Sunday, October 18, 2015

Adu Performa Gadget Android Murah


       Kepopuleran kedua smartphone Android besutan Tiongkok dan Korea yang akan kita bandingkan kali ini bisa dibilang setara. Bagaimana tidak, kedua smartphone yang sama-sama mengusung OS Android 4.1.2 Jelly Bean ini menawarkan harga yang terbilang sangat murah untuk spesifikasi sekelasnya. Smartfren Andromax C dan Samsung Galaxy Star merupakan smartphone yang ditujukan untuk pasar low end (pengguna pemula).Smartphone Adromax C dibanderol dengan harga Rp 600 ribuan,sedangkan Samsung Galaxy Star dibanderol dengan harga Rp 800 ribuan.Mana yang terbaik diantara keduanya? Mari kita cari tahu bersama. 

Desain Ponsel
 

SmartFren Andromax C
Samsung Galaxy Star
Dimensi
124×64×11 mm
105.2x58.5x11.9 mm
Berat
172 gram
102.5 gram

       Samsung Galaxy Star ternyata memiliki bobot yang lebih ringan daripada SmartFren Andromax C. Hal tersebut lumrah dimaklumi karena dari dimensi produk Samsung Galaxy Star lebih kecil ukurannya dibanding dengan SmartFren Andromax C. Dari segi desain,keduanya sama-sama mempunyai bentuk yang membulat sehingga lebih nyaman di genggaman.

      SmartFren Andromax C body belakangnya terbuat dari plastik doff sehingga tidak meninggalkan jejak minyak atau sidik jari dan finishing chrom pada sisi kanan dan kirinya.Bagian depan atas terdapat receiver dan sensor cahaya,bagian bawahnya terdapat 3 tombol sensitive sentuh khas dengan fungsi standar Android yaitu menu,home dan back yang berurutan dimulai dari kiri.Disisi kiri terdapat tombol power sedangkan disisi kanan terdapat tombol pengaturan volume yang berderet rapi.Dibagian belakang terdapat kamera dan speaker yang sejajar.Sementara dibagian atas SmartFren Andromax C tersedia jack headset 3,5mm dan USB connector disisi bawahnya untuk mengisi baterai ataupun tersambung dengan komputer.

      Sementara itu,Samsung Galaxy Star bagian cover depan dan belakang terbuat dari plastik glossy sehingga mudah meninggalkan jejak minyak atau sidik jari. Desainnya cantik dan mungil dengan warna chrom disisi bodynya. Bagian depan Samsung Galaxy Star terdapat proximity sensor,receiver,tombol fisik home,tombol sensitive menu dan back.Disisi kiri ponsel terdapat tombol volume up and down sedangkan disisi kanan terdapat tombol power.Dibagian belakang terdapat kamera yang sejajar dengan speaker. Pada bagian atas tersedia jack headset sedangkan usb connector uuntuk mengisi baterai atau tersambung dengan komputer terdapat dibagian bawah Samsung Galaxy Star.

Layar / Display


SmartFren Andromax C
Samsung Galaxy Star
Tipe
TFT LCD
TFT LCD
Ukuran Piksel
4” ,480x800 piksel (WVGA),kerapatan 233 ppi
3”,320x240 piksel (QVGA),kerapatan 133 ppi
Proteksi
-----
-----

       Terlihat bahwa layar SmartFren Andromax C lebih besar daripada layar Samsung Galaxy Star.
Galaxy Star menggunakan layar dengan ukuran 3” sementara Andromax C menggunakan layar 4”. Tidak hanya ukuran saja,dari resolusi keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Jika SmartFren Andromax C memiliki resolusi WVGA,dengan resolusi tinggi ini SmartFren Andromax C memiliki kepadatan pixel sebesar 233 ppi.Sementara Samsung Galaxy Star dengan resolusi hanya QVGA 320x240 pixel memiliki kepadatan hanya 133 ppi.Soal kualitas layar,SmartFren Andromax C memiliki jarak antara layar dan pelapis layar yang lumayan jauh.Sementara Samsung Galaxy Star lebih dekat.Sehingga Samsung Galaxy Star terlihat lebih terang daripada Andromax C. Tapi karena ketajamannya sangat jauh berbeda, 233 ppi melawan 133 ppi maka sangat jauh sekali kualitas layar yang terlihat dari kedua ponsel ini. Jika Andromax C terlihat tajam,Galaxy Star agak terlihat kotak-kotak (pixelited).
Secara fisik Samsung Galaxy Star lebih kecil dari Andromax C. Untuk anda yang memiliki jari besar-besar akan sedikit kesulitan saat mengetik teks berukuran yang kecil.

Perangkat Keras (Hardware) Ponsel


SmartFren Andromax C
Samsung Galaxy Star
Sistem Operasi
(Operating System)
Android OS v 4.1.2 (Jelly Bean)
Android OS v 4.1.2 (Jelly Bean)
Chipset
Qualcomm MSM 8625 SnapDragon
Qualcomm MSM 7225A SnapDragon
CPU
Dual Core 1 Ghz Speed
Single Core Cortex A5 1 GHz Speed
GPU
Adreno 203
Mali 300

         Dari segi komputasi, keduanya sama-sama menggunakan prosesor 1Ghz,RAM 512 MB,storage 4GB dan slot micro SD yang masing masing terdapat dibagian dalam casing belakang pada kedua smartphone ini. Tapi SmartFren Andromax C memiliki kelebihan yakni sudah menggunakan prosesor dual core sementara Samsung Galaxy Star hanya single core saja. Sehingga kekuatan prosesor Andromax C 2x lipat kekuatan prosesor Samsung Galaxy Star.Sehingga dapat dipastikan untuk bermain game akan lebih nyaman di Andromax C.
Sekarang kita menguji hasil benchmark pada kedua smartphone ini.Meskipun layar Andromac sedikit lebih besar,namun untuk hasil benchmark ternyata SmartFren Andromax C lebih unggul daripada Samsung Galaxy Star. Dengan perbedaan yang cukup signifikan,7405 melawan 4956. Memang untuk performa dan antarmuka,SmartFren Andromax C terasa lebih cepat.

Kapasitas Memory (ROM) Ponsel


SmartFren Andromax C
Samsung Galaxy Star
RAM
512 MB
512 MB
Internal
4 GB
4 GB
Eksternal
MicroSD sampai dengan 64 GB
MicroSD sampai dengan 64 GB

Kedua ponsel ini mengusung kapasitas memory yang sama.Termasuk letak slot kartu microSD yang masing masing ponsel terdapat dibagian dalam casing belakang.Jadi kalau mau memasang maupun mengganti microSD harus membuka casing belakang.

Kamera

        Dari segi kamera,keduanya hanya memiliki kamera utama dengan resolusi 2 MP fix fokus.Untuk kamera depan tidak ada. Tentunya kita tidak bisa berharap banyak dari kamera kedua ponsel ini.Untuk merekam video,SmartFren Andromax C sedikit lebih unggul dengan resolusi VGA,sedangkan Galaxy Star hanya memiliki resolusi QVGA. Hasil foto dalam ruangan SmartFren Andromax C dan Samsung Galaxy Star tidak jauh berbeda.Begitupun untuk hasil foto luar ruangan,keduanya tergolong biasa saja.Namun SmartFren Andromax C memiliki kontras yang lebih baik.Hasil video keduanya baik indoor maupun outdoor hasilnya agak patah-patah.

Daya Baterai


SmartFren Andromax C
Samsung Galaxy Star
Kapasitas Baterai
Li-Ion 1420 mAh
Li-Ion 1200 mAh
Waktu Bicara
s/d 14 jam
S/d 14 jam

       Untuk performa baterai,walaupun daya tahan baterai untuk waktu bicara sama,manajemen waktu stand by SmartFren Andromax C lebih baik dibanding Samsung Galaxy Star. Dengan ukuran resolusi layar yang lebih besar,prosesor yang lebih tinggi,baterai SmartFren Andromax C masih mampu menyamai waktu bicara Samsung Galaxy Star yang ukuran resolusi layar lebih kecil serta prosesor yang berkecepatan sama.

Konektifitas Nirkabel


SmartFren Andromax C
Samsung Galaxy Star
Slot Kartu
CDMA – GSM
(Dual On,Dual Mode+Dual Aktive)
GSM – GSM
(Dual On,Dual Aktive)
Jaringan Nirkabel
CDMA 2000 1X EVDO Rev A (setara 3.5 G)
EDGE (2.5G)

       SmartFren Andromax C,ponsel ini memiliki kemampuan dual SIM dengan CDMA EVDO REV A dan GSM. Sementara Samsung Galaxy Star dual SIM keduanya adalah GSM. Dari segi konektivitas, SmartFren Andromax C tampak lebih unggul dibandingkan dengan Samsung Galaxy Star karena SmartFren Andromax C sudah mengusung koneksi CDMA EVDO Rev A yang setara dengan koneksi 3,5G pada GSM yang memiliki kecepatan puncak mencapai 3.1 Mbps. Sedangkan pada Samsung Galaxy Star hanya memiliki koneksi EDGE (2.5G) yang memiliki kecepatan puncak 256 Kbps. Perbedaan tersebut tentu amat signifikan. Jelas ditahun 2014 ini masih menggunakan koneksi EDGE (2.5G) tentunya sangat kurang nyaman untuk melakukan browsing internet.
Kedua smartphone ini juga sama-sama dilengkapi radio FM,Wifi,Wifi Hotspot,Bluetooth,music player,GPS,push email serta fitur standar Android lainnya.

Antarmuka (User Interface)

Dari segi antarmuka,Samsung Galaxy Star menggunakan TouchWiz yang merupakan fitur antarmuka bawaan Samsung sejak lama.
Sementara SmartFren Andromax C memiliki antarmuka standar Android. Dengan demikian antarmuka Android terlihat lebih bersih daripada antarmuka TouchWis namun memang TouchWis terlihat menarik karena warna-warni yang diusungnya lebih hidup daripada Android yang terkesan dingin,dengan warna latar belakang menu utama yang hitam.
Dari segi fitur,keduanya tidak jauh berbeda.Di taskbar ada beberapa akses pintas,cepat untuk mengaktifkan wifi,bluotooth,GPS,brigthness dan sebagainya.
 
Harga Ponsel


SmartFren Andromax C
Samsung Galaxy Star
Harga
Rp 699.000,00
Rp 849.000,00

Harga ponsel SmartFren Andromax C ternyata lebih murah daripada Samsung Galaxy Star,terpaut sekitar Rp 150.000,00. 

Simak tayangan video dibawah ini,perbandingan SmartFren Andromax C dan Samsung Galaxy Star




Kesimpulan

Dari berbagai perbandingan yang saya sebutkan diatas, SmartFren Andromax C terbilang lebih unggul dibandingkan dengan Samsung Galaxy Star. Keduanya merupakan seri Android terbawah dari masing masing vendor. Jadi mungkin anda tidak bisa berharap banyak dari kedua perangkat ini,namun dengan SmartFren Andromax C anda mendapatkan kecepatan internet yang lebih kencang,layar yang lebih besar dengan resolusi yang lebih tinggi serta prosesor dual core dengan performa yang terbukti lebih baik daripada Samsung Galaxy Star.Apalagi harganya pun lebih murah daripada Galaxy Star,lebih murah 150 ribu.Andromax C sendiri dengan layar 4” nya sudah cukup memuaskan bagi anda yang menggemari ponsel berlayar besar dengan budget yang minim.
Samsung Galaxy Star sendiri lebih portabel,namun memang layarnya lebih kecil.Jadi untuk mengetik agak susah bagi yang mempunyai jari jari yang besar. Jikalau anda membutuhkan ponsel yang kecil tanpa melihat performa,mudah dikantongi dan menggunakan dual SIM GSM,ambillah Galaxy Star.

Tidak ada ponsel yang lebih baik,yang ada hanya ponsel yang tepat.
Sekian (dwisnfkaafi)







No comments: