Thursday, October 15, 2015

Bingung mau masukkan postingan lama ke page di blogspot?Begini caranya.....

Beberapa hari ini saya berusaha memperbaiki tampilan blog saya ini.Penginnya sih tampilannya jadi keren dan menarik seperti blog blog terkenal lainnya.Searching kesana kemari lewat mbah Guggel  mencari panduan yang pas untuk template blog saya belum ketemu juga.Ada beberapa tutorial yang di psoting beberapa blogger namun saya praktekkan ternyata tidak bisa.Beberapa postingan tersebut ada yang simpel sampai yang kelas berat,yang menggunakan kode script html..Wis tambah bingung saya,mana yang benar dan bisa dipakai.

Akhirnya,dengan sedikit perjuangan plus memperbesar porsi konsentrasinya,pelahan namun pasti saya bisa menambahkan page/halaman pada blog saya ini.Tahu tidak,saya butuh waktu 3 jam lebih untuk menguak seluk beluk beserta tetek bengeknya page blog tersebut.Hasilnya,ya mungkin bagi pengunjung yang pernah mampir ke blog saya ini,sekarang tampilannya sedikit berbeda.Dulu sih tampilannya masih datar datar saja,tidak banyak variasi serta mungkin malah menjemukan.Namun sekarang,tampilannya sedikit demi sedikit saya percantik agar yah,sedap dipandang serta siapa tahu suatu saat nanti jadi blog yang terkenal. #Ngarep.com..

Berhubung user interface dari blogspot ini selalu mengalami perubahan,tutorial ini mungkin di masa yang akan datang juga sudah usang dan tidak bisa digunakan lagi.Namun,untuk saat ini masih bisa dipraktekkan.Wis..ngak usah banyak cingcong,yuk simak caranya memasukkan postingan kedalam page/halaman di blog.Cekidot...

1.Pertama,tentukan nama Label yang akan kita gunakan.Terserah mau pakai nama apa yang penting nama Label tersebut  mewakili sebagian besar unsur postingan kita.Udah tau kan dimana letakkan Label tersebut.Kalo belum tahu,nih gambar screenshotnya.

Seperti menu yang saya buat di blog saya ini,ada menu Tutorial,menu artikel Blogcomp,Artikel di Kompasiana,Review Smartphone serta Serba Serbi.Karena baru tahap belajar,dimasa yang akan datang mungkin nama menu tersebut akan berubah atau bertambah lagi.

2.Saatnya menulis apa yang ingin anda tulis.Isinya?Ya terserah,mau nulis surat cinta boleh,curhatan hati yang tidak kesampaian juga boleh,mau nulis status lagi galau monggo.terserah anda semua.Yang penting jangan lupa setelah selesai menulisnya sebelum diposting,dikasih tuh labelnya.Kalau kelupaan gimana?Gampang..semua bisa diatur.
Masuk saja ke tampilan awal akun blogger anda dan langsung menuju ke TKP di Dashboard àPosts à Edit.Terus tambahkan saja labelnya dan klik Done.Selesai.

3.Selanjutnya,kita akan membuat page/halamannya.sebenarnya pembuatan page/halaman ini bisa didahulukan bila kita sudah mempunyai menu apa saja yang akan kita buat.Namun,tak jarang postingannya sudah jadi dan tayang di blog namun page/halaman belum ada.Seperti saya saat ini, ya..karena dulunya belum bisa membuatnya saja.Langkah untuk membuat page/halaman di blogspot edisi 2015 ini adalah sebagai berikut :

a.Pilih menu tata letak yang ada di tampilan akun blogspot anda.Setelah itu klik add gadget yang ada dibawah header (nama blog anda) pilih page.Seperti ini screenshotnya..


Selanjutnya di dalam daftar laman,sudah terdapat default judulnya yaitu Pages dan Home,nama itu boleh diganti sesuka hatimu.Terserah mau diganti apa saja,jangan panjang panjang ya namanya. Untuk menambahkan menu,silahkan klik Tambakan tautan eksternal.Akan muncul jendela baru, contohnya seperti screenshot dibawah ini..

Nah..silahkan diisi judul lamannya sesuka hatimu,selanjutnya alamat web (url-nya) tulis saja seperti contoh diatas bila tidak ada alamat web dari situs luar.Kalau punya akun di blog keroyokan lainnya serpti di Kompasiana,blog detik,tinggal copy paste khan saja alamat akunnya tersebut.Otomatis nanti bila kita klik menu tersebut akan langsung menuju ke akun kita di blog lainnya tersebut.

Biar lebih jelas,nih saya kasih contoh pengisian menu dengan alamat web (url) yang saya lakukan di blog saya ini.Ada 1 alamat web yang saya link-kan dengan akun saya di Kompasiana.


Urutan menunya bisa kita rubah,cukup mudah saja hanya drag and drop.Tidak perlu lagi modif scrip yang njlimet dan bikin pusing.Kalau sudah cocok dengan urutan menunya,klik simpan dan klik lagi simpan setelan.Coba lihat sekarang blog anda.Eng ing eng..sudah muncul menu baru dan postingan anda sudah terseleksi dengan sendirinya di menu menu tersebut.Gimana,gampang khan buat page/halaman di blogspot..
Sekian dulu,semoga bermanfaat.









No comments: