Tuesday, August 4, 2015

Bersama BNI,Hidup Jadi Lebih Mudah

Siang itu,hari pertama suasana pameran gadget yang digelar di gedung Jogja Expo Center Yogyakarta terlihat cukup ramai.Beragam merk ponsel produksi lokal maupun manca dipajang di berbagai stand yang sudah disediakan,lengkap dengan pramuniaganya yang siap menjawab segala pertanyaan dari pengunjung dan giat menawarkan ponsel yang lagi promo.Tak lupa stand assesories ponsel juga berjejer rapi di stand paling pinggir,diwarnai dengan tempelan ratusan kertas berisi harga produk assesoris lengkap dengan diskonnya.Hampir disetiap stand ada saja pengunjung yang hanya sekedar bertanya sataupun melakukan transaksi pembelian.

Tak mau ketinggalan,saya pun menjelajahi stand ponsel tersebut satu persatu berharap menemukan ponsel atau tablet yang harganya cocok di kantong.Brosur produk ponsel yang tersedia di atas meja disetiap stand menjadi tujuan pertama saya.Cukup banyak juga ponsel dan tablet terbaru yang dijajakan dalam pameran kali ini.Setelah membandingkan beragam ponsel dan tablet tersebut melalui brosur serta bertanya kepada pramuniaganya,beberapa ponsel dan tablet cukup menarik hati saya untuk membelinya.Spesifikasi hardware-nya cukup bagus dan harga yang ditawarkan juga lumayan bersahabat dengan kantong saya.Setelah menentukan pilihan,saya segera menuju ke kasir diantar pramuniaganya bersama nota pembeliannya.Lokasi kasirnya berada di pojok kanan depan,dekat dengan penjualan kartu perdana seluler dari salah satu provider telekomunikasi ternama di negeri ini.

Tidak banyak antrian di depan kasir,tiba waktunya bagi saya untuk membayar.Terlihat diatas meja kasir terdapat mesin EDC atau Electronic data Capture yaitu mesin gesek kartu yang biasa digunakan untuk menerima transaksi pembayaran baik dengan kartu kredit,kartu debet maupun kartu prabayar lainnya yang disediakan oleh merchant.Saya sodorkan saja kartu ATM BNI yang juga bisa berfungsi sebagai kartu debit.Segera petugas kasir menggesek kartu ATM BNI saya tersebut ke mesin EDC yang ada di atas meja kasir tersebut.Memperlihatkan total nominal pembayaran yang telah di input dalam mesin EDC tersebut dan menyodorkan ke saya untuk memasukkan no pin-nya. Disusul kemudian print out transaksi keluar dan selesai sudah proses pembayarannya. Singkat,praktis dan tidak repot.

Selepas dari membeli ponsel di pameran tersebut,dalam perjalanan pulang ke rumah teringat bahwa persediaan susu buat si bungsu sudah menipis.Selain itu juga harus membeli sabun mandi, shampoo,pasta gigi,tisu basah serta kebutuhan perawatan diri lainnya.Mampir sebentar di sebuah minimarket jejaring yang saat ini banyak menjamur di daerah pinggiran.Lagi lagi transaksi saya bayar dengan menyodorkan ATM BNI ke kasir.Tinggal gesek,masukkan total nominal belanjanya, tunggu print out transaksinya keluar,tanda tangan di slip transaksi tersebut dan selesai.Tidak perlu menggunakan no pin lagi.Berhubung kartu anggota minimarket yang saya punya saldonya sudah menipis,saya pun meminta ke petugas kasir untuk dilakukan top up sekalian,yang dananya diambil dari saldo Kartu ATM BNI saya.Kembali kasir menggesekkan kartu ATM BNI saya ke mesin EDC dan memasukkan nominal top upnya seperti yang saya minta.Tidak butuh waktu lama untuk menyelesaikan proses top up tersebut.Enaknya lagi saya tidak dikenakan biaya administrasi lagi alias gratis untuk membayar semua belanjaan saya maupun melakukan top up di kartu anggota saya tersebut.Inilah bentuk kecanggihan teknologi yang memudahkan hidup saya sehari hari. 



Sesampai di rumah,hape jadul yang selalu setia menemani kemanapun saya pergi berdering. Sebuah pesan pendek tertulis,honor design pembuatan cetakan tutup botol telah dikirim ke rekening BNI saya."Mohon dicek ya mas," tertulis di ujung pesannya.Alhamdulillah.Segera saya buka aplikasi BNI SMS Banking yang sudah terinstall di smartphone dan ternyata honor saya tersebut telah masuk ke rekening BNI saya tersebut.

Penggunaan BNI SMS Banking ini bukan barang baru bagi saya.Sudah sejak tahun 2010 saya sudah menggunakan aplikasi ini untuk mendukung kegiatan bisnis kecil kecilan saya yaitu jualan voucher pulsa elektrik.Ketika saldo pulsa elektrik saya sudah menipis,saya tinggal buka aplikasi BNI SMS Bangking,langsung klik transfer ke nomor rekening penyedia voucher elektrik dan tunggu beberapa menit kemudian saldo pulsa elektrik saya sudah ditambahkan.Tidak perlu lagi harus datang ke kantor penjual pulsa elektrik tersebut.Praktis dan hemat waktu.

Seiring dengan meningkatnya penggunaan gadget dan peningkatan penggunaan internet,tren belanja online melalui perangkat pintar semakin diminati.Menurut hasil survei Nielsen baru baru ini seperti dilansir di situs techno.okezone.com,87% pengguna internet melakukan kegiatan belanja online melalui smartphone atau tablet mereka. Faktor mobilitas dan efisiensi menjadi pendorong bagi banyak orang untuk lebih memilih berbelanja secara online.Demam belanja online tersebut tidak hanya "menyerang" penduduk di kota besar saja,saya yang berdomisili di kota kecil di daerah pelosok pun ikut ketagihan dengan belanja di toko online tersebut.Apalagi tempat tinggal saya mayoritas sudah tercover sinyal seluler yang bisa digunakan untuk mengakses internet,maka aktivitas belanja online pun dapat dilakukan dimana saja.Kelebihannya belanja online adalah harganya bisa lebih murah dibanding toko offline, banyak pilihannya,praktis dan hemat waktu karena tak perlu biaya BBM,toko buka selama 24 jam dan apabila beruntung saya bisa mendapatkan barang dengan diskon harga yang lumayan.Setelah melakukan pembayaran,3-4 hari kemudian barang pesanan sudah diantar didepan pintu.Asyiknya lagi ada beberapa toko online yang menggratiskan ongkos kirimnya,sesuatu yang masih menjadi ganjalan bagi sebagian orang apabila belanja di toko online.

Dalam satu bulannya saya bisa 3-4 kali melakukan aktivitas belanja online.Kebanyakan produk yang saya beli adalah baju,kaos,celana panjang,jaket,sepatu,tas serta perabotan dapur.Metode pembayarannya biasanya saya lebih senang dengan metode transfer lewat ATM BNI,walaupun kadang kadang saya juga menggunakan BNI SMS Banking.




Kegiatan lainnya yang sering saya lakukan berhubungan dengan belanja online adalah membeli tiket pesawat,tiket kereta api serta memesan hotelnya,apalagi kalau bukan untuk travelling. Ditambah saat ini begitu mudahnya memesan tiket tersebut melalui aplikasi yang disediakan oleh penyedia e-ticketing atau booking tiket langsung melalui call center Garuda.Seperti yang saya lakukan beberapa waktu yang lalu,memesan tiket pesawat Garuda Indonesia jurusan Yogyakarta-Bali.Untuk metode pembayaran karena saya memesan tiketnya melalui pihak ketiga dengan memanfaatkan aplikasi di smartphone,saya memilih transfer bank melalui ATM BNI.Dari beragam aktivitas belanja online tersebut diatas,saya selalu memilih metode pembayaran transfer bank melalui ATM tersebut sebagai metode terbaik dan paling dipercaya untuk saat ini.

 
Dengan memanfaatkan transaksi non tunai melalui ATM BNI tersebut,saya telah ikut membantu menyukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang digagas oleh Bank Indonesia sejak 14 Agustus 2014,setahun yang lalu.Salah satu tujuannya adalah mendorong masyarakat untuk menggunakan alat transaksi non tunai seperti kartu kredit/debit dan uang elektronik pada saat berbelanja ataupun melakukan transaksi lewat mesin ATM.Upaya ini dilakukan melihat fakta dilapangan bahwa transaksi non tunai tersebut masih rendah di Indonesia.Padahal transaksi non tunai memiliki kelebihan yaitu lebih praktis,efisien,mudah bahkan mendukung perekonomian melalui peningkatan kecepatan peredaran uang (velocity of money).Selain juga lebih aman dan meminimalisir angka kriminalitas karena masyarakat tidak lagi bertransaksi dengan uang tunai dalam beraktivitas sehari-hari.

*********

Segala kemudahan dan kenyamanan yang saya alami dengan bertransaksi menggunakan "uang plastik" kartu debit BNI seperti beberapa contoh diatas,merupakan hasil dari inovasi layanan BNI yang semakin maju dan lengkap sehingga membuat nasabah seperti saya ini merasa nyaman. Kenyamanan itu muncul sebagai hasil dari investasi BNI pada sarana transaksi yang semakin lengkap, yaitu per 31 Maret 2015 memiliki 1.772 outlet yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten dengan jumlah kantor cabang 168 unit dan kantor kas 367 unit.Untuk melengkapi pelayanan kepada masyarakat,BNI juga memiliki 24 Sentra Kredit Menengah (SKM), 58 Sentra Kredit Kecil (SKC),111 Unit Kredit Kecil (UKC) dan 12 Consumer and Retail Loan Center (LNC) yang terbesar di seluruh Indonesia.Sedangkan untuk jaringan elektronik,per 31 Maret 2015, BNI memiliki 14.082 ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota termasuk 6 ATM di luar negeri yaitu 4 ATM di Hong Kong dan 2 ATM di Singapura.Lokasi ATM BNI ini terletak diberbagai lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat seperti di pusat perbelanjaan,rumah sakit,minimarket,kampus dan SPBU.Bahkan di kota kecil seperti di kota kecamatan tempat saya berdomisili,ATM BNI telah hadir.

Jaringan ATM BNI itu masih diperkuat juga oleh 49.933 berlogo ATM LINK,70.825 berlogo ATM Bersama serta 82.095 berlogo jaringan ATM PRIMA.Selain itu terdapat juga fasilitas phone banking 24 jam 7 hari BNI Call 500046 atau melalui ponsel (021) 500046 dan 68888, serta SMS Banking dan BNI Internet Banking yang beralamat di www.bni.co.id. Kesemua layanan tersebut diperuntukkan untuk melayani dan memberikan kenyamanan semua kebutuhan transaksi perbankan nasabahnya dengan dilengkapi ratusan fitur transaksi.

BNI selalu berinovasi dengan menghadirkan produk dan layanan terbaik sesuai dengan kebutuhan nasabah sejak usia kecil,remaja,dewasa hingga pensiun.BNI menyediakan rangkaian lengkap produk pinjaman,produk tabungan dan investasi hingga simpanan hari tua.Semenjak menjadi nasabah BNI pada tahun 2010,beragam manfaat telah saya rasakan.Selain kemudahan menjalani kehidupan sehari hari dengan "uang plastik" kartu debit BNI,tabungan Taplus BNI yang saya miliki pun semakin bermanfaat.Dengan memanfaatkan fasilitas autodebet,saya pun membuka BNI Tapenas dan BNI Simponi.Dana yang ada di Taplus BNI saya akan disetorkan langsung ke kedua tabungan BNI tersebut setiap bulannya tanpa saya harus melakukannya secara manual.BNI Tapenas ini saya peruntukkan sebagai persiapan dana pendidikan kedua anak saya dengan kelebihannya memberikan proteksi asuransi jiwa bekerjasama dengan BNI Life sehingga masa depan saya lebih aman dan pasti serta setoran perbulannya yang terjangkau. Sedangkan dengan BNI Simponi untuk menjamin masa pensiun saya kelak.Mumpung masih di usia produktif seperti sekarang ini,menabung secara kontinyu setiap bulannya harus dilakukan.BNI Simponi ini dikelola oleh Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) BNI yang merupakan pengelola dana pensiun terbesar di Indonesia.

Selain itu sebagai satu satunya bank nasional yang beroperasi secara penuh di beberapa negara, BNI memberikan layanan terlengkap dan menyeluruh bagi nasabah yang berkepentingan dengan perdagangan internasional. Dengan didukung oleh Kantor Cabang Luar Negeri BNI serta lebih dari 1.600 jaringan bank koresponden di 104 negara ,BNI memberikan layanan perbankan internasional terlengkap meliputi bisnis trade,remittance & payment serta financial institution. Didukung dengan teknologi yang handal serta memiliki sumber daya manusia yang unggul dan berkemampuan global, menjadikan BNI sebagai bank pilihan terbaik bagi para nasabah di Indonesia.
Di usianya yang ke 69 tahun ini berbekal visi dan misi BNI untuk menjadi bank yang unggul, terkemuka dan terdepan dalam layanan dan kinerja,BNI terus berusaha menyeimbangkan peningkatan kinerja untuk pencapaian tujuan bisnis dan pengembangan komunitas.Berkat usahanya tersebut,BNI telah menerima berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri sebagai pengakuan atas produk, layanan dan kinerja unggul dari BNI termasuk penghargaan program pemberdayaan masyarakat /UMKM.Berbagai penghargaan tersebut menunjukkan bahwa BNI telah tumbuh dan berkembang menjadi bank nasional yang kokoh dan siap sebagai bank nasional yang dengan kemampuan global.Dengan gelora Semangat 46,BNI siap menjadi yang terdepan dalam melayani negeri dan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.Semoga terwujud.Amien.

*********



No comments: