Tuesday, September 2, 2014

Adu Ponsel Phablet 2 Jutaan: New Andromax V vs Lenovo A859


       Era phablet diprediksi akan semakin menjadi kebutuhan karena smartphone berlayar lebar yang semakin disukai oleh banyak orang.Berikut ini perbandingan ponsel phablet besutan SmartFren,Andromax V serta Lenovo seri A859 lengkap dengan fitur fitur unggulannya.

  1. Layar - SmartFren Andomax V vs Lenovo A859
       Berbicara mengenai layar ponsel selalu menjadi menarik terkait dua hal, yaitu kerapatan pixel (pixel density) dan berapa ukuran fisik layar (screen size) yang terbaik sekaligus pas untuk sebuah ponsel. Yang pada akhirnya hampir semua pabrikan sepakat pada angka 5” untuk ukuran diagonal layar untuk ponsel flagship yang diusungnya. Mengenai pixel density saya kira tidak ada pabrikan ponsel yang tidak sepakat bahwa makin tinggi ppi (pixel per inch) maka makin bagus kualitas layar ponsel itu.

      Untuk ukuran layar, SmartFren Andromax V maupun Lenovo A859 memiliki resolusi dan ukuran layar yang sama yaitu 5” dengan resolusi HD 1280x720 pixel. Sedangkan kerapatan pixelnya mencapai 294 ppi. Saya kurang mengerti apakah layar dari kedua smartphone ini berasal dari pabrikan yang sama karena baik smartphone Lenovo A859 dan New Andromax V memiliki layar yang identik.
Sama persis...
Keduanya juga tidak memiliki masalah pada viewing angle.
  1. Prosessor dan RAM – SmartFren Andromax V dan lenovo A859
       Processor dan RAM merupakan faktor penentu dan paling utama bagi performa suatu ponsel pintar. Perkembangan jaman dan kebutuhan pengguna saat ini semakin menuntut komputasi yang semakin rumit namun ingin diselesaikan secara instan dan simultan. Tidak heran bila hal ini menjadikan kebiasaan banyak orang untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. Kemampuan multi tasking yang bagus suatu ponsel pintar tidak bisa ditawar lagi. Maka di sini saya ingin membandingkan Processor dan RAM dari keduanya.

SmartFren Andromax V menggunakan dibekali dengan chipset Mediatek MT6589E,QuadCore 1.2Ghz, GPU Power VR Sgx 544MP, RAM 1GB, penyimpanan internal 8GB dan bisa diperbesar hingga 32GB dengan microSD

Sedangkan Lenovo A859 dibekali chipset Mediatek MT6582, Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7,GPU Mali 400MP-2,RAM 1GB, kapasitas penyimpanan internal 8GB yang bisa diperbesar hingga 32GB dengan microSD.

       Tidak ada yang berbeda secara menyolok antara SmartFren Andromax V dan Lenovo A859.Hanya terpaut selisih sedikit kekuatan prosessor antara SmartFren Adromax V dan Lenovo A859 yang digunakan. Dengan spesifikasi seperti tersebut diatas,kedua ponsel phablet ini mampu menjalankan game-game berat tanpa cela.Untuk kapasitas penyimpanan internalnya ada perbedaan pada manajemen penyimpanan data untuk aplikasi dan game.Lenovo A859 menyimpan data untuk aplikasi dan game pada internal sehingga kita akan menemui batasan kapasitas penyimpanan.
Sedangkan pada SmartFfren Andromax V,memperbolehkan kita untuk menyimpan data aplikasi dan games pada penyimpanan eksternal.Sehingga banyaknya aplikasi yang mampu terinstall pada smartphone ini, tergantung pada seberapa besar microSD yang kita gunakan.
  1. Baterai – SmartFren Andromax V vs Lenovo A85
      Bagi saya daya tahan batere merupakan faktor penting untuk menilai bagus dan tidaknya suatu ponsel pintar. Kamera bagus, performa yang gegas serta layar yang mampu mereproduksi detil dalam tiap pixelnya akan kehilangan arti bila ponsel tidak bisa lebih lama jauh dari charger dan colokan listrik.
Pada sisi baterai, Lenovo A859 menggunakaan baterai Li-Ion dengan kapasitas 2250mAh sedangkan SmartFren Andromax V memiliki kapasitas yang berbeda tipis yaitu sebesar 2300mAh. Untuk performanya juga tidak terpaut jauh karena sebenarnya pada akhirnya keawetan/daya tahan baterai ini akan dipengaruhi oleh banyak hal, misalnya resolusi layar, kalibrasi kecerahan layar, sistem operasi ponsel, dan lain-lain. 

  1. Sistem Operasi – SmartFren Andromax V vs Lenovo A859
     Kedua smartphone ini, baik Andromax V maupun Lenovo A859 sama-sama menggunakan OS Android v 4.2 Jelly Bean. Yang membedakan keduanya ada di sisi User Interface, yang mana Lenovo A859 menggunakan antarmuka Android yang sudah dimodifikasi sedangkan SmartFren Andromax V menggunakan antarmuka Android asli.
Tidak mudah menilai yang terbaik dari dua karya lukis seperti halnya mengambil yang terbaik dari Android modifikasiI dan Android Asli. Ini menurut saya masalah selera, user experience dan kebiasaan saja.

  1. Design – SmartFren Andromax V vs Lenovo A859
      Secara fisik besar dan ketebalan keduanya hampir sama,mengusung layar 5” SmartFren Andromax V sangat nyaman dipandang,layar luas menjadikan browsing dan main game jadi lebih puas.
Hampir keseluruhan bodynya terbuat dari plastik bertekstur doff yang tidak mudah meninggalkan jejak minyak atau sidik jari berwarna putih. Bagian depan atas terdapat kamera depan,receiver dan sensor cahaya. Bagian bawahnya terdapat 3 tombol sensitif yaitu menu, back dan home.Disisi kiri terdapat tombol pengatur volume(up and down) dan USB Connector.Dibagian belakang terdapat kamera dan speaker. Bagian atas New androamx V tersedia jack headset 3,5mm dan tombol power yang berfungsi sekaligus sebagai lock screeen.

      Sekarang kita bandingkan dengan Lenovo A859.Dengan sama-sama mengusung layar 5“ IPS dan resolusi 720x1280 pixel,body-nya terbuat dari plastik bertekstur glossy sehingga mudah meninggalkan jejak minyak atau sidik jari dengan finishing chrom di sisi bodynya. Bagian depan Lenovo A859 terdapat kamera,proximity sensor,receiver, tombol sensitif home,menu dan back.Disisi kanan terdapat tombol volume up and down.Kameranya berada di belakang dengan LED Flash dan speaker pada bagian bawahnya. Sisi atas tersedia jack headset 3.5mm dan tombol power sedangkan USB connector untuk mengisi baterai ataupun untuk terhubung dengan komputer terdapat dibagian bawahnya.

      Dari sisi desain keduanya memiliki penempatan tombol power serta lock screen yang beberapa orang kurang suka.Posisinya diatas sehingga sedikit menyulitkan karena untuk mencapainya harus merubah posisi genggaman. Terdapat sedikit kekhawatiran dengan durabilitas desain Lenovo A 859 terutama bagian kamera belakang, terlalu menonjol dan cukup mengkilap.Walau memberikan kesan mewah, bagian kamera inilah yang lebih termakan usia.Karena jika kita meletakkan ponsel Lenovo A859 dalam kondisi terlentang,bagian kamera belakanglah yang menyentuh permukaan.Namun masih butuh waktu untuk membuktikan durabilitasnya tersebut.

      Saat masuk ke menu galeri, SmartFren Andromax V dan Lenovo A859 tampak lebih hidup karena mampu menampilkan preview dari file video yang ada didalamnya.Terlihat keren dan menarik.
Terus bagaimana dengan fitur accelerometer kedua smartphone ini?
Tampilan menu utama SmartFren Andromax V dan Lenovo A859 sama-sama hanya bisa dilihat dalam mode potrait.Fitur accelerometer hanya berfungsi pada aplikasi tertentu saja.

  1. Kamera – SmartFren Andromax V vs Lenovo A859
      Lenovo A859 memiliki kamera depan 1.6 MP dan kamera belakang 8 MP dengan AutoFocus dan LED Flash. Baik kamera depan maupun kamera belakang bisa untuk merekam video.
Andromax V juga memiliki 2 buah kamera,resolusi 2 MP utk kamera depan dan 8 MP untuk kamera belakangnya.Baik kamera depan maupun kamera belakang sama-sama bisa untuk merekam video.

Hasil foto kamera utama keduanya juga sangat identik dan dalam kategori baik bila memiliki pencahayaan yang cukup. Namun kalau ingin lebih kritis menilai ,SmartFren Andromax V menghasilkan kualitas/gambar yang memiliki kontras warna yang sedikit lebih baik.Keduanya juga memiliki fitur breast short namun performanya bisa dibilang biasa saja.

Hasil video untuk keduanya sama-sama terlihat baik,baik di dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor). Tidak jauh berbeda dan tidak terasa lag,namun untuk soal warna,video Lenovo A859 memiliki kontras yang lebih baik dibandingkan dengan Andromax New V.

  1. KESIMPULAN – SmartFren Andromax V vs Lenovo A859
      Meskipun spesifikasi dan fitur penting dari SmartFren Andromax V dan Lenovo A859 sudah saya bandingkan head to head tentu tidak mudah untuk menyimpulkan mana yang terbaik dari keduanya. Tiap orang tentu mempunyai kebutuhan dan preferensi masing-masing untuk memilih smartphone terbaik untuknya.
Kedua smartphone sangat identik dan fitur dari kedua smartphone masuk dalam kategori baik. Keputusan untuk memilih salah satu smartphone jatuh pada detail-detail kecil yang ditawarkan. Jikalau Anda ingin memiliki smartphone yang memiliki performa lebih baik,anda bisa mengambil Lenovo A859 namun jikalau anda ingin smartphone yang memiliki kamera,manajemen memori dan material smartphone yang sedikit lebih baik,anda bisa mengambil SmartFren Andromax V.

       Demikian pula harga akan menjadi faktor penentu paling penting bagi orang sebelum merogoh dompetnya meminang suatu ponsel baru. SmartFren Andromax V dibanderol dengan harga Rp 2.3 juta, sedangkan Lenovo A859 dibanderol dengan harga Rp 2,375 juta. Dengan selisih harga 50 ribu lebih murah,SmartFren Andromax V bisa menjadi pilihan dengan keunggulan di kapasitas baterai dan resolusi kamera depan yang lebih baik debanding Lenovo A859.
Sekian.(@dwisnfkaafi)


Referensi :
Sebagai informasi tambahan,simak video komparasi antara SmartFren Andromax V dengan Lenovo A859 dibawah ini.







No comments: