Thursday, July 2, 2015

Umbul Sidomukti,Menikmati Sensasi Wisata Alam Di Atas Awan


Jika Yogyakarta memiliki Embung Nglanggeran yang berada di atas bukit Pathuk,Gunungkidul serta obyek wisata alam Kalibiru yang berada di Kulon Progo yang semuanya cocok untuk kegiatan outbond,maka Kabupaten Semarang Jawa Tengah mempunyai Umbul Sidomukti.Lokasi kawasan wisata alam Sidomukti ini mendekati puncak dari Gunung Ungaran tepatnya di desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan yang berada pada ketinggian antara 1200 mdpl sampai dengan 1700 mdpl.
Itulah mengapa,saya langsung mengiyakan begitu diajak pergi kesana oleh teman sekantor, imajinasi saya membayangkan mandi di kolam renang yang berada di ketinggian yang diselimuti kabut serta permainan uji adrenalinnya.Pasti seru dan menegangkan...

Tanggal 3 April 2015 bertepatan dengan tanggal merah,hari masih pagi sekali sekitar jam 7 WIB, saya beserta rombongan teman teman sekantor yang berjumlah 12 orang terdiri dari 4 anak anak dan 8 orang dewasa berangkat berwisata ke Sidomukti.Dengan menyewa sebuah minibus,kami sepakat untuk berkumpul di depan pabrik,tempat kami mencari nafkah di daerah Berbah,Sleman, Yogyakarta sebagai titik keberangkatannya.Dengan mengambil rute menyusuri jalan Yogya – Magelang yang pagi itu dalam kondisi ramai lancar,melewati kota Magelang,Secang hingga kota Ambarawa,kami serombongan sampai di pasar Bandungan jam sudah menunjukkan pukul 10.30 WIB.Karena diantara semua anggota rombongan belum ada yang pernah berkunjung ke Sidomukti, laju kendaraan minibus yang kami tumpangi berjalan perlahan lahan sambil mencari petunjuk arah menuju kesana.

Sesampainya di depan Pasar Jimbaran,kami berbelok ke kiri dan menyusuri jalanan sempit dan menanjak.Kondisi jalanan tersebut hanya bisa dilalui minibus,mobil pribadi serta kendaraan roda dua,dan hanya bisa dilalui satu kendaraan roda empat saja.Jadi bila ada kendaraan dari arah berlawanan,salah satunya harus mengalah dan menepi terlebih dahulu.Sejak memasuki jalanan menanjak tersebut kiri kanan jalan dipenuhi dengan berbagai tanaman sayuran milik para petani di desa setempat.Kondisi udara sudah terasa sejuk dan hawa dingin sudah mulai terasa menusuk kulit.
Akhirnya sekitar jam 11.00 WIB,kami serombongan sampai juga di wisata alam Umbul Sidomukti ini.Setelah melewati pintu masuk utama serta membayar biaya parkirnya,mobil minibus yang kami tumpangi segera menuju ke tempat parkir.Saya mengira tempat parkirnya tersebut berada dekat dengan pintu masuk kolam renang,ternyata berada di bagian atas yang menuju ke Kawasan Panorama Agro Sidomukti.Padahal tujuan utama kami adalah kolam renang dan sekitarnya. Yah..mau gimana lagi,harus jalan kaki nih yang lumayan juga jaraknya....

 
Sebelum menuju ke taman renang dan permainan uji andrenalin,kita harus membeli tiket masuk terlebih dahulu.Harga tiket masuknya sebesar Rp 10 ribu per pengunjung.Setelah melewati pos pemeriksaan tiket,saya dan rombongan berjalan kaki menyusuri jalanan yang sudah diperkeras dengan cor beton sepanjang 300 m sebelum akhirnya sampai di taman renang Sidomukti ini.

Taman renang ini memiliki 4 kolam renang yang bertingkat satu sama lainnya.Airnya sangat jernih,sangat dingin dan tentu saja sangat menyegarkan.Ada sumber mata air di tengah kolam renang menjadi sumber utama air kolam, dengan kedalaman berbeda antara setengah meter hingga dua meter.Kolam renang ini terletak menonjol di tepi lereng sehingga siapa pun yang berenang dapat menyaksikan pemandangan luas di kejauhan,awan berarak serta hamparan lembah dataran rendah Kota Ambarawa,Rawapening dan sekitarnya bila tidak ada kabut yang menghalangi.Selain itu kolam-kolam renang itu diapit jurang di kedua sisinya.Pemandangan yang sangat eksostik sekali,hingga banyak pengunjung yang menjuluki renang di kolam renang Sidomukti ini bagai berenang di atas awan.



Puas bermain air dan mencoba satu persatu dari 4 kolam renang yang ada di Sidomukti ini, waktunya beristirahat.Nah,disamping kolam renang tersebut terdapat 4 gazebo yang material bangunannya terbuat dari kayu keras beratapkan anyaman daun kering.Dengan pengunjung yang membludak pada hari itu karena bertepatan hari libur,rombongan saya tidak kebagian tempat di gazebo tersebut.Tidak jadi soal,toh masih ada tempat kosong lainnya.Beristirahat bersama beralaskan tikar justru membuat suasana makin asyik dan akrab apalagi diwarnai pemandangan kabut yang berarak diseberang sana.

 
Yuk kita coba flying fox dulu,kayaknya asyik tuh”,kata mas Andrie yang memang terkenal memiliki nyali tinggi ini.Yups,tidak lengkap rasanya bila berkunjung ke Sidomukti tanpa mencoba petualangan seru yang mendebarkan,yang bisa memacu andrenalin pemainnya.Lokasi permainan ini terletak sebelum taman renang berada.Terdapat 4 permainan yang diperuntukkan bagi mereka yang bernyali tinggi yaitu flying fox lembah,flying fox terusan,marine bridge dan highest triangle.Oh ya,wahana pacu andrenalin ini akan ditutup mulai jam 12.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB untuk memberikan kesempatan petugasnya beristirahat.

Kebetulan saat itu waktunya jam isitirahat jadi sambil menunggu loket tiketnya buka,saya dan rombongan memanfaatkan waktu yang lumayan longgar ini untuk mencoba berkeliling menyusuri berbagai area wisata di Sidomukti ini dengan menunggang kuda.“Daripada bengong nunggu loketnya buka,yuk jalan jalan naik kuda saja dulu”,ungkap mas Ganjar yang memang suka mencoba sesuatu yang baru.Lokasi parkir kuda kuda tersebut hanya berada 50 meter di samping loket pembelian tiket permainan flying fox dan sejenisnya tersebut.Ada sekitar 5 kuda yang dapat kita sewa dengan tarif jasa yang berbeda beda sesuai dengan rute yang akan kita pilih.Kuda kuda tersebut milik penduduk di sekitar Umbul Sidomukti.

 
Ada 3 rute yang dapat kita pilih yaitu rute kolam-parkiran bawah dengan tarif Rp 15 ribu sekali jalan,rute kolam parkiran atas dengan tarif Rp 20 ribu juga sekali jalan dan rute putar-pos satpam (pp) dengan tarif Rp 25 ribu.Selain ketiga rute tersebut,kita dapat menyewa kuda kuda itu dengan durasi waktu.Untuk sewa kuda selama 1/2 jam,dikenakan tarif Rp 50 ribu sedangkan untuk sewa kuda selama 1 jam tarifnya Rp 100 ribu.Tarif jasa tersebut berlaku untuk satu ekor kuda dan sang pawang akan mendampingi kita menyusuri rute rute yang kita pilih.
Saya tidak ketinggalan ikut menunggang kuda bersama si kecil dengan memilih rute putar hingga pos satpam utama/depan (pp) yang ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit saja.Walaupun hanya sebentar tapi asyik lho menunggang kuda di Sidomukti.

Sampai di parkir kuda,ternyata loket tiket permainan sudah dibuka.Nampak antrian mengular menunggu dilayani oleh petugas,ternyata peminat permainan fyling fox ini sangat banyak terutama para remaja serta keluarga muda.4 tiket sudah ditangan,saatnya menuju ke antrian permainan pertama yaitu di gerbang pintu flying fox.Menunggu giliran satu persatu memakai peralatan keamanannya.Dan inilah 4 permainan seru yang siap memacu denyut jantung saya bertambah kencang.
 
A. Flying fox lembah.Ada yang belum pernah mencoba flying fox?Seru lho,melayang di udara dengan dua utas tali pengaman serta helm pengaman di kepala.Apalagi melayangnya lumayan lama seperti di Sidomukti ini yang panjang lintasannya saja 110 meter dengan ketinggian 70 meter dari dasar lembah. Menyeberangi antara lerang bukit satu ke bukit lainnya di seberang.Belum lagi bila kabut tiba-tiba datang,semakin menambah suasana permainan flying fox ini semakin menantang.Harga tiket untuk sekali meluncur adalah Rp 18 ribu.Berani coba?Kalau masih takut,bisa mencoba flying fox tandem/berdua.





2.Flying fox terusan.Maksudnya setelah kita meluncur di flying fox lembah kita dapat kembali menikmati meluncur di lintasan satunya yang lebih panjang lagi.Panjang lintasan flying fox kedua ini sepanjang 160 meter dengan ketinggian dari dasar lembah setinggi 110 meter. Harga tiket untuk flying fox terusan ini adalah Rp 35 ribu.Lumayan tidak menguras kantong dibandingkan dengan pengalaman yang didapat.



    3. Marine Bridge.Sesuai dengan namanya,kita akan melewati jembatan yang berupa tali-tali   menyerupai jaring di ketinggian 30 meter dengan panjang lintasan 50 meter menyeberangi  lembah.Wuihs...cukup menguras tenaga dan konsentrasi lho.Sensasional rasanya karena bisa melawan rasa takut kita.Harga tiketnya,kita cukup membayar Rp 15 ribu saja.

    4. Highest Triangle.Permainan ini benar benar membutuhkan nyali lebih,kita akan ditantang untuk menaklukkan 3 tantangan sekaligus yaitu skywalk,badui bridge dan flying box. Panjang lintasan serta ketinggiannya hampir sama dengan fyling fox kedua.Untuk bisa menikmati ketiga tantangan tersebut,cukup membayar Rp 40 ribu saja.



    Sebenarnya masih ada permainan seru lainnya yang tersedia yaitu ATV dengan harga tiket Rp 30 ribu dan berlokasi diseberang bukit serta permainan Taman Berani yang diperuntukkan bagi anak anak agar memiliki keberanian serta kreatifitas dalam memecahkan suatu masalah dengan harga tiket hanya Rp 10 ribu saja.

    Selain itu dibagian atas,masih terdapat beberapa obyek wisata seperti gua Tirta Mulya,villa Pondok Kopi bagi yang ingin menginap,downhill track bagi yang ingin mencoba berpetualang menaiki sepeda motor trail serta di bagian puncak bukit Sidomukti terdapat landasan untuk keperluan wisata paralayang (gantole).Disana sudah tersedia 5 gantole yang dapat digunakan pengunjung menikmati olahraga sambil rekreasi.Nantinya pengunjung akan diajak terbang tandem oleh ahli dari anggota dan pengurus Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kabupaten Semarang.

    Setiap pengunjung yang ingin menikmati terbang layang dengan tandem dikenai tarif tiket Rp300 ribu sekali terbang, dengan durasi lama di udara mulai 15 menit sampai setengah jam. Mereka nanti dapat terbang dari ketinggian 1.700 mdpl, kemudian turun di lapangan sepak bola Sidomukti dan kembali ke lokasi awal menggunakan fasilitas kendaraan pengelola obyek wisata ini.

    Karena keterbatasan waktu,permainan ATV serta Taman Berani dan area wisata di bagian atas belum sempat saya dan rombongan coba.Jam 16.00 WIB mengharuskan kami untuk bergegas mengakhiri acara wisata ini untuk selanjutnya mencari oleh oleh khas Bandungan dan dilanjutkan perjalanan pulang ke Yogyakarta.

    Dengan segala kelebihannya mulai dari keindahan panorama alamnya,kesejukan udaranya, keramahan para petugasnya dalam melayani pengunjung serta beragam permainan yang menantang ditambah lokasinya yang tidak begitu jauh dari kota Semarang,tidak butuh waktu lama Umbul Sidomukti akan menjadi destinasi favorit pariwisata di Jawa Tengah.Hanya infrastruktur jalan yang perlu dibenahi agar akses menuju ke Sidomukti lebih lancar serta bis bis besar bisa langsung menuju kesana.






    No comments: