Tuesday, June 7, 2016

Masa Depan Lebih Terencana Bersama Reksadana Danareksa


Berprofesi sebagai seorang pegawai swasta dengan penghasilan yang terbatas,saya memahami pentingnya investasi untuk masa depan keluarga.Untuk persiapan biaya pendidikan anak anak, membeli mobil baru,biaya pergi naik haji maupun sebagai tabungan pensiun saya di hari tua. Karena itulah saya selalu menyisihkan sebagian penghasilan tersebut untuk investasi.Namun ditengah kondisi serba praktis dan cepat seperti sekarang ini,menyisihkan dana untuk berinvestasi menjadi hal yang tidak mudah untuk dilakukan.Belum lagi besarnya godaan ketika tanggal muda dimana promo serta diskon harga bertebaran di berbagai pusat perbelanjaan maupun di online shop di dunia maya.

Bersama dengan istri,saya pun berdikusi untuk membuat perencanaan investasi keluarga kami, karena istrilah yang selama ini mengelola seluruh keuangan keluarga.Dari membuat berbagai daftar rencana investasi serta harapan yang akan kami raih kedepannya.Saya harus ekstra cepat untuk mempersiapkan investasi tersebut.Mumpung umur saya masih cukup muda,tenaga masih kuat dan memiliki penghasilan yang cukup,saya harus memaksakan diri untuk memulai investasi sejak dini.Kami tidak bisa berdiam diri sementara usia semakin lanjut,ketika tubuh sudah tidak mampu bekerja,sementara biaya kebutuhan hidup selalu meningkat setiap tahunnya.Atas alasan itulah,investasi menjadi pilihan terbaik yang bisa saya lakukan untuk keluarga yang saya cintai.

Hal pertama yang saya lakukan adalah mengumpulkan informasi mengenai berbagai produk investasi yang cocok dengan saya.Penghasilan saya memang tidak sebesar Christiano Ronaldo yang mencapai US$79,6 Juta atau sekitar Rp. 1,1 Triliun pertahunnya.Sehingga mampu membeli apapun produk investasi yang diinginkannya.Karena itulah saya memilih produk investasi yang sesuai dengan profil keuangan pribadi saya dan keluarga.

Hal kedua adalah mempertimbangkan kebutuhan pribadi.Kami hanya membeli produk investasi sesuai kebutuhan pribadi keluarga kami.Terjangkau harganya,mudah pengurusannya,jangka waktu yang dapat disesuaikan serta tersedianya pilihan jenis investasinya.

Selanjutnya,kami membandingkan berbagai produk investasi dari beberapa perusahaan penyedia jasa keuangan yang ada di Indonesia.Karena untuk setiap produk investasi beserta imbal hasilnya, setiap perusahaan jasa keuangan berbeda beda hasil investasinya.Produk dengan harga yang lebih murah serta memberikan imbal hasil yang bersaing tentunya menjadi salah satu pertimbangan utama untuk memilihnya.

Terakhir adalah pertimbangan kredibilitas perusahaan atau istilah kerennya brand image.Kami hanya memilih perusahaan investasi sehat yang legal yaitu terdaftar di Bursa Efek Indonesia (http://www.idx.co.id),memiliki jejak rekam serta pelayanan yang baik dan mendapat ijin dari Otoritas Jasa Keuangan.

Setelah mempertimbangkan ke empat hal tersebut diatas,saya dan istri akhirnya menetapkan pilihan pada investasi reksadana yang dikelola oleh PT Danareksa Investment Management (DIM) yang bernama Program Investasiku Masa Depanku.

Kenapa Memilih PT Danareksa Investment Management?

Ada beberapa alasan yang melatarbelakangi kenapa kami sepakat memilih PT DIM ini.Alasan pertama sederhana saja,PT DIM ini merupakan anak perusahaan dari PT Danareksa (Persero) yang didirikan pada tahun 1992.Tugas utamanya kala itu adalah mengelola Sertifikat Danareksa yang menjadi "cikal bakal" Reksa Dana.

Pertimbangan yang kedua,PT DIM ini adalah Manajer Investasi pertama yang meluncurkan Reksa Dana di Indonesia pada bulan Juli 1996 dengan mengeluarkan Danareksa Melati,Danareksa Anggrek dan Danareksa Mawar.Peluncuran ketiga reksadana tersebut bertepatan setelah Pemerintah mengeluarkan UU No. 8/1995 tentang Pasar Modal.Sampai saat ini,PT DIM telah mengelola lebih dari 30 Reksa Dana dan beberapa Kontrak Pengelolaan Aset Investasi (KPAI) yang dibuat untuk mengakomodasikan berbagai kebutuhan investasi Anda.PT DIM juga selalu berusaha untuk memiliki fokus yang tinggi di dalam mengelola aset Investor dan memberikan imbal hasil investasi yang tinggi berdasarkan risk-adjusted return dalam setiap produk yang dikelola.

Yang ketiga adalah adanya pengakuan dari lembaga terkemuka baik dari dalam negeri maupun luar negeri takni berupa penghargaan di bidang investasi terbaik.Berikut ini daftarnya :

  1. Manajer Investasi dengan Kontribusi Terbesar di Sektor Riil 2016 dari Majalah Investor Mutual Fund Awards 2016
  2. Digital Brand Of The Year 2016 dari Majalah Infobank
  3. Most Innovative Asset Management Company Indonesia 2015 dari International Finance Magazine
  4. Most Innovative Asset Management Company - Indonesia 2015 dari Global Banking And Finance Review Magazine
  5. Digital Brand Of The Year 2013 & 2015,Reksa Dana Terpopuler di Dunia Digital 2013 & 2015 dari Majalah Infobank
  6. Reksa Dana Syariah Terbaik 2006,2011,2012 & 2013 “Danareksa Syariah Berimbang”, kinerja 5 tahun dari Majalah Investor.
  7. Manajer Investasi Terbaik 2013.PT Danareksa Investment Manajemen dianugerahi penghargaan sebagai perusahaan manajer investasi terbaik 2013 di Indonesia oleh Asset Asian Awards.
Terakhir,adanya rekam jejak sebagai perusahaan penyedia layanan investasi yang terpercaya.PT DIM selalu berusaha untuk memberikan kemudahan bagi Investor dalam melakukan transaksi Reksa Dana.Oleh karena itu, Reksa Dana DIM dapat dibeli melalui layanan Danareksa Online yang terdiri dari layanan transaksi Reksa Dana secara online,layanan Call Center serta agen-agen penjual yang terdiri dari bank serta Sentra Investasi Danareksa yang telah bekerja sama dengan PT DIM. Segala kemudahan ini dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi Investor dalam berinvestasi Reksa Dana.

Kenapa Memilih Program Investasiku Masa Depanku?


Setelah kami mempelajari investasi reksadana,kami baru memahami ternyata reksadana juga bisa berposisi sebagai tabungan yang menjadi solusi untuk memenuhi berbagai kebutuhan di masa yang akan datang.Sehingga dapat membantu mewujudkan kebutuhan-kebutuhan masa depan saya seperti dana pensiun,dana pendidikan,dana ibadah dan sebagainya.

Keuntungan dari investasi reksadana adalah kita tidak perlu menunggu untuk memiliki dana yang cukup besar agar dapat melakukan diversifikasi investasi dalam Efek,sehingga dapat memperkecil risiko.Beberapa reksadana bisa dimulai hanya dengan dana awal 100rb saja.Selain itu dengan investasi reksa dana juga mempermudah kita untuk melakukan investasi di pasar modal. Menentukan saham-saham yang bagus untuk dibeli bukanlah pekerjaan yang mudah,memerlukan pengetahuan dan keahlian tersendiri di mana tidak semua orang memiliki pengetahuan tersebut. Keuntungan lainnya adalah efisiensi waktu.Dengan melakukan investasi pada reksa dana di mana dana tersebut dikelola oleh manajer investasi profesional,maka kita tidak perlu repot-repot untuk memantau kinerja investasinya karena hal tersebut telah dialihkan kepada manajer investasi tersebut.

Investasi reksadana juga mempunyai keunggulan lainnya yaitu dari segi perpajakan.Untuk pembelian maupun penjualan Unit Penyertaan (UP) reksadana adalah bebas pajak.Hal ini dilakukan oleh pemerintah (Dirjen Pajak) untuk merangsang dunia investasi di Indonesia.

Nah,di program Investasiku Masa Depanku yang diterbitkan oleh PT DIM ini merupakan program investasi reksadana yang setorannya tetap setiap bulan,layaknya tabungan berjangka.Kita tidak perlu repot repot setiap bulannya datang ke ATM maupun ke kantor cabang bank hanya untuk mentransfer sejumlah dana untuk dialokasikan di reksadana tersebut.Nominal setorannya juga terjangkau,mulai dari Rp.200.000,- dan kita dapat memilih dana setoran tersebut dialokasikan di reksadana saham,campuran maupun kedua duanya yang kesemuanya dikelola oleh Danareksa Investment Management (DIM).



Adapun jenis reksadana yang dapat kita pilih adalah sebagai berikut : 

Untuk mempermudah pemahaman serta hasil akhir yang didapat oleh nasabah,PT DIM telah menyediakan simulasi di SINI. Simulasi ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada Anda mengenai jumlah investasi secara lump sum yang Anda butuhkan untuk hasil tertentu dalam periode tertentu.Kita hanya butuh memasukkan target dana investasi dan periode investasi pada kotak Investasi Masa Depan yang tersedia disana.Gampang dan langsung terlihat hasilnya walaupun nila akhir tersebut bukan merupakan jaminan tetapi hanya indikasi berdasarkan rata-rata historis kinerja produk tersebut.

Bagaimana caranya mengikuti program Investasiku Masa Depanku ini?Berikut ini langkahnya seperti yang disajikan dalam situs resmi Danareksa,yaitu :

  • Melakukan pembukaan rekening khusus Investasiku Masa Depanku dengan registrasi online di SINI
  • Setelah proses pembukaan rekening disetujui, Anda akan menerima username dan password untuk masuk ke Reksa Dana Online.Lakukanlah transaksi Pembelian dan memilih jenis Reksa Dana dan Jangka Waktu sesuai kebutuhan Anda.Setelah selesai, Anda akan menerima konfirmasi keikutsertaan program Investasiku Masa Depanku.
  • Lakukan proses transfer berkala dari rekening bank Anda ke rekening Reksa Dana yang tercantum di konfirmasi keikutsertaan program Investasiku Masa Depanku.Untuk beberapa bank,program transfer berkala dapat dilakukan melalui internet banking.Pastikan hal ini bisa dilakukan oleh bank tempat Anda membuka rekening.
  • Terakhir,kirimkan dokumen bukti transfer berkala (standing instructions) ke reksadanaonline@danareksa.com atau melalui fax ke (021) 3501713.
Keuntungan yang kami uraikan di atas hanyalah penilaian pribadi kami yang masih belajar investasi reksadana.Sebetulnya ada lebih banyak manfaat dan keuntungan yang bisa diperoleh dengan menjadi nasabah reksadana.

Kebutuhan masyarakat modern terhadap investasi saat ini bisa dikatakan tidak terhindarkan lagi, Program Investasi Masa Depanku dari PT DIM adalah solusi bagi setiap individu dan keluarga Indonesia untuk melindungi diri di masa depannya.Yuks beralih ke rekasadana,pahami dan nikmati hasilnya.

Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog Blogger Writing Competition - Investasiku Masa Depanku bersama ReksaDana Danareksa. Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini diluar tanggung jawab Danareksa Investment Management”.

No comments: