Sunday, May 29, 2016

Untungnya Belanja di MM

 
Masih ingat khan dengan kejadian seorang konsumen membeli ponsel di sebuah olshop tapi barang yang dikirim bukan ponsel melainkan sabun mandi.Atau anda sendiri pernah mengalami sewaktu belanja online ternyata barang pesanan yang dikirim berbeda dengan yang seharusnya anda pesan.Nah,kali ini saya pun mengalami juga kejadian serupa.Namun endingnya tidak merugikan saya namun malah membuat saya beruntung.

Pengin tahu gimana ceritanya?Cekidot dibawah ini.

Awalnya istri saya mengeluh mengenai harga gula pasir yang terus menanjak,seolah tidak mengenal turunan.Apalagi lokasi rumah yang berdekatan dengan pasar membuat informasi berbagai harga kebutuhan pokok yang mengalami perubahan harga cepat didapat.Apalagi mendekati datangnya bulan Ramadhan beberapa hari lagi membuat harga kebutuhan pokok saling kebut kebutan harganya.Terlebih lagi harga gula pasir yang kenaikannya sangat mencolok.

Kebetulan dalam beberapa hari mendatang,saya sekeluarga akan melaksanakan peringatan 1 tahun meninggalnya ayah/mertua saya.Seperti tradisi yang berlaku di kampung,dalam peringatan orang meninggal biasanya dimalam harinya diselenggarakan pembacaaan wakofan atau tahlilan yang dipimpin oleh rois kampung.Setelah selesai tahlilan tersebut pihak ruan rumah memberikan ucapan terima kasih berupa sekantong tas kresek yang isinya berupa beras,telur,mie instan,nasi gurih, camilan,teh serta gula pasir.

Setelah memperhatikan pergerakan harga yang terjadi di pasar di dekat rumah,fluktuasi harga yang melonjak naik tajam hanya harga gula pasir.Yang lainnya masih dalam batas toleransi.Makanya target pertama adalah membeli gula pasir terlebih dahulu.Pilihannya adalah gula pasir lokal yang harganya masih terjangkau.Saya dan istri pun mencari informasi toko grosir dekat rumah yang menjual gula pasir baik yang kemasan 1 kg Gulaku maupun gula pasir lokal.Harganya berkisar antara 14-16 ribu per kilogramnya.Ehm,kami pun menunda untuk membelinya sambil mencari informasi kesemua penjuru,siapa tahu dapat menemukan toko yang berani memberikan harga diskon.#modustanggaltua

Tanpa sengaja pada tanggal 17 Mei 2016 seminggu yang lalu,saya membuka aplikasi MatahariMall yang sudah terpasang di ponsel.Eee..malah nemu promo diskon dari salah satu seller MM tersebut yaitu Hypermart.Nominal transaksi minimal 250rb dapet diskon 50rb.Awalnya saya hanya mencoba mencari gula pasir di merchant tersebut dan ketemu.Ada Gulaku dan gula pasir lokal.Segera saja saya masukkan ke troli belanja hingga nilainya mencapai 250 ribuan.Ini nih screenshot belanja saya kemarin.


 
Gula pasir pilihan saya adalah 7 kg gula pasir lokal,2kg gula pasir lokal hijau dan 8 kg Gulaku gula tebu premium.Agar barang belanjaan saya tidak direbut orang,segera saya klik Lanjutkan Pembayaran.Isi kode voucher dan langsung klik Pembayaran.Treng treng..kode vochernya berhasil. Pilihan pembayarannya saya pilih metode transfer bank karena tidak urgent.

 
Hari itu saya tidak langung melakukan pembayaran pesanan saya tersebut.Baru keesokan harinya,di jam 5.30 pagi saya baru ke ATM dan mentransfer pembayaran transaksi tersebut.Sekitar 2 jam kemudian,status transaksi saya di akun MM berubah,dari menunggu pembayaran berubah menjadi menunggu pengiriman.Cepet juga ya verifikasi pembayarannya.Sekarang tinggal menunggu barang pesanan diantar sampai di rumah,batin saya.

Namun ketika sore hari sekitar jam 3,saya menerima telepon dari nomor yang tidak saya kenal. Karena nomornya belum terdaftar di memori ponsel saya,panggilan telepon tersebut saya abaikan.Kebiasaan tersebut saya lakukan karena saya mengangap panggilan telepon tersebut biasanya agen asuransi atau agen kartu kredit yang selalu nyerocos ngomongnya,kayak dikejar setan.Karena tidak ada tanggapan,beberapa menit kemudian sebuah pesan singkat datang.Isinya mengabarkan kalau pesanan gula pasir saya yang lokal ternyata stoknya sedang kosong.Apakah mau diganti dengan gula pasir merk lainnya atau di refund saja.
Jawaban sms balasan saya ya jelas minta diganti merk lain saja,wong lagi butuh gula pasir masak pilih dikembalikan uangnya.Ogah lah ya..



Tidak terbayang dalam benak saya kalau ternyata gula lokal yang kosong tersebut diganti semuanya dengan Gulaku semuanya.Apalagi tidak ada pemberitahuan lanjutan mengenai biaya kekurangannya.Hari berikutnya,Kamis 19 Mei 2016 pesanan gula pasir saya tersebut sudah sampai di rumah.Ini nih yang saya suka dari MM,pengirimannya cepat dan packingnya juga rapi.Dari slip transaksi yang tertempel di bagian atas kardus pembungkusnya tertulis gula lokal sebanyak 9 kg diganti semuanya dengan Gulaku.Apa apaan nih,biasanya penggantian barang itu yang harganya sebanding tapi yang ini kok malah harganya lebih mahal.

 
Setelah saya buka kardus pembungkusnya,memang benar semua gula pasir pesanan saya diganti dengan Gulaku seperti pada gambar diatas.Kalau begini nih,konsumen sangat diuntungkan banget. Jelas saya gak bakalan komplain lah.Coba dulu belinya lebih dari 17 kg ya!Ah sudahlah kalau memang sudah rejeki gak khan kemana.Betul khan sob?

Benar benar tanggal tua membawa untung.
Terima kasih Hypermart,terima kasih MatahariMall,promo diskonnya memang keren.






No comments: