Sunday, October 11, 2015

Hidup Lebih Smart Dengan Smartfren 4G LTE Advanced #goforit

Di bulan September kemarin,pengeluaran saya untuk membeli kuota data internet bertambah banyak.Bila dalam keadaan normal,kuota data sebesar 4GB cukup untuk 1 bulan,bulan kemarin hanya cukup untuk 1 minggu saja.Pasalnya saya dan istri lagi demen belanja online sehingga sering membuka beragam website e-commerce untuk mencari produk pesanan untuk teman serta untuk perbandingkan harganya.Selain itu dengan hadirnya sebuah toko online baru yang sedang giat giatnya mengadakan promo besar besaran disertai dengan program flash deal,harga produk murah meriah tapi waktunya belanjanya terbatas dan siap cepat dia dapat.Membuat kuota data saya cepat tersedot habis.Apalagi kuota data yang saya miliki masih menganut sistem kuota waktu.Di balik keasikannya berburu barang yang lagi harga promo di online store,terkadang terselip kata jengkel dengan kecepatan layanan internet yang saya gunakan saat ini.Apa sebabnya?Sudah harga beli paket kuota datanya mahal,terkena kuota waktu sementara kecepatan download uploadnya yang saya dapatkan tidak stabil koneksinya,kadang kencang kadang bengong sendiri.Gara gara hal tersebut,barang incaran saya banyak yang lepas karena sudah diambil oleh pembeli lainnya.

Untuk kegiatan belanja online serta keperluan browsing lainnya,saya menggunakan modem dan laptop.Sementara untuk aktivitas sosial media serta bermain game,saya lebih banyak menggunakan smartphone maupun tablet,berbagi dengan istri dan anak.Dari ketiga peralatan akses internet tersebut,operator seluler yang saya gunakan juga berbeda beda.Ada kelebihan dan kelemahannya dari pilihan saya tersebut.Kelebihannya adalah saya bisa menjajal kecepatan koneksi internet yang ditawarkan oleh masing masing operator tersebut.Sedangkan kelemahannya,biaya yang harus saya keluarkan setiap bulannya lebih banyak karena sebagian besar kuota data dari operator seluler tersebut masih perpatokan pada kuota waktu.Bila di siang hari sampai malam hari,jatah kuota datanya minim masih ditambah tidak stabil lagi koneksinya sedangkan diwaktu dinihari jatah kuota datanya besar,berlipat lipat dibanding jatah kuota siangnya.Akibatnya saya lebih banyak online di waktu dinihari sampai menjelang pagi.

Berkaca pada pengalaman diatas dimana kecepatan akses internet yang saya gunakan saat ini masih angin anginan,saya pun berencana mencari operator seluler yang menyediakan akses internet cepat dan stabil.Tidak hanya itu saja,agar pengeluaran saya lebih irit untuk pembelian kuota data setiap bulannya,saya menginginkan sebuah perangkat wifi hotspot yang mampu menyatukan koneksi internet ketiga peralatan saya tersebut diatas namun sudah mengadopsi teknologi terbaru,4G LTE. Hal ini saya lakukan sebagai langkah transisi serta untuk 'mencicipi' kecepatan akses internet dengan teknologi 4G LTE tersebut sebelum saya beralih secara penuh ke gadget ataupun modem yang sudah mengadopsi teknologi 4G LTE.Selain itu dengan sistem wifi hotspot yang dapat digunakan oleh ketiga perangkat saya tersebut secara bersamaan,juga untuk memudahkan dalam mengelola kebutuhan kuota data saya secara keseluruhan.Pucuk dicinta ulam pun tiba.Kabar gembiranya,seorang teman melalui jejaring sosial memberi informasi dan merekomendasikan saya memilih produk mifi (mobile wifi) dari Smartfren,operator seluler pertama yang mengoperasikan teknologi 4G LTE di Indonesia.Dari informasi yang ditampilkan di website resmi Smartfren,ada 3 produk mifi yang ditawarkan dan sudah menggusung teknologi 4G LTE yang dapat saya pilih,yaitu Andromax M2S,Mifi M2Y dan Mifi M2P. Dari ketiga mifi tersebut,saya kepincut dengan Mifi M2Y dengan keunggulannya sudah mengusung teknologi internet cepat dari Smartfren 4G LTE Advanced serta tersedianya slot memori microSD untuk menampung berbagai macam koleksi dokumen,foto maupun video.

Apa sih hebatnya Teknologi Smartfren 4G LTE Advanced ini ?

Kembali ke era tahun 90-an dimana teknologi seluler mulai dikembangkan secara massal,kita mengenal teknologi 1G yang hanya menyediakan layanan suara dengan ukuran device yang cukup besar dan berat.Selanjutnya teknologi 2G,tidak hanya layanan suara saja tapi kita bisa mengirim pesan lewat sms.Kemudian berkembanglah teknologi 3G,yang dikenal EVDO Rev B di jaringan CDMA serta UMTS & HSDPA di jaringan GSM.Di teknologi 3G ini kita bisa menikmati layanan suara,teks,mengakses internet untuk berbagai kebutuhan sehari hari.Untuk mengkomodir layanan internet tersebut,dibutuhkan jaringan dan kecepatan yang stabil untuk melakukan itu semua dengan lancar.Tapi sayangnya menurut penelitian,sebagian besar konsumen di Indonesia mengeluhkan jaringan dan kecepatan internetnya yang kurang stabil.Nah,untuk menjawab koneksi lelet dan tidak stabil tersebut akhirnya teknologi 3G baik CDMA maupun GSM berevolusi menjadi teknologi 4G LTE.

 
Smartfren pun berinovasi dengan meluncurkan teknologi terbaru Smartfren 4G LTE Advanced,yang mampu memberikan kecepatan koneksi internet super ngebut dan tetap stabil.Tidak seperti operator seluler lainnya yang hanya mengandalkan satu saluran saja untuk mengadopsi teknologi seluler 4G terbaru ini,SmartFren menggunakan dua standar teknologi metode pengantaran data yaitu teknologi Time Division Duplex (TDD) di frekuensi 2.300 MHz dan teknologi Frequency Division Duplex (FDD) di frekuensi 850 MHz.Gabungan dari teknologi TDD dan FDD ini mampu menghadirkan kecepatan koneksi data mencapai 300 Mbps,10 kali lipat dibanding kecepatan 3G sekarang ini serta 2 kali lipat dibanding teknologi 4G LTE biasa.Ibarat jalan tol,kapasitas 2 lajur jalan tentu kondisi jalanan akan lebih lancar dan lebih cepat jalannya kendaraan dibanding hanya 1 lajur saja.Teknologi Smartfren 4G LTE Advanced ini tidak hanya unggul di kecepatannya saja,namun unggul juga di cakupan wilayah yang lebih luas serta kapasitas bandwith yang disediakan lebih besar namun tetap stabil.Sehingga para pelanggan dapat merasakan kecepatan koneksi internet yang lebih kencang dan lebih stabil dari yang lainnya.Saat ini coverage area Smartfren 4G LTE Advanced sudah menjangkau hampir di seluruh wilayah Indonesia di mana jaringan Smartfren berada.

Travelling lebih seru dan asyik

Banyak manfaat yang akan saya dapatkan dengan menggunakan mifi Andromax M2Y ini. Diantaranya adalah serunya aktivitas travelling yang sering saya lakukan baik bersama keluarga maupun bersama teman teman.Travelling saat ini berbeda banget dengan travelling di era 90-an jaman saya masih duduk di sekolah menengah atas.Bila dulu teman travelling setianya adalah kamera poket yang masih menggunakan negatif film,saat ini bekal travelling yang tidak boleh ketinggalan adalah smartphone yang sudah dibekali kamera depan dan belakang.Untungnya sebagian besar smartphone saat ini sudah mempunyai fasilitas wifi sehingga saya cukup membawa mifi Andromax M2Y tersebut dan aktivitas online tetap berjalan dengan lancar walaupun saya berada di dalam kendaraan yang sedang melaju.Saya tidak perlu khawatir akan tersesat walaupun saya belum pernah mengunjungi suatu lokasi wisata di luar daerah.Cukup buka aplikasi peta yang sudah menjadi standar aplikasi bawaan sebagian besar smartphone terbaru saat ini dan cliing..rute jalan menuju ke tempat wisata sudah tampil di layar smartphone saya.Tidak lengkap rasanya berkunjung ke suatu obyek wisata tanpa ada acara foto bersama maupun merekam video perjalanannya.Selama ini hasil jeprat jepret serta rekaman video tersebut sebagian besar tersimpan rapi di memori ponsel serta sebagian lagi diupload di media sosial.Bila dirasa memori ponsel sudah hampir penuh,baru file foto dan video tersebut dipindahkan ke penyimpanan memori yang ada di mifi Andromax M2Y tersebut.Kapasitas memorinya yang mencapai 32GB lebih dari cukup untuk menampung beragam foto dan video yang dilakukan oleh teman teman saya.Aktivitas sosial media dengan mengupload gambar foto bersama maupun video perjalanan akan berjalan dengan lancar dan cepat di jaringan Smartfren 4G LTE Advanced ini.

 
Ingin menonton video-nya serunya travelling ke Candi Ijo bersama teman teman saya?Klik DISINI
(video tersebut diupload di akun sosial medianya mas Andri And Linc)

Dengan adanya mifi Andromax M2Y yang berjalan di jaringan Smartfren 4G LTE Advanced ini, saya sekeluarga beserta teman teman traveller dapat menikmati semua hal yang disuka sepuasnya dimanapun,kapanpun dan dengan device apapun melalui fitur hotspot wifi.Mulai dari download dan upload berbagai file berukuran besar dengan sangat cepat.Menonton video streaming pertandingan bola dengan kualitas HD tak terputus dan kita dapat melakukan video call melalui aplikasi pihak ketiga tanpa tersendat.Sebagai seorang blogger,saya pun dapat melakukan update blog on the spot melalui layar smartphone saya dengan lancar.Anak anak pun dapat terus main game online beresolusi tinggi tanpa perlu takut terganggu karena kehilangan koneksi.Aktivitas sosial media teman teman juga berjalan lebih cepat bahkan saya sekeluarga pun bisa menjadi 'artis dadakan' dengan membuat video dan menguploadnya ke Youtube serta membagikannya ke teman dan saudara.Selain itu dengan adanya fitur live report yang sudah tersedia saat ini dan terkoneksi langsung dengan situs berbagi video Youtube tersebut,kita dapat memberitakan semua hal yang terjadi di sekitar kita secara real time.Aktivitas telepon kita pun akan lebih seru dan menarik karena kita bisa mendengarkan suara yang jauh lebih jernih saat menelepon dengan VOLTE (Voice Over LTE High Definition Voice Quality).Aktivitas travellingpun akan semakin menarik.Dan dengan mifi Andromax M2Y ini saya bisa berbagi kebahagian ke sesama teman,sedekah koneksi namanya.

Kedepannya dengan semakin berkembangnya teknologi,dengan adanya mifi Andromax M2Y di rumah saya tersebut dapat mewujudkan impian saya tentang konsep rumah pintar.Perangkat CCTV, mengecek kondisi lampu,mematikan tv dari jarak jauh,menghidupkan AC serta perangkat lainnya akan selalu terkoneksi dengan ponsel saya sehingga saya setiap saat bisa mengetahui kondisi rumah secara realtime.Sehingga saya tidak khawatir lagi tentang keamanan rumah bila saya dan keluarga sedang pergi.Menikmati hiburan film maupun konser musik di saluran televisi berbayar pun akan semakin asyik dan mudah karena tayangan tv kabel tersebut bisa saya nikmati secara mobile di smartphone.Jadi tidak akan pernah ketinggalan menonton program favorit televisi.Betul betul smart teknologi yang memudahkan saya dalam menjalani kehidupan sehari hari.

Smart di media penyimpanan data
Ilustrasi cloud storage (sumber di sini)

Dengan jaringan Smartfren 4G LTE Advanced ini,banyak hal yang akan berubah di kehidupan kita sehari hari.Gaya hidup digital sedikit demi sedikit akan menggeser gaya hidup tradisional seperti kondisi kita saat ini.Bila saat ini aplikasi yang lagi trend di pengguna internet adalah aplikasi sosial media berbasis teks seperti BBM,Line,WeChat dan sejenisnya.Hal tersebut menyesuaikan dengan kecepatan koneksi data internet sekarang ini yang maksimal mencapai 3.1 Mbps.Dengan hadirnya layanan Smartfren 4G LTE Advanced ini,yang menawarkan koneksi data mencapai 300 Mbps,akan menciptakan peluang terkait aplikasi atau layanan apa saja yang membutuhkan bandwith data yang lebar,salah satunya aplikasi berbasis video.Kedepannya diyakini aplikasi berbasis video akan menjadi trendsetter bagi para pengguna internet di masa yang akan datang.

Namun,file foto serta rekaman video kenangan saya tersebut dari waktu kewaktu akan bertambah banyak seiring dengan semakin banyak aktivitas baik travelling maupun aktivitas saya dan keluarga lainnya.Saat ini saya lebih senang menyimpan berbagai file dokumen seperti file video kenangan keluarga, video kenangan sewaktu travelling bersama teman ataupun video penting lainnya,file musik serta dokumen penting lainnya dalam media hardisk.Pengalaman saya,penyimpanan dalam hardisk tersebut bisa menjadi 'bom waktu' yang sewaktu waktu bisa meledak dan akan membuat kita pusing dan jengkel.Apa jadinya bila hardisk yang menjadi media penyimpanan semua dokumen penting kita tersebut tiba tiba rusak dan mati.Pasti semua dokumen kita tersebut tidak dapat diselamatkan.Padahal kenangan peristiwa masa lalu tersebut nilainya sangat berharga sekali,tidak akan terulang kembali peristiwa tersebut di masa kini.Nah,sudah saatnya saya perlu mempertimbangkan untuk memindahkan semua dokumen kenangan tersebut dalam media penyimpanan di internet yang lebih dikenal sebagai cloud storage.

Dengan kondisi koneksi internet seperti yang saya gunakan saat ini,untuk menggunakan cloud storage tersebut membutuhkan waktu transfer yang lumayan lama baik untuk proses upload maupun downloadnya. Namun dengan adanya mifi Andromax M2Y yang berjalan di jaringan Smartfren 4G LTE Advanced ini kekhawatiran saya akan lamanya proses upload dan download akan teratasi. Dengan kecepatan koneksi datanya yang jauh mengungguli teknologi 3G sekarang ini,waktu pemrosesan upload dan download dokumen di cloud storage kecepatannya akan terasa seperti kecepatannya ketika saya menggunakan hardisk komputer.Sekarang sudah bukan saatnya lagi saya setiap hari berangkat kerja dengan membawa hardisk eksternal maupun flasdisk,yang saya butuhkan hanya mifi Andromax M2Y yang sudah terkoneksi lewat jaringan Smartfren 4G LTE Advanced.Semua file dokumen yang kita butuhkan langsung segera tampil dihadapan saya tanpa menunggu lama.Tidak perlu takut lagi saya kehilangan data data penting akibat dari hardisk yang tiba tiba matot (mati total).Media penyimpanan cloud ini lebih efisien,aman dan efektif menyimpan berbagai file kenangan saya.

Smart Mendengarkan Musik.
Illustrasi mendengarakan music streaming (sumber disini )

Aktivitas travelling sambil mendengarkan musik selama di perjalanan memang mengasyikkan. Namun,terkadang saya sering jemu dan malas mendengarkan lagu yang itu itu saja.Bila ingin mendengarkan lagu baru,saya harus membeli CD original-nya atau mengunduhnya lewat internet dan disimpan di memori ponsel maupun di flashdisk.Namun tidak semua lagu yang menjadi kesukaan saya tersebut bisa terus menerus disimpan di memori ponsel.Adakalanya saya harus membuang lagu lagu yang sudah tidak saya sukai lagi,belum lagi bila tiba tiba memori ponsel saya matot.Semua koleksi lagu lagu favorit saya akan hilang dalam sekejap tanpa bekas.Tentu ini sangat merugikan dan tidak saya harapkan.Solusinya adalah saya harus memindahkan dan menyimpan ratusan bahkan ribuan lagu kenangan tersebut dalam media yang lebih aman serta efisien yakni cloud storage.Memori ponsel dapat bernafas lebih lega sehingga kecepatan ponsel tidak terganggu.Bila saya ingin mendengarkan lagu kenangan tersebut,saya cukup terkoneksi ke internet dengan jaringan Smartfren 4G LTE Advanced dan tidak perlu menunggu lama streaming alunan lagu nan merdu pun sudah dapat saya nikmati dengan baik.Saya pun dapat berbagi lagu kenangan tersebut dengan teman teman saya sehingga mereka dapat menikmati merdunya alunan musik favorit saya melalui fitur streaming music di cloud storage ini.Ibarat sebuah toko,cloud storage ini buka selama 24 jam 7 hari seminggu dan 12 bulan dalam setahun tanpa ada jadwal tutupnya.Sehingga saya bisa menikmati streaming alunan musik nan merdu dimanapun dan kapanpun yang saya suka tanpa perlu membawa flashdisk lagi.Semakin asyik khan mendengarkan musik favorit di era internet cepat,di jaringannya Smartfren 4G LTE Advanced ini.

Untungnya pelanggan Smartfren

Kalau semua data penting kenangan saya disimpan di cloud storage,harga sewanya pasti mahal dong.Untungnya bila menggunakan jaringan Smartfren 4G LTE Advanced ini,saya tidak dikenakan biaya sepeserpun untuk menikmati streaming alunan musik nan merdu,menonton live streaming program tv favorit serta video on demand dan menyimpan photo,video dan file dokumen saya secara instant dan aman di cloud storage.Semua konten tersebut dapat saya nikmati secara gratis bila saya berlangganan program smart plan limitless 100 & 150 ribu.Cukup murah karena tidak hanya itu saja benefitnya program smartplan limitless ini.Saya masih mendapatkan bonus sms serta telepon antar operator dan selama periode promo di bulan Oktober ini,pelanggan yang melakukan pembelian paket Smartplan Limitless senilai minimal Rp 60rb akan mendapatkan kuota internet double/2x lipat.Enaknya lagi kuota data dari Smartfren ini berlaku selama 24 jam,tidak dibagi bagi berdasarkan kuota waktunya.Selain itu dengan fitur Limitless walaupun kuota 4G LTE saya sudah habis,saya masih tetap bisa internetan sampai akhir masa berlaku paket saya dengan kecepatan yang disesuaikan.Mantap banget khan...

Keberadaan internet cepat dari Smartfren 4G LTE Advanced ini telah mengubah gaya hidup sebagian besar masyarakat Indonesia termasuk saya.Aktivitas video call,menonton video live streaming serta menonton streaming tv akan lebih semarak lagi kedepannya.Sementara itu,aktivitas browsing yang semakin cepat membuat aktivitas belanja online saya semakin seru dan menarik.Setahun yang lalu,bila saya ingin berbelanja pakaian, produk perawatan tubuh atau yang lainnya,saya harus mendatangi pasar,supermarket maupun toko modern lainnya sekarang cukup duduk didepan laptop yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet.Buka situs online store langganan,segera pilih pilih produknya,tonton video testimoni dari pelanggan lainnya,bila cocok masukkan ke troli belanja dan tinggal transfer atau COD untuk metode pembayarannya.Tunggu beberapa hari kemudian,barang pesanan sudah sampai didepan pintu rumah.Begitu juga bila saya ingin mencari tiket pesawat atau kereta api untuk keperluan travelling,semua bisa dilakukan secara online.Tidak perlu lagi antri berdesak desakan,tidak usah bayar uang parkir,tidak takut lagi terkena macet dan kepanasan dijalanan serta tidak perlu bawa uang tunai.Praktis dan simpel.Yups,era internet cepat telah mempengaruhi segala sendi sendi kehidupan kita.Saatnya kita hidup lebih smart bersama Smartfren 4G LTE Advanced.


No comments: