Sunday, October 18, 2015

Review SmartFren Andromax G : Pengin BBM-an gak harus mahal

        (dok.smartfren)

         Ponsel SmartFren Android G ini secara resmi dirilis oleh Smartfren pada tanggal 16 Desember 2013. Ponsel yang menyasar kalangan pengguna pemula ini dibanderol dengan harga yang hemat dikantong,dipasarkan diharga 800ribuan.Tidak hanya harga murahnya saja yang ditawarkan oleh SmartFren Andromax G ini,tapi smartphone ini juga memiliki spesifikasi yang mumpuni dikelasnya. Mengusung sistem operasi paling kondang saat ini, Android 4.1.2 Jelly sehingga ponsel SmartFren ini sudah bisa menjalankan aplikasi chatting paling populer yaitu Blackberry Messenger (BBM). Kelebihan fitur ini menjadi hal yang unik disaat hanya ponsel diharga diatas 1 jutaan saja yang bisa menjalankan aplikasi BBM ini. Seperti apakah kelebihan dari ponsel SmartFren Andromax G ini?Berikut ulasannya

Konsep Desain Ponsel

          Dari segi desain smartphone ini mengusung bentuk body yg terlihat oval dengan keempat sudutnya yang membulat.Bentuk fisiknya hampir sama dengan SmartFren Andromax C hanya berbeda ketebalannya saja. Dengan dimensi 125x64,4x9.9 mm,Smartfren Andromax G ini memiliki ketebalan dibawah 10 mm sehingga terasa ringan digenggam.
Ditambah bahan material cover belakang yang berbahan plastik dengan kontur doff membuat ponsel SmartFren Andromax G ini terasa kesat dan tidak licin ketika dipegang.Pengaturan navigasi untuk Andromax G ini dibagian depan atas layar terdapat earpiece,kamera depan 1.3MP, logo smartfren dan dibagian bawah layar terdapat 3 tombol sentuh kapasitif standar Android yaitu menu,home dan back.Disisi kanan terdapat tombol power dan lock screen serta tombol pengatur volume yang disusun rapi walau terkadang terjadi kesalahan penekanan tombol pada saat pemakaian.Namun ketika sudah terbiasa,hal tersebut tidak akan menjadi masalah.
         Untuk disisi kiri tidak terdapat tombol apapun.Dibagian atas terdapat micro USB port yang sejajar dengan 3.5 mm headset jack.Dibagian bawah hanya terdapat microphone.Terakhir dibagian belakang terdapat kamera 3.2 MP dengan LED Flash,speaker,logo Dolby dan Logo Hisense.
Dengan penempatan berbagai tombol yang berbeda dengan ponsel “adiknya” Andromax C,Andromax G masih nyaman dalam pengoperasiannya karena memiliki dimensi yg cukup mudah dijangkau.

Display / Layar

         Meski harga yang dibanderolnya relatif murah, SmartFren Andromax G ini telah dibekali layar dengan ukuran yang cukup luas. Andromax G dibekali layar sentuh TFT LCD kapasitif, 16 juta warna dengan resolusi 480×800 piksel,dimensi 4 inci, multi touch 3 jari. Dengan resolusi WVGA ini,Andromax C memiliki tingkat kerapatan piksel mencapai 233 piksel per inchi. Hal ini terlihat dari ketajaman gambar yang tertampil pada layar Andromax G yang terlihat cukup baik bahkan tergolong superior untuk kelas harga yang ditawarkan.Dengan kualitas layar seperti itu,Andromax G lebih nyaman untuk dipandang.

(dok.smartfren)
 
Antar muka SmartFren Andromax G memiliki antarmuka standar Android. Dengan antarmuka standar Android layar terlihat lebih bersih dengan latar belakang menu utama yang hitam.

 (dok.smartfren)

         Mengusung sistem operasi Android 4.1.2 Jelly Bean,aplikasi berkirim pesan terpopuler pun bisa di install di Andromax G. Jadi kalau mau berkirim pesan dan gambar melalui aplikasi BBM,Andromax G sudah siap.Selain dengan dukungan Google Apps yang sudah terintegrasi memudahkan penggunanya dalam beraktifitas dan berinteraksi di dunia maya.

Perangkat Keras / Hardware dan Benchmark

        Untuk mendukung performanya, Andromax G dibekali CPU Snapdragon 1.2 Ghz Dual Core,GPU Adreno 203,RAM 512MB,memori internal 4GB dan bisa diperbesar hingga 32 GB dengan microSD.Dan dengan daya baterai sebesar 1500 mAh.Di sektor hardware inilah,menjadi daya tarik utama Andromax G. Ponsel ini menggunakan prosesor dual core dengan kecepatan mencapai 1.2 GHZ yang sama sekali tak lazim untuk ponsel seharga 800 ribuan.
Dengan dukungan CPU yang bertenaga tersebut, dapat dipastikan untuk bermain game akan lebih nyaman di Andromax C. Terbukti pada hasil pengujian dengan software AnTuTu Benchmark,yang menghasilkan skor 8372,jauh meninggalkan rival sekelasnya.



 (dok.smartfren)

         Dengan dibekali tenaga dari CPU Dual Core 1,2Ghz beragam aplikasi dapat dengan lancar dijalankan di Andromax G ini,termasuk untuk bermain game serta menonton video seerta aplikasi chaating paling polpuler,Blackberry Meseenger.Kekuatan tenaganya tercermin dari hasil pengujian software AnTuTu Benchmark yang mengungguli paras rival dikelasnya.

Konektifitas Nirkabel

        Seperti produk ponsel SmartFren lainnya,SmartFren Andromax G juga mengusung konsep dual SIM, CDMA-GSM yang aktif bersama-sama.Untuk jaringan CDMA mencakup CDMA 800Mhz serta CDMA 2000 1X EVDO Rev A. Sedangkan untuk slot kartu GSM-nya mencakup di jaringan GSM 850/900/1800/1900MHz.Karena produk Andromax G ini termasuk produk bundling dari operator SmartFren maka ada pengecualiannya,untuk slot SIM (RUIM) pertama diharuskan menggunakan RUIM SmartFren, sementara untuk slot kartu SIM kedua boleh memilih operator GSM yang ada di Indonesia.Untuk memasukkan kartu SIM,pengguna harus menbuka back cover kedua smartphone ini karena slot kartu SIM ada didalam.

 (dok.smartfren)

         Untuk kecepatan internetnya,Andromax G mencapai 3.1 Mbps berkat dukungan teknologi EVDO Rev A yang setara dengan 3G di GSM. Kita bisa chatting, main game online hingga menonton film di youtube tanpa ada jedanya (buffering). Jadi benar benar Andromax G ini kecepatan internetnya anti lelet sesuai dengan tagline-nya SmartFren.Untuk mencoba kecepatan jaringan internet milik SmartFren,setiap pembelian Andromax G ini mendapat bonus kuota data sebesar 600 MB selama 7 hari secara gratis.

Fitur kamera

         Handphone seharga 800 ribuan ini memiliki 2 kamera.Untuk kamera utama yang berada di bagian belakang ponsel mempunyai resolusi 3.2 MP fix fokus dengan LED Flash.Gambar yang ditangkap oleh kamera Andromax G hampir mirip dengan kondisi aslinya,kontras rasionya pun lumayan bagus.Sedangkan untuk kamera depan Andromax G mempunyai resolusi 1.3MP. Fasilitas kamera depan ini cocok bagi yang gemar berfoto selfie serta untuk video call dengan aplikasi skype.Jangan berharap kualitas gambar bagus waktu untuk video call,setidaknya untuk kelas pemula (entry level) ponsel Andromax G ini sudah berbeda dengan rival sekelasnya.
Dari sisi rekaman video,Andromax C menawarkan resolusi VGA,sehingga kalau diperhatikan secara detail hasil videonya baik indoor maupun outdoor agak patah-patah.

Fitur Tambahan

          Selain mengandalkan performa yang handal,Andromax G juga dilengkapi dengan radio FM,Wifi,Wifi Hotspot,Bluetooth 3.0 yang sudah support A2DP,music player,GPS,push email serta fitur standar Android lainnya.Fasilitas yang juga disematkan pada ponsel Andromax series lainnya.
Dengan adanya fitur radio yang bisa berfungsi sebagai hiburan untuk pengguna ketika bosan mendengarkan musik di playlist.Sebagai pengganti antena radionya adalah head set yang harus terpasang pada lubang audio port 3.5 mm yang terletak pada sisi bagian atas dari ponsel SmartFren Andromax G ini. Jadi untuk mendegarkan radio,head setnya harus dalam kondisi terpasang.

 (dok.smartfren)
 
Sementara dengan fitur wifi pengguna Andromax C bisa mengakses internet melalui jaringan wifi dan dengan fitur wifi hotspot kita bisa berbagi koneksi internet dengan perangkat lain yang memiliki fasilitas wifi hingga 5 pengguna.

Adanya fitur GPS bisa membantu kita untuk mengetahui titik lokasi suatu tempat dengan tepat ketika melakukan pemetaan dengan aplikasi seperti google map.Sehingga kita pun mengetahui lokasi tempat tujuan kita beserta rute-rute jalan yang akan kita lalui tanpa ada rasa khawatir salah jalan.Fitur Bluetooth 3.0 membantu kita untuk mentransfer file/data dari ponsel Andromax G ke ponsel lainnya maupun ke komputer lebih cepat dari versi sebelumnya.
Spesial untuk ponsel Andromax G ini mulai disematkan fitur Dolby Digital Plus pada perangkat audionya.Dengan teknologi ini output suara Andromax G menghasilkan suara setara surroung digital sehingga memberikan sensasi seru waktu menonton video dan mendengarkan musik.
Sementara ini untuk pilihan warna,Andromax G hanya tersedia 2 pilihan warna yaitu warna hitam dan warna putih saja.




Berikut ini tabel spesifikasi lengkap dari ponsel SmartFren Andromax G


Untuk lebih jelasnya keunggulan Andromax G yang mengusung spesifikasi bukan kelas "kacangan",simak video dibawah ini  


 
Kesimpulan
Andromax G yang dibanderol seharga 800ribuan ternyata mampu memberikan performa yang handal dan spesifikasi yang mumpuni. Aplikasi BBM yang biasanya hanya bisa diinstall di ponsel kelas menengah ke atas ternyata di ponsel Andromax G aplikasi chatting populer tersebut lancar jaya dieksekusi. Jadi tidak perlu ponsel mahal untuk ber-chatting ria dengan aplikasi BBM, Andromax G membuktikannya.
Pengin berfoto selfie atau melakukan video call,tidak perlu punya ponsel berharga mahal.Ponsel seharga 800rbuan pun sanggup melakukannya.Selain itu dalam paket pembelian Andromax G terdapat bonus paket internet sebesar 600MB selama 7 hari yang bisa digunakan untuk berselancar di internet dengan jaringan EVDO Rev A,jaringan andalan SmartFren.
Secara keseluruhan ponsel Andromax G ini memiliki spesifikasi yang berbeda dengan harga yang berbeda pula dengan rival sekelasnya.
Sekian (@dwisnfkaafi)




No comments: