukan diseluruh kantor cabang BNI terdekat maupun melalui e-channel seperti ATM dan CDM (Cash Deposit Machine) yang tersebar diseluruh Indonesia serta biaya administrasi perbulannya yang terjangkau.Selain itu mendapat fasilitas KartuPLUS yang dapat digunakan untuk tarik tunai di ATM maupun untuk belanja.

Kenapa istri saya memilih BNI Taplus?Sederhana saja alasannya,karena gaji bulanan yang diterimanya sebagai karyawan disebuah perusahaan manufaktur ditransfer ke rekening BNI.Tidak ada ceritanya,transferan gaji istri saya tersebut mengalami keterlambatan.Selalu tepat waktu walaupun kala itu koneksi jaringan internet belum sebagus saat ini.Berbeda dengan kondisi saat ini,dimana gerai ATM BNI serta kantor cabang BNI bertebaran dimana mana.

Pengalaman menarik yang dialami oleh istri saya diawal menjadi nasabah BNI adalah sekitar tahun 2005 ketika dompetnya yang berisi surat surat penting termasuk KartuPLUS BNI jatuh entah dimana.Saat itu ketika sedang makan siang bersama teman teman kerjanya di warung dekat kantornya.Awalnya ia sempat mengalami kebingungan bagaimana caranya memblokir kartu ATM tersebut karena minimnya informasi yang diketahuinya.Saya yang diberitahu beberapa jam kemudian,langsung saja menghubungi kantor cabang BNI tempat dimana dia membuka rekeningnya via telepon.Memberitahu kepada petugas BNI bahwa telah kehilangan kartu ATM BNI dan agar segera diblokir.

Tidak butuh waktu lama,KartuPLUS BNI milik istri saya sudah diblokir.Untuk penggantian kartunya, diminta untuk melampirkan surat kehilangan dari kepolisian,buku tabungan dan identitas diri ke cabang BNI terdekat.Kartu ATM BNI yang baru pun sudah ditangan.Sudah berubah tampilannya dengan fitur yang lebih hebat.Nah,beberapa tahun kemudian sekitar tahun 2012 istri sudah pindah tempat kerja,dompet istri saya yang hilang tersebut ditemukan oleh temannya.Semua masih utuh termasuk KartuPLUS BNI-nya.Sampai hari ini kartuPLUS tersebut masih disimpan sebagai kenang kenangan.

Untuk memberikan manfaat lebih,di bulan April 2007 istri saya membuka BNI Tapenas (Tabungan Perencanaan Masa Depan).
BNI Tapenas ini adalah tabungan yang setoran rutinnya tetap setiap bulan serta “dikunci” selama jangka waktu tertentu.Benefit lainnya terdapat asuransi jiwa yang akan meneruskan setoran bulanannya bila penabung meninggal dunia selama jangka waktu kontraknya.Pemilihan jangka waktunya dapat disesuaikan dengan perencanaan keuangan kita.Misal untuk persiapan nikah, renovasi rumah,pembelian kendaraan bermotor maupun pendidikan anak.Sedangkan untuk setoran rutinnya,BNI Tapenas ini didebit langsung dari rekening Taplus induknya,namun bila ingin melakukan top up (setoran tambahan) dapat dilakukan sewaktu waktu.Besarnya setoran BNI Tapenas tersebut, istri saya memilih nominal Rp 100.000,-perbulannya dengan jangka waktu kontrak 5 tahun.

Kenapa memilih kecil setorannya?Ya karena kemampuannya baru di angka itu.Setidaknya setiap bulan istri saya “dipaksa” untuk menyisihkan dana secara rutin yang dapat digunakan sebagai dana persiapan masuk sekolah maupun ketika membutuhkan dana untuk keperluan mendesak.Tekadnya seiring membaiknya ekonomi kami,entah karena kenaikan gaji ataupun ketika mendapat bonus tahunan,sebagian akan disisihkan untuk top up BNI Tapenas ini.

Kurang dari 4 bulan lagi sebelum jatuh tempo tepatnya di bulan Desember 2011,BNI Tapenas milik istri tersebut dengan terpaksa harus dicairkan.Ada keperluan keuangan yang mendesak,sehingga BNI Tapenas ini menjadi talangan.Walaupun putus kontrak di tengah jalan,nilai total tabungan yang didapat tidak berkurang sepersenpun.Inilah keuntungannya menabung di BNI Tapenas yang sudah kami nikmati hasilnya.

Kisahku Bersama BNI Taplus
Di usianya yang ke-70 tahun,BNI telah membuktikan dirinya sebagai salah satu bank nasional yang terpercaya.Terbukti dari jalinan kerjasama dengan berbagai pihak baik instansi pemerintah maupun swasta yang menunjukkan tingginya tingkat kepercayaan publik kepadanya.Ditambah jaringan kantor cabang serta gerai ATM-nya telah merambah hingga ke pelosok desa.

Berbekal pengalaman istri memiliki BNI Taplus serta BNI Tapenas tersebut diatas,muncul keinginan saya untuk membuka rekening BNI Taplus.Kenyamanan,keamanan dan fitur transaksinya yang komplit membuat saya tergoda.

Pucuk dicinta ulampun tiba.Di awal tahun 2012 kemarin,saya pun membuka rekening BNI Taplus. Kebetulan pihak perusahaan tempat saya bekerja mengeluarkan aturan bahwa pembayaran gaji akan dilakukan transfer bank via BNI.Sebelumnya pembayaran gaji dilakukan secara tunai.Inilah kali pertama saya memilih BNI dalam berbank.
Agar lebih bermanfaat,kami pun sepakat untuk menjadikan BNI Taplus yang lama (milik istri) sebagai rekening cadangan keluarga kami.Jadi ketika tanggal tua uang di rekening saya habis sementara tanggal gajian masih beberapa hari lagi,kami bisa meminjam dana ke rekening milik istri tersebut.Ketika gaji saya sudah di transfer,rekening istri kami isi lagi dengan sejumlah uang yang lebih gede sekaligus sebagai tambahan dana cadangan.

Sedangkan rekening Taplus milik saya sendiri lebih berperan sebagai rekening untuk mendukung transaksi keuangan kami sehari hari.Beli pulsa ponsel,bayar tagihan listrik,transfer dana belanja online serta untuk pembayaran belanja bulanan di supermarket.

Seiring kemajuan teknologi komunikasi,terutama membanjirnya perangkat ponsel yang sudah mendukung akses internet serta menjamurnya situs belanja online membuat aktivitas transaksi belanja online saya meningkat.Berbagai aplikasi toko online terpasang di gawai. Selama ini untuk metode pembayaran transaksi belanja online tersebut,saya lebih banyak mengandalkan fasilitas transfer bank di ATM.Memang merepotkan.Mau bagaimana lagi sebab sebagian besar merchant online lebih suka memilih kartu kredit sebagai metode pembayarannya yang cepat dan praktis.Sementara saya belum mempunyai kartu kredit.Saya pun berandai andai,coba pakai kartu debit bisa!!

Kabar baiknya,di tahun 2013 kemarin BNI mengeluarkan layanan terbarunya yaitu BNI Debit Online. BNI Debit Online (BDO) adalah suatu model inovasi / alternatif pembayaran yang mudah,cepat,dan aman untuk transaksi belanja di Merchant / Toko Online dengan menggunakan Virtual Card Number (VCN) sebagai pengganti nomor asli BNI Kartu Debit berlogo MasterCard.BDO ini sumber dananya berasal dari rekening tabungan / giro perorangan.Ibaratnya punya kartu debit yang berfungsi layaknya kartu kredit.
Segera saya pun mendaftar layanan BDO tersebut.Syarat pengajuannya juga cukup mudah hanya dengan melakukan registrasi dan aktivasi BNI SMS Banking saja.Setelah aktif,tak lama kemudian saya pun langsung mencoba bertransaksi menggunakan BDO.Hanya butuh 4 langkah saja mengisi kolom yang tersedia pada menu pembayaran di situs toko online yang saya kunjungi. Semua proses tersebut bisa saya lakukan dimanapun dan kapanpun selama di lokasi tersebut terdapat sinyal seluler dan akses internet.

Dengan memiliki layanan BDO tersebut,saya tidak perlu repot repot lagi mencari gerai ATM BNI untuk sekedar transfer dana belanja online.Kedepannya saya jadi lebih mudah bertransaksi online. Mau beli game maupun e-book di Playstore.Bayar transaksi di berbagai merchant online,dan masih banyak lagi transaksi online lainnya yang akan saya lakukan.Semua bisa dilakukan dengan menggunakan BDO.Inovasi BDO benar-benar telah membantu saya dalam transaksi online saat ini.

Keuntungan lainnya yakni BDO ini dapat digunakan untuk belanja di semua merchant online yang menerima MasterCard.Selain itu saya lebih leluasa menentukan limit belanja disesuaikan dengan saldo rekening yang saya punyai,berbeda dengan kartu kredit dimana limit belanja susah diatur apalagi ketika promo diskon bertaburan.Dan terakhir lebih aman,saya tidak perlu memasukan data asli BNI Kartu Debit ke kolom pembayaran di merchant online.Praktis,aman dan hemat.
Selama 12 tahun lebih BNI telah menjadi salah satu anggota keluarga kami.Bersama BNI sudah banyak cerita dan kisah yang menyertai perjalanan hidup kami.Dengan kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi keuangan yang telah kami rasakan,membuat kami tidak tergoda untuk pindah ke lain hati.Hidup jadi lebih mudah menjalaninya.

Demikian pengalaman kami bersama BNI,salam hangat dari Keluarga BNI di Piyungan.











No comments: