Sunday, August 31, 2014

Adu kuat ponsel 1 jutaan : Smarfren Andromax G vs Samsung Galaxy Young S6310




       Komparasi smartphone android kelas entry level antara SmartFren Andromax G dan Samsung Galaxy Young dimana Andromax G dibanderol dengan harga 800ribuan sedangkan Galaxy Young dibanderol 1.2jutaan.Dengan selisih harga sekitar 400ribuan,kedua ponsel tersebut memiliki spesifikasi yang hampir mirip.
Harga yang murah, performa yang mumpuni dan desain terbaru, kedua ponsel besutan Tiongkok dan Korea ini dijamin bikin penggemar ponsel kelas pemula tergiur. Keduanya bisa menjadi idola baru ditengah masyarakat, mana yang lebih baik? Langsung aja kita bandingkan desain, spesifikasi, fitur dan harganya.

Konsep Desain Ponsel 
 

SmartFren Andromax G
Samsung Galaxy Young
Dimensi
125x64,4x9.9 mm
109.4 x 58.6 x 12.49 mm
Berat
120 gram
112 gram

      Berat Andromax G lebih berat dari Samsung Galaxy Young, hal tersebut lumrah dimaklumi karena dari dimensi produk Samsung Galaxy Young lebih kecil ukurannya dibanding dengan SmartFren Andromax G.
       Pada sisi tombol navigasi,perbedaannya juga terlihat jelas.Desain Samsung Galaxy Young masih mengandalkan desain khas Samsung dengan tombol fisik home,tombol back dan tombol menu pada bagian bawah layarnya. Dimensi Samsung Galaxy Young cukup nyaman digenggam namun bagian glossy pada cover belakang membuat cukup licin pada genggaman.Dibagian depan terdapat earpiece serta 3 tombol navigasi khas Samsung tersebut diatas.Pada sisi kanan terdapat tombol power sekaligus sebagai lock screen.Sedangkan pada sisi kiri terdapat tombol pengatur volume.Dibagian atas terdapat 3.5mm headset jack sedangkan pada bagian bawah terdapat microphone dan micro USB port.Terakhir dibagian belakang terdapat kamera 3 MP,speaker,dan logo samsung.
      Sedangkan pada Andromax G,material cover belakang adalah plastik yang berkontur doff sehingga agak kesat waktu digenggam.Dibagian depan terdapat earpiece,kamera depan 1.3MP, logo smartfren dan 3 tombol sentuh kapasitif yaitu menu,home dan back.Disisi kanan terdapat tombol power sekaligus berfungsi sebagai lock screen serta tombol pengatur volume yang disusun rapi.Disisi kiri tidak terdapat tombol apapun,bersih dan mulus dari berabgai tombol.DIbagian atas terdapat micro UB port dan 3.5mm headset jack.Sementara dibagian bawah hanya terdapat microphone.Dan terakhir dibagian belakang terdapat kamera 3.2 MP dengan LED Flash, speaker, logo Dolby dan Logo Hisense.

Dari desain kedua ponsel tersebut cukup nyaman dalaam pengoperasian karena memiliki dimensi yang cukup mudah dijangkau oleh jari jemari kita.

Layar / Display


SmartFren Andromax G
Samsung Galaxy Young
Tipe
TFT LCD
TFT LCD
Ukuran Piksel
4” ,480x800 piksel (WVGA),kerapatan 233 ppi
3.27”,320x480 piksel (HVGA),kerapatan 133 ppi
DukunganMultiTouch
3 jari
2 jari
Proteksi
-------
---------

      Terlihat lebar dan resolusi layar kedua smartphone ini cukup berbeda.Galaxy Young memiliki lebar layar 3.27” dgn resolusi HVGA (320x480 pixel) sedangkan Andromax G memiliki lebar layar 4” dengan resolusi 2x lipatnya yaitu WVGA (480x800 pixel).Cukup jelas jikalau pada sisi layar Andromax G lebih nyaman untuk dipandang.
Dari sisi multitouchnya Galaxy Young hanya mendukung sentuhan hingga 2 jari,sedangkan Andromax G mampu mendukung sentuhan hingga 3 jari.Untuk proteksi layar,pengguna harus menambahkan sendiri pelindung layarnya dari goresan.

Perangkat Keras (Hardware) Ponsel


SmartFren Andromax G
Samsung Galaxy Young
Sistem Operasi
(Operating System)
Android OS v 4.1.2 (Jelly Bean)
Android OS v 4.1.2 (Jelly Bean)
Chipset
Qualcomm MSM 8625 SnapDragon
Qualcomm MSM 7225A SnapDragon
CPU
Dual Core 1.2 Ghz Speed
Single Core Cortex A5 1 GHz Speed
RAM
768 MB
512 MB
GPU
Adreno 203
Mali 300

       Untuk masalah hardware Andromax G sudah menggunakan prosesor dual core 1.2 Ghz sedangkan Galaxy Young masih menggunakan prosesor single core 1 Ghz sama-sama besutan dari Qualcomm.Kelebihan dari Galaxy Young hanya terdapat pada RAM-nya yang lebih besar sedikit dari Andromax G yaitu 768 MB sedangkan Andromax G hanya memiliki 512 MB.
Kekuatan prosesor Andromax G adalah 2x lipat kekuatan prosesor Samsung Galaxy Young,sehingga dapat dipastikan untuk bermain game,menonton video serta berselancar di internet akan lebih nyaman di Andromax C.
       Bagaimana dgn hasil benchmark uji kekuatannya? Ternyata (4431-galyong,8372 andro g)hasil benchmark dengan AnTuTu menunjukkan skor 8372 untuk Andromax G dan skor 4431 untuk Galaxy Young.Ini membuktikan bahwa kemampuan Andromax G 2x lipat dari Galaxy Young.Dalam bermain games memang kedua ponsel masih berjuang dalam frame per second yang kadang tersendat disela-sela permainan.Namun dapat terlihat bahwa Andromax G lebih baik dalam melahap game walau tidak terlampau jauh karena resolusi dari Galaxy Young setengah dari Andromax G.Lebih kecil resolusinya lebih mudah kinerja dari prosesornya.

Kapasitas Memori Internal


SmartFren Andromax G
Samsung Galaxy Young
Internal
4 GB
4 GB
Eksternal
MicroSD sampai dengan 64 GB
MicroSD sampai dengan 64 GB

      Seperti sudah sepakat sebelumnya,kedua ponsel ini mengusung kapasitas memori internalnya sebesar 4GB dan msaih bisa diperbesar lagi hingga 64Gb dengan tambahan microSD.Letak slot microSD masing masing ponsel terdapat dibagian dalam casing belakang.Jadi kalau mau memasang maupun mengganti microSD harus membuka casing belakang.

Kamera


SmartFren Andromax G
Samsung Galaxy Young
Kamera utama
3.2MP fix Focus dengan
LED Flash
3.1MP fix Focus tanpa
LED Flash
Kamera depan
1.3 MP
-----
Kualitas rekam
Resolusi VGA
Resolusi VGA

       Di sektor kamera ini Androax G terlihat mengungguli Galaxy Young.Untuk kualitas rekaman video,kedua ponsel sudah mengusung resolusi VGA. Untuk kualitas foto,kita tidak bisa berharap banyak pada kedua ponsel ini.Hasil foto luar ruangan,Andromax G terlihat lebih mirip dengan aslinya sedangkan Galaxy Young terlihat lebih terang.Keunggulannya Andromax G pada sektor kamera adalah adanya kamera depan yang bisa digunakan unutk melakukan video call maupun berfoto selfie.

Jaringan dan Konektifitas Nirkabel


SmartFren Andromax G
Samsung Galaxy young
Slot Kartu
CDMA – GSM
(Dual On,Dual Mode+Dual Aktive)
Single GSM
Jaringan Nirkabel
CDMA 2000 1X EVDO Rev A (setara 3.5 G)
3G Network : HSDPA berkecepatan 7.2 Mbps

         Ponsel SmartFren Andromax G ini memiliki kemampuan dual SIM dengan CDMA EVDO Rev A dan GSM.Sementara Samsung Galaxy Young single SIM yang bekerja pada jaringan GSM. Dari segi konektivitas, Samsung Galaxy Young tampak lebih unggul dibandingkan dengan SmartFren Andromax G karena Galaxy Young sudah mengusung koneksi 3G HSPA yang setara dengan koneksi memiliki kecepatan puncak mencapai 7.2 Mbps. Sedangkan pada SmartFren Andromax G hanya memiliki koneksi EVDO Rev A yang memiliki kecepatan puncak 3.1Mbps. Perbedaan tersebut tentu amat signifikan,kecepatan browsing Galaxy Young jelas lebih unggul daripada Andromax G.
Selain itu,kedua smartphone ini juga sama-sama dilengkapi radio FM,Wifi,Wifi Hotspot, Bluetooth, music player, GPS,push email serta fitur standar Android lainnya.

Antarmuka (User Interface)

        Dari segi antarmuka, Samsung Galaxy Young menggunakan TouchWiz yang merupakan fitur antarmuka bawaan Samsung sejak lama dan digunakan di semua lini produk smartphone Samsung.
Sementara SmartFren Andromax G memiliki antarmuka standar Android. Dengan demikian antarmuka Android terlihat lebih bersih daripada antarmuka TouchWis namun memang TouchWis terlihat menarik karena warna-warni yang diusungnya lebih hidup daripada Android yang terkesan dingin,dengan warna latar belakang menu utama yang hitam.
Dari segi fitur,keduanya tidak jauh berbeda.Di taskbar ada beberapa akses pintas,cepat untuk mengaktifkan wifi,bluotooth,GPS,brigthness dan sebagainya.

Harga Ponsel


SmartFren Andromax G
Samsung Galaxy Young
Harga
Rp 799.000,00
Rp 1.199.000,00


Untuk lebih jelasnya,simak video komparasi SmartFren Andromax G dengan Samsung Galaxy Young dibawah ini.




Kesimpulan

Secara keseluruhan kedua ponsel entry level ini memiliki spesifikasi yang berbeda tapi juga harga jual yang berbeda pula.Andromax G yang dipasarkan 800ribuan punya spek yang lebih tinggi meskipun RAM-nya lebih rendah namun dengan hasil skor Antutu jelas terlihat Andromax G memang lebih unggul dari Galaxy Young yang harganya 1.2jutaan. Dengan harga yang lebih murah Andromax G mampu memberikan performa yang lebih baik ketimbang Galaxy Young.
Terlebih lagi Andromax G lebih menarik karena dalam paket penjualannya disertakan paket internet 600 MB secara gratis.
Namun kalau yang dicari ponsel yang mungil tanpa memperdulikan performa, Galaxy Young bisa menjadi pilihan yang tepat.

Tidak ada hape yang lebih baik,adanya hape yang pas,pas dikantong,pas dipenggunaan dan pas dihati.Sekian (@dwisnfkaafi)






No comments: