Sunday, August 2, 2015

69 Tahun,Inovasi BNI Melayani Negeri Yang Sarat Prestasi


Masih terbayang dalam ingatan kita,krisis ekonomi yang mendera negara Asia yang kemudian menjalar ke Indonesia pada tahun 1998 membawa dampak buruk di segala sektor kehidupan tidak terkecuali dunia perbankan.Saat itu roda perekonomian Indonesia bukan lagi berjalan di jalan tol yang halus dan mulus melainkan harus melewati jalan terjal seperti medan off road.Banyak bank yang harus dilikuidasi karena tidak kuat melewati terjalnya medan off road tersebut atau terpaksa merger dengan bank lain agar tetap bisa bernafas.Diantara bank swasta dan bank plat merah yang berhasil lolos dari lubang jarum krisis ekonomi dan tetap "survive" hingga saat ini adalah BNI.

Kesuksesan BNI melewati hantaman krisis ekonomi pada tahun 1998 tersebut didapat tidak langsung jatuh dari langit tapi melalui perjuangan panjang sebelumnya.Transformasi perubahan yang digagas oleh Sigit Pramono,Dirut BNI di tahun 2005 yang kemudian dilanjutkan dengan sentuhan tangan dingin dan profesionalnya Gatot Mudiantoro Suwondo yang dipercaya menjabat sebagai CEO pada 6 Februari 2008 telah berhasil merubah pola pikir (mindset) karyawan BNI dari kultur birokrat ke orientasi bisnis.Kultur lama yang begitu melekat secara perlahan lahan dirubah dengan saling membangun kepercayaan diantara karyawan dan dibarengi dengan konsolidasi internal selama berbulan bulan tersebut akhirnya membuahkan hasil.

Kini,lihatlah wajah BNI sekarang ini.Bank plat merah ini telah mencapai prestasi terbaiknya sepanjang sejarah sejak berdiri pada 5 Juli 1946.Meskipun diwarnai dengan tantangan kondisi perekonomian yakni perlambatan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) dan gejolak perekonomian internasional, BNI tetap dapat menunjukkan kinerja keuangan yang solid di tahun 2014.Pertumbuhan itu ditopang oleh pendapatan operasional BNI yang bersumber dari pertumbuhan pendapatan bunga bersih (net interest income/ NII) yakni dari Rp 10,8 triliun atau naik 19,1% dibanding laba bersih tahun 2013 yang sebesar Rp 9,1 triliun yang diikuti dengan kenaikan laba bersih per dari Rp 486 menjadi Rp 578.Melonjaknya pertumbuhan pendapatan bunga bersih tersebut merupakan konsekuensi dari pertumbuhan kredit yang secara ekspansif dilakukan BNI.Pertumbuhan kredit ini tetap didukung dengan fundamental yang kuat dimana tingkat kecukupan permodalan atau capital adequacy ratio (CAR) tetap terjaga baik,naik dari 15,1% menjadi 16,2% .

Selain itu pertumbuhan pendapatan tersebut juga terjadi karena nasabah merasa nyaman dengan berbagai inovasi layanan BNI.Kenyamanan itu muncul sebagai hasil dari investasi BNI pada sarana transaksi yang semakin lengkap, yaitu per 31 Maret 2015 memiliki 1.772 outlet yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten dengan jumlah kantor cabang 168 unit dan kantor kas 367 unit.Untuk melengkapi pelayanan kepada masyarakat,BNI juga memiliki 24 Sentra Kredit Menengah (SKM), 58 Sentra Kredit Kecil (SKC),111 Unit Kredit Kecil (UKC) dan 12 Consumer and Retail Loan Center (LNC) yang terbesar di seluruh Indonesia.Sedangkan untuk jaringan elektronik,per 31 Maret 2015, BNI memiliki 14.082 ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota termasuk 6 ATM di luar negeri yaitu 4 ATM di Hong Kong dan 2 ATM di Singapura.Lokasi Atm BNI ini terletak diberbagai lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat seperti di pusat perbelanjaan,rumah sakit,minimarket,kampus dan SPBU.Jaringan ATM BNI itu diperkuat juga oleh 49.933 berlogo ATM LINK,70.825 berlogo ATM Bersama serta 82.095 berlogo jaringan ATM PRIMA.Selain itu terdapat juga fasilitas phone banking 24 jam 7 hari BNI Call 500046 atau melalui ponsel (021) 500046 dan 68888, serta SMS Banking dan BNI Internet Banking yang beralamat di www.bni.co.id. Kesemua layanan tersebut diperuntukkan untuk melayani dan memberikan kenyamanan semua kebutuhan transaksi perbankan nasabahnya dengan dilengkapi ratusan fitur transaksi.

Sedangkan bagi nasabah institusi bisnis,BNI memberikan layanan cash management secara online,trade finance,perdagangan internasional (ekspor/impor) dan remittance/pengiriman uang yang didukung oleh jaringan cabang luar negeri dan 1.675 koresponden di seluruh dunia,baik bank maupun non bank.Saat ini diantara bank bank BUMN yang ada di Indonesia,BNI 46 tercatat sebagai bank BUMN yang paling banyak memiliki kantor cabang di luar negeri yaitu lima kantor cabang. Yaitu di London, New York, Tokyo, Singapura, Hong Kong; satu sub branch di Osaka; Limited Purpose Branch di Singapura; dan satu anak perusahaan di Hong Kong, BNI Remittance Limited, yang khusus menangani transaksi kiriman uang.Remittance representative officer yang tersebar di Malaysia, Korea Selatan, Hong Kong,Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab, Belanda dan Amerika Serikat. Saat ini BNI memiliki lebih dari 60 Kantor Virtual tersebar di Arab Saudi,Uni Arab Emirate,Qatar, Kuwait, Oman,Bahrain,Taiwan,Hong Kong,Malaysia,Brunei,Singapura, Australia dan Belanda.Itulah komitmen BNI untuk “menjembatani Indonesia dan dunia”.
Sedangkan jaringan BNI Smart Remittance didalam negeri dilayani dilebih dari 1.600 outlet BNI serta agen BNI yaitu Pos Indonesia, Alfamart, Pegadaian, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan mitra lainnya yang telah bekerjasama dengan total sebanyak 16.000 outlet.




 
Dengan adanya kantor cabang BNI di luar negeri tersebut,semakin memudahkan bagi warga negara Indonesia yang sedang belajar,bekerja ataupun sedang travelling dalam melakukan transaksi perbankan seperti pengiriman uang,penukaran valuta asing ataupun melakukan pembayaran tagihan dan penyetoran tabungan.

Untuk memperluas jaringan usahanya dan memberikan layanan keuangan terpadu,khususnya di industri keuangan, BNI memiliki 4 anak perusahaan yaitu BNI Syariah (perbankan syariah), BNI Life (perasuransian), BNI Securities (pasar modal) dan BNI Multifinance (pembiayaan).

Untuk memberikan kemudahan dan keleluasaan akses bagi nasabah dalam bertransaksi terutama di lokasi-lokasi yang terbatas ketersediaan gedung atau lahannya,antara lain di pelabuhan,bandara dan kawasan industri,pada tanggal 16 Desember 2014 tepatnya BNI membuat terobosan terbaru. Yaitu dengan membangun fasilitas pelayanan inovatif dalam bentuk Outlet Peti Kemas (Container Outlet) di Surabaya tepatnya di Bandar Udara Juanda dan di kawasan Pembangkit Jawa Bali (PJB). Container Outlet ini merupakan container banks yang pertama kali dibuka di Indonesia. Keuntungannya membangun Outlet Peti Kemas ini adalah karena cukup efektif & efisien dalam proses pembangunannya,relatif lebih mudah dan cepat dibanding membangun atau menyewa outlet di gedung.Selain itu peti kemas yang sifatnya movable sehingga dapat dengan mudah dan cepat dipindahkan apabila diperlukan,baik disebabkan karena perubahan zona lokasi maupun perubahan atau pergeseran lokasi bisnis.

 
Selang beberapa hari kemudian,BNI juga menghadirkan inovasi terbaru lainnya.Tepatnya pada tanggal 22 Desember 2014 di kota Malang,Jawa Timur BNI meluncurkan secara resmi beroperasinya ATM Sepeda Motor.Alasan pendirian ATM ini karena melihat perkembangan sepeda motor yang sangat pesat terutama di kota Malang.Dengan adanya ATM tersebut,pengendara sepeda motor cukup berhenti didepan mesin ATM,tidak perlu mematikan mesinnya dan tidak usah parkir atau membayar biaya parkir lagi.Dengan adanya inovasi tersebut,BNI menjadi satu-satunya bank di Indonesia yang memiliki konsep tersebut untuk diterapkan di kota-kota besar lainnya.

 
Berbagai inovasi layanan tersebut diatas menjadi salah satu faktor kesuksesan pertumbuhan kinerja perusahaan.Faktor lainnya adalah berkat perbaikan kinerja yang terus dikembangkan,tidak hanya pada layanan perbankan konvensional seperti kredit dan peningkatan dana pihak ketiga melainkan juga perbaikan kualitas layanan ekstra,seperti cash management hingga trade finance. Kesemua itu dilakukan dengan komitmen yang kuat,kerja keras,senantiasa berorientasi pada pelanggan serta komitmen mempersembahkan nilai-nilai yang terbaik bagi seluruh stakeholders.

Dukungan BNI 46 terhadap Industri kreatif

Dalam mengemban salah satu misi bisnis BNI yaitu meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial, BNI konsisten dalam membantu pengembangan pertumbuhan industri yang tumbuh di komunitas masyarakat.Salah satunya yaitu pengembangan industri kreatif. Serangkaian kepedulian BNI dalam mewujudkan Corporate Community Responsibility di industri kreatif adalah mendukung pendirian Kampoeng BNI untuk komunitas industri rumahan yang dibangun dengan kearifan lokal,mendukung industri perfilman dimana BNI telah mendukung pembuatan film Tabula Rasa tentang keunikan kuliner Indonesia dan Film Pendekar Tongkat Emas tentang ajaran luhur silat Indonesia sehingga akar dan warisan budaya Indonesia tetap terjaga kelestariannya.Saat ini BNI berinisiatif mendukung Sinetron Rindu Satpam Kita sebagai penyebaran informasi edukatif karena didalamnya menyertakan informasi tentang pentingnya menabung dan melakukan pengelolaan keuangan.Diharapkan melalui tayangan sinetron ini di TVRI akses pemahaman keuangan masyarakat dapat meningkat sehingga turut mendukung pertumbuhan financial inclusion di Indonesia.
Sejak tahun 2007 PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI sudah mengulirkan program "Kampoeng BNI".Program ini merupakan salah satu bagian dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) BNI yang bertujuan memberdayakan ekonomi masyarakat melalui penyaluran kredit lunak dengan sistem klaster yang dilakukan di beberapa daerah.Tujuan pembentukan Kampoeng BNI adalah untuk mengembangkan potensi ekonomi masyarakat di suatu kawasan pedesaan melalui pinjaman lunak program kemitraan maupun bantuan bina lingkungan untuk menunjang aktivitas ekonomi lokal di daerah tersebut.Pada saat ini konsep Kampoeng BNI dibangun atas prinsip Community Development,dimana satu klaster mengangkat produk potensial berdasarkan kearifan lokal setempat.

Saat ini terdapat 37 Kampoeng BNI dimana tiap Kampoeng BNI tersebut menonjolkan ciri khas kearifan lokalnya dan keunikan potensi budayanya tersendiri,dan berikut ini beberapa Kampoeng BNI yang telah dibuka yaitu :

No
Nama Kampoeng BNI
Lokasi (Provinsi)
1
KBNI Peternakan Sapi Subang
Jawa Barat
2
KBNI Budidaya Jagung Ciamis
Jawa Barat
3
KBNI Tenun Songket Ogan Ilir
Sumatera Selatan
4
KBNI Nelayan Lamongan
Jawa TImur
5
KBNI Jagung Solok
Sumatera Barat
6
KBNI Seni Kamasan Klungkung
Bali
7
KBNI Pengolahan Hasil Laut Muara Angke
DKI Jakarta
8
KBNI Bandeng Karawang
Jawa Barat
9
KBNI Karebosi Makassar
Sulawesi Selatan
10
KBNI Tenun Pandai Sikek Bukittinggi
Sumatera Barat
11
KBNI Tenun Silungkang Sawahlunto
Sumatera Barat
12
KBNI Tapis Lampung Selatan
Lampung
13
KBNI Pisang Lumajang
JawaTimur
14
KBNI Kain Sutera Sengkang Wajo
Sulawesi Selatan
15
KBNI Mebel Sumedang
Jawa Barat
16
KBNI Pemberdayaan Perempuan Bogor
Jawa Barat
17
KBNI Ikan Nila Ponorogo
Jawa Timur
18
KBNI Wisata Borobudur
Jawa Tengah
19
KBNI Tenun Ikat Sumba Waingapu
Nusa Tenggara Timur
20
KBNI Kain Ulos Samosir
Sumatera Utara
21
KBNI Batik Tulis Wiradesa,Pekalongan
Jawa Tengah
22
KBNI Batik Tulis Lasem Rembang
Jawa Tengah
23
KBNI Imogiri Bantul
D.I Yogyakarta
24
KBNI Kain Sasirangan Banjarmasin
Kalimantan Selatan
25
KBNI Inggris Pare Kediri
Jawa Timur
26
KBNI Rumput Laut di Pulau Nain-Minahasa Utara
Sulawesi Utara
27
KBNI Nelayan Dhufa-dhufa Ternate
Maluku Utara




Dalam Kampoeng BNI, program PKBL BNI tidak sekadar menyalurkan pembiayaan usaha,namun juga memberikan capacity building atau pelatihan peningkatan kapasitas, misalnya pelatihan motif tenun sesuai keinginan pasar internasional, pelatihan pembukuan sederhana,pelatihan pemasaran yang efektif dan pelatihan lainnya sesuai kebutuhan mitra binaan.Selain itu BNI memberikan bantuan sarana dan prasarana di dalam Kampoeng BNI, misalnya showroom, packing house, balai pertemuan dan juga sarana sosial masyarakat.BNI juga memberikan bantuan pendidikan kepada keluarga mitra binaan berupa beasiswa dan sarana pendidikan lainnya.Berkat pemberdayaan yang dilakukan BNI,pertumbuhan potensi ekonomi maupun aktivitas masyarakat di masing masing Kampoeng BNI jadi bergairah dan berkembang.

Untuk memberikan nilai tambah,BNI mendorong beberapa Kampoeng BNI yang telah dibinanya berkembang menajadi Desa Wisata dengan memberikan capacity building tentang bagaimana konsep desa wisata, pengembangan potensi wisata,pemasaran, dan pengelolaannya (manajemen). Ada 10 kampoeng BNI yang didorong menjadi Desa Wisata yaitu KBNI Tenun Pandai Sikek dari Sumatera Barat,KBNI Songket Ogan Ilir dari Sumatera Selatan,KBNI Batik Wiradesa Pekalongan dari Jawa Tengah,KBNI Mete Imogiri Bantul dari Yogyakarta,KBNI Batik Lasem dari Jawa Tengah,KBNI Sasirangan Banjarmasin dari Kalimantan Selatan,KBNI Kamasan dari Bali,KBNI Inggris Pare Kediri dari Jawa Timur,KBNI Toraja dari Sulawesi Selatan dan KBNI Tapis Lampung. Sebagian besar Kampoeng BNI yang didorong menjadi Desa Wisata ini memiliki basis usaha inti di sektor ekonomi kreatif,seperti batik, kerajinan dan tenun.Dengan menjadi Desa Wisata,diharapkan akan mendukung pemasaran dan penjualan produknya sekaligus mendatangkan wisatawan yang berarti menjadi nilai tambah bagi perekonomian daerah setempat.

 
Sejak pertama kali diinisiasi pada tahun 2007,program Kampoeng BNI adalah pelopor program kepedulian masyarakat yang terintegrasi dengan proses bisnis.Saat ini, Kampoeng BNI telah berkembang menjadi flagship program dalam rangka mewujudkan cita-cita BNI untuk membangun pedesaan,memberdayakan masyarakat dan mengembangkan potensi ekonomi di setiap daerah berbasis potensi sumber daya lokal.Dan sebagai wujud dukungan terhadap program Pemerintah dalam usahanya memperkuat dan memperluas perkembangan industri kreatif serta meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat kecil.

BNI memiliki komitmen menjadi fasilitator pembangunan untuk mendukung pertumbuhan industri di Indonesia. Sebagai bagian dari transformasi bisnis, BNI fokus pada delapan sektor industri unggulan yang prospektif yaitu Minyak, Gas & Pertambangan,Telekomunikasi,Kimia,Agribisnis, Makanan & Minuman,Perdagangan Besar & Eceran,Kelistrikan dan Konstruksi.

Sebagai wujud dukungan kepada Program Pemerintah untuk memajukan sektor kemaritiman,pada tanggal 15 April 2015,BNI mengucurkan Kredit Modal Kerja (KMK) kepada Koperasi Perikanan Mina Rizki Abadi (KOMIRA) senilai 1.6 Triliun dengan penjamin asuransi kredit tersebut dari Perum Jamkrindo. Penyaluran kredit kemaritiman BNI di tahun 2015 mencakup beberapa sektor yakni sektor koperasi perikanan dengan penyaluran kredit sebesar Rp 58 miliar,kredit untuk industri balok es dan cold storage sebesar Rp 100 miliar,kredit pada sektor kapal penangkap ikan sebesar Rp 100 miliar, pengolahan ikan di sentra-sentra perikanan nasional skala mikro, kecil, dan menengah sebesar Rp 400 miliar serta infrastruktur dan perhubungan laut sebesar Rp 1 triliun.Dukungan BNI terhadap sektor Maritim telah dilakukan sejak awal,hingga 31 Desember 2014, BNI telah menyalurkan pembiayaan ke Sektor Kelautan dan Perikanan senilai lebih dari Rp 8,7 triliun.Kredit ini sebagian besar disalurkan untuk mitra BNI yang sudah mengembangkan bisnis yang feasible dan bankable.
Atas dukungannya tersebut, BNI dinobatkan sebagai penerima penghargaan nasional berupa Adibakti Mina Bahari sebagai apresiasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kepada pihak yang berperan aktif, peduli, dan berprestasi dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya di sektor kelautan dan perikanan pada tahun 2014.

Tidak hanya sektor kemaritiman yang mendapat perhatian,BNI juga menunjukkan dukungan dan komitmennya terhadap program Pemerintah dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional menuju era swasembada pangan melalui dukungan kepada industri pupuk yang langsung dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.Produksi pertanian yang semakin meningkat dari tahun ke tahunnya berdampak pada permintaan pupuk yang semakin besar.Keadaan ini membuat para produsen pupuk harus berproduksi secara optimal dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar. Pada tahun 2015 industri pupuk masih memiliki prospek yang cerah terlihat dari rencana program Pemerintah dalam rangka penguatan ketahanan pangan dengan anggaran subsidi pupuk sebesar Rp 35.7 triliun atau naik dibanding tahun 2013 sebesar Rp 15.9 triliun.Berpijak pada kenyataan tersebut,BNI pun mengucurkan kredit kepada PT Pupuk Indonesia Holding Company sebesar Rp 3.2 Triliun yang akan dipergunakan oleh PT Petrokimia Gresik,salah satu anak perusahaan PT Pupuk Indonesia Holding Company untuk membangun prabik Amoniak dan Urea (Amurea) II di Gresik.Proyek Arumea II ini sangat penting peranannya dalam rencana memenuhi kebutuhan pupuk secara nasional tersebut.Saat ini konsumsi pupuk di Indonesia secara total tumbuh rata rata 2.86 persen per tahun dan sebagian besar konsumsi pupuk adalah jenis Urea dan NPK yang mencapai rata rata 76 persen dari konsumsi pupuk nasional.Dengan dibangunnya pabrik Arumea II tersebut, kebutuhan bahan baku untuk memproduksi pupuk NPK sebanyak 2.8 juta ton pertahun dan pupuk ZA sebanyak 750 ribu ton pertahun akan terpenuhi.Dengan begitu ketergantungan pada impor amoniak yang fluktuasi harganya sulit diprediksi bisa dikurangi dan juga sekaligus menghemat devisa negara.

Apresiasi Loyalitas kepada Nasabah

Bulan Ramadhan dan Hari Lebaran adalah peristiwa keagamaan yang dirayakan oleh warga Indonesia yang mayoritas beragama Islam.Momen ini merupakan kesempatan yang baik bagi BNI untuk dapat memberikan positive experience kepada masyarakat,terutama nasabah BNI.Sebagai bentuk komitmen berkelanjutan yang dibangun BNI untuk memberikan kontribusi pada pembangunan nasional sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, BNI menyelenggarakan BNI Rejeki Mudik 2015 ini.


Terdapat lebih dari 5.000 pemudik yang pada tahun ini diantarkan oleh BNI ke berbagai kota tujuan mudik yaitu Cirebon,Purwokerto,Semarang,Yogyakarta,Solo,Surabaya,Malang,Lampung, Palembang dan Padang dengan menggunakan moda transportasi berupa bus dan pesawat terbang. Selain itu tersedia 100 kursi pesawat untuk memulangkan pemudik dari Malaysia yang merupakan tenaga kerja Indonesia,serta 46 kursi pesawat tujuan Singapura-Indonesia PP yang diperuntukkan bagi pemenang dari program apresiasi bagi pengguna layanan remitansi BNI di Singapura dengan transaksi pengiriman dana tertinggi ke Indonesia.

Pemudik nasabah BNI pada Lebaran 2015 ini juga dimanjakan dengan beraneka ragam program promo dengan hadiah menarik berupa voucher belanja dan tabungan BNI.Selama bulan Ramadhan kemarin,BNI juga menyiapkan program BNI Ramadhan & Lebaran Experince 2015 yang dikhususkan bagi nasabah yang sudah menginstall aplikasi BNI Experince Mobile Application. Pemilik kartu kredit dan debit BNI pun dipastikan akan mendapatkan manfaat lebih selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2015 ini.Berbagai penawaran yang menarik dengan berbagai hadiah disediakan khusus bagi pemegang kartu BNI tersebut.

Kartu plastik “ BNI baik debit maupun kredit semakin lama semakin bertambah “sakti”.Di akhir tahun 2014 kemarin,kartu plastik BNI ini sudah dapat dipergunakan untuk pembayaran pembuatan paspor melalui fasilitas mesin EDC (electronic data capture) BNI yang terpasang di 121 kantor Imigrasi di Indonesia.Dengan demikian,BNI menjadi penyedia layanan multi-channel & multi-bank pertama dalam pembayaran paspor di Indonesia yaitu dapat dilayani melalui uang tunai, ATM,Kartu Kredit dan Kartu Debit. Dengan pemasangan EDC BNI ini,Kantor Imigrasi dapat memberikan alternatif pembayaran sekaligus mempercepat layanan kepada masyarakat. Pembayaran paspor melalui “kartu plastik” BNI juga akan lebih memudahkan proses administrasi dan rekonsiliasi data‎ serta mengurangi risiko yang timbul dalam penanganan uang tunai.Inovasi layanan “kartu plastik” lainnya adalah produk layanan uang elektronik BNI TapCash,kini sudah bisa digunakan untuk pembayaran parkir di e-parking milik Reska,anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia.Penyediaan fasilitas e-Parking pada BNI TapCash ini merupakan suatu kerja sama dalam rangka membangun ekosistem transaksi uang elektronik di sektor transportasi serta mendukung program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang dicanangkan sejak 14 Agustus 2014 oleh Bank Indonesia.

Berbagai penghargaan yang diraih BNI

Berbagai inovasi dan layanan program BNI diatas baru sebagian kecil,masih banyak program dan layanan BNI lainnya yang bermanfaat.Dengan menyeimbangkan peningkatan kinerja untuk pencapaian tujuan bisnis dan pengembangan komunitas,BNI telah menerima berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri sebagai pengakuan atas produk,layanan dan kinerja unggul dari BNI, termasuk penghargaan program pemberdayaan masyarakat.Penghargaan-penghargaan itu menunjukkan bahwa BNI telah tumbuh dan berkembang menjadi bank nasional yang kokoh dan siap sebagai bank nasional dengan kemampuan global.Di usianya yang ke-69 di tahun 2015 ini,atas kinerja dan prestasinya berbagai penghargaan bergengsi telah berhasil diraih BNI beserta anak perusahaannya dari berbagai lembaga terkemuka baik nasional maupun internasional.Berikut ini berbagai penghargaan yang didapat oleh BNI serta anak perusahaannya sejak tahun 2009 hingga tahun 2015 :

Penghargaan BNI tahun 2009
  • GREEN LEADERSHIP AWARD 2009
    It is awarded to participant which has implemented energy efficiency, water conservation and recycling, developing green product, and incorporated an environment performance into their sustainable development strategy.
  • COMMUNITY ENGAGEMENT AWARD 2009
    It is awarded to participant which has programs to enhance the quality of life of the surrounding community, to give a better access to higher education for society, and other programs which involve the society in their business.
  • ASURANSI TERBAIK PERINGKAT 2 dari Media Asuransi Insurance Award 2009 untuk Kategori Aset Rp 100 Milyar - Rp 250 Milyar diberikan kepada BNi Life Insurance.
  • PERUSAHAAN ASURANSI TERBAIK 2009 Versi Majalah Investor untuk Kategori Aset Rp 500 Miliar - Rp 1,5 Trilyun diberikan kepada BNI Life Insurance.
  • Banking Service Excellence Awards dari IBLA (Indonesian Banking Loyalty Award) untuk BNI Syariah
Penghargaan BNI tahun 2010
  • CORPORATE ACTION BEYOND GREEN WITH BICYCLE 2010 (FROM B2W COMMUNITY)
  • INDONESIA GREEN BANKING AWARD 2010 (SILVER)
  • GREEN LEADERSHIP AWARD 2010
  • COMMENDATION FOR FIRST TIME SUSTAINABILITY REPORTING ON ISRA AWARD 2010
  • THE BEST LIFE INSURANCE COMPANY Versi Majalah Media Asuransi untuk Kategori Ekuitas Rp100 miliar - Rp250 miliar dalam Insurance Award 2010 diberikan kepada BNI Life Insurance.
  • Peringkat I THE MOST PRUDENT RISK MANAGEMENT Islamic Life dari Islamic Finance Award 2010 dan Karim Business Consulting diberikan kepada BNI Life Insurance.
  • THE BEST INSURANCE COMPANY 2010 untuk Kategori Asuransi Jiwa Beraset di atas Rp1 triliun - Rp2,5 triliun dari Majalah Investor diberikan kepada BNI Life Insurance.
  • The Best Achieving Total Customer Satisfaction dalam ajang ICSA 2010 untuk layanan Kartu Kredit pertama yang menginspirasi ber-wirausaha (BNI Syariah Hasanah Card)
Penghargaan BNI tahun 2011
  • Shortlisted Nominee “Sustainable Bank of the Year 2011” Asia Pacific Category.BNI masuk dalam shortlisted nominees“Sustainable Bank of the Year 2011″ Kategori Asia Pasifik. Penghargaan diberikan oleh Financial Times-International Finance Corporation pada 16 Juni 2011 di London Inggris.
  • Social Empowerment Award 2011.BNI memperoleh “Social Empowerment Award 2011” AREA Southeast Asia (Asia Responsible Entrepreneur Award – Southeast Asia). Penghargaan diberikan oleh AREA tanggal 10 Juni 2011 di Singapore.
  • Indonesia Green Award 2011.BNI memperoleh “Indonesia Green Award 2011” kategori Perbankan yang menjadi Penginspirasi Bumi melalui Visi Biru Aksi Hijau. Penghargaan diberikan oleh La Tofi School of CSR pada 28 September 2011 di Jakarta.
  • Indonesian CSR Award 2011 – Platinum.BNI memperoleh ICA Award 2011 Kategori Platinum di bidang Sosial untuk proyek CSR “Hutan BNI Kota Banda Aceh”. Penghargaan diberikan oleh CFCD (Corporate Forum for Community Development) pada 15 Desember 2011.
  • INDONESIA BRAND CHAMPION 2011 Versi Majalah Marketeers Award untuk Kategori The Best Customer Coice Islamic Life Insurance diberikan kepada BNI Life Insurance
  • BEST LIFE INSURANCE 2011 Versi Majalah Media Asuransi untuk Kategori Ekuitas Rp 100 - Rp 250 miliar diberikan kepada BNI Life Insurance
  • Bank BNI Syariah berturut turut memperoleh penghargaan yaitu First Best ATM 2011 dari Infobank MRI,iB Best Retail Banking 2011 dari 8th Islamic Finance Award,Rekor Muri untuk Replika Kartu Pembiayaan Terbesar-Hasanah Card 2011,Bank yang Berpredikat Keuangan Sangat Bagus 2011 dari InfoBank Award 17th dan Brand Equity Champion of Islamic Banking dari Indonesia Brand Champion 2011.
Penghargaan BNI tahun 2012
  • Sustainable Business Award 2012, 2 kategori: The Best State Owned Company dan Banking and Finance Champion
  • Indonesia Green Company Award 2012
  • SRI Kehati Award 2012
  • The Best Supporting Stakeholder dalam Kegiatan Edukasi Keuangan dalam Rangka Pengelolaan Remitansi untuk Kegiatan Produktif T.A 2012 Penghargaan Deputi Perlindungan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan & Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia)
  • Divisi Internasional BNI berhasil mempertahankan sertifikat ISO 9001 : 2008 tentang Quality Management System on Trade Processing Center dari SAI Global Australia pada 6 Agustus 2012.
  • Berbagai penghargaan untuk Bank BNI Syariah yaitu Brand Equity Champion of Islamic Banking 2012 kategori Gold Brand dari Indonesia Brand Champion 2012,Anugerah Peduli Pendidikan 2012 dari Program CSR Peduli Pendidikan Kategori Perusahaan/BUMN dan Bank Syariah Terbaik di Bidang Manajemen Risiko Operasional untuk Pertanggungjawaban Risk Owner
  • BNI mendapatkan kepercayaan untuk menjadi Bank Kustodian bagi PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Persero) atau Jamsostek,sekarang BPJS Ketenagakerjaan.
Penghargaan BNI tahun 2013
  • The Best Product Innovation of Financial Service Sector terkait produk jasa keuangan BNI berupa Modul Penerimaan Negara Mata Uang Asing (MPN Valas) dari Menteri BUMN di tengah acara Gelar Inovasi BUMN untuk Indonesia, BUMN Innovation Expo & Award 2013 di Jakarta, 27 Juni 2013.
  • BNI Syariah lagi lagi memboyong berbagai penghargaan diantaranya The Champion of Medan Service Excellence Award,Kinerja Keuangan 2012 Sangat Bagus dari The Best Sharia Finance Award,Anugerah Perbankan Indonesia 2013 dari Human Capital, Marketing & Information Technology,The Best Corporation for Learning Organization 2013 dari Anugerah Business Review 2013,The Best CEO of The Year 2013 dari Anugerah Business Review 2013,Delivering Positive Customer Experience dari Excellent Service Experience Award 2013,Silver Brand Champion of Most Popular Brand 2013 dan Bank Predikat Baik Laporan Keuangan 2012

Penghargaan BNI tahun 2014
  • Meraih 2 medali emas untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014.
  • The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014.
  • Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014.
  • The Best Local Cash Management Bank in Indonesia,The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service dari Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014).
  • Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project: Indonesia Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September 2014).
  • The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014).
  • Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014).
  • Emiten Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Bisnis Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014.
  • Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service.
  • Peringkat Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014.
  • The Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari Letter The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014, Kuala Lumpur, 21 Mei 2014.Berkat peningkatan layanan trade (perdagangan internasional) serta peningkatan dalam bisnis bank to bank baik dalam lingkup domestik maupun internasional.
  • The Best Emiten Sektor Perbankan dari Majalah Investor, Jakarta, 8 Mei 2014.
  • Memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014. BNI menjadi bank pertama yang mendapatkan akreditasi tersebut.
  • Best Cash Management Bank for Indonesia dalam Asia-Pacific Country Transaction Bank Awards dari The Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014.
  • Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management and The Board of Director dari majalah Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014.
  • Gatot M. Suwondo CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014.
  • The Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan menyandang status Smart Remittance terbaik sejak 2009 hingga 2013 dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast Asia Magazine, di Kualalumpur, 23 Januari 2014.
  • The Best International Banking Division of The Year 2014 in Southeast Asia (Marquee Award) 2014 dari Alpha Southeast Asia,Jakarta 25 Agustus 2014. BNI menjadi bank yang memiliki Divisi Internasional terbaik di Asia Tenggara
  • The Best Trade Finance Bank in Indonesia Selama lima tahun beruturut-turut (2009-2013) dari Alpha Southeast Asia Magazine berkat pelayanan jasa Trade Finance sebagai produk perbankan bertaraf internasional yang terbaik dan terdepan, sehingga mampu menciptakan kepuasan kepada pelanggan dan Counterparty.
  • BNI meraih penghargaan sebagai bank persepsi dengan Layanan Penerimaan Negara Terbaik 2014 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk 9 wilayah yaitu Batam, DKI Jakarta,Daerah Istimewa Yogyakarta,Banjarmasin,Mamuju,Kendari,Gorontalo,Ternate dan Manado.Aplikasi BNI e-Tax untuk pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Kepabeanan memudahkan nasabah dalam menyelesaikan pembayaran pajak yang terhubung langsung realtime online dengan sistem perpajakan pemerintah.
  • Berikut ini berbagai penghargaan yang diraih oleh BNI Syariah,anak usaha dari BNI :
    • The Most Favourite Bank for Sharia Financing dari Housing Estate Favourite KPR Awards 2014
    • Anugerah Perbankan Indonesia 2014 untuk Peringkat 1 Bank Syariah Buku 2 modal inti Rp 1 T – Rp 5 T dari Economic Review
    • Anugerah Perbankan Indonesia 2014 untuk Best CEO Leadership kategori Bank Syariah non Tbk dari Economic Review
    • Infobank Sharia Finance Awards 2014 predikat sangat bagus kategori Bank Syariah aset 1 – 10 Triliun
    • Indonesia Banking Award 2014 kategori The Most Reliable Bank dari Koran Tempo
    • Indonesia Banking Award 2014 ketegori Bank Umum Syariah buku 2 dari Koran Tempo
    • Annual Report Award 2013 Juara 1 kategori Private Keuangan Non Listed
    • Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014 kategory Mortgage Islamic Bank dari Markplus
    • Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014 kategory Saving Account Islamic Bank dari Markplus
    • The Indonesia Middle Class Moslem Brand Champion Category KPR Syariah dalam ajang The Indonesia Middle Class Moslem Brand Champion 2014 dari Majalah Swa dan Inventure
    • The Indonesia Middle Class Moslem Brand Champion Category Sharia Saving dalam ajang The Indonesia Middle Class Moslem Brand Champion 2014 dari Majalah Swa dan Inventure
    • Best Syariah 2014 Kategori Bank Syariah Aset Lebih Dari 10 T dalam ajang Best Syariah 2014 dari Majalah Investor
    • Bank yang Berpredikat Sangat Bagus Untuk Kinerja Keuangan Tahun 2013 dalam ajang Infobank Award ke 19 dari Majalah Infobank
    • Delivering Positive Customer Experience dalam ajang Excellent Service Experience Award 2014 dari Bisnis Indonesia & Carre
    • Digital Brand Deposito Bank Syariah dalam anjang Infobank Digital Brand of The Year 2013 dari Majalah Infobank
    • Digital Brand Tabungan Bank Umum Syariah dalam ajang Infobank Digital Brand of The Year 2013 dari Majalah Infobank
    • Digital Brand KPR Syariah dalam ajang Infobank Digital Brand of The Year 2013 dari Majalah Infobank
    • Digital Brand Bank Umum Syariah dalam ajang Infobank Digital Brand of The Year 2013 dari Majalah Infobank

Penghargaan BNI 2015
  • Indonesia Living Legend Company Category State-Owned Bank for Countinous Innovation 2015 dari Majalah Warta Ekonomi, Jakarta (11 Juni 2015).
  • The Best Performance Walk in-Channel sekaligus mempertahankan Best Overall Performance Ranking Kedua berdasarkan survei Banking Service Excellence Monitor (BSEM) dari Marketing Research Indonesia (MRI) dan Majalah Infobank, Jakarta (4 Juni 2015).
  • The Most Favourite Leadership dari Indonesia Property and Bank Award (IPBA) 2015 dari Majalah Property & Bank di Jakarta, 21 Mei 2015. Diterima oleh perwakilan CMM.
  • The Asian Banker Transactional Banking Award 2015 sebagai Best Cash Management Bank in Indonesia dan Leading Counterparty Bank in Indonesia dari Majalah The Asian Banker, Hong Kong (14 April 2015).
  • Peringkat Pertama Digital Brand of The Years dari iSentia dan Infobank untuk Produk BNI Taplus dan Kartu Debit BNI, Jakarta, Kamis (26 Maret 2015)
  • Best Remittance Provider 6 tahun berturut-turut, Best Trade Solution of the Year in Southeast Asia 5 tahun berturut-turut, Best Payable Solution 4 tahun berturut-turut, Best Cross Border Merger & Acquisition Deal of The Year (BNI Life) and co-financial advisers (BNI Securities) serta Best Loan Deal of the Year untuk proyek Commuter Line PT Kereta Api Indonesia bersama 4 bank lainnya.
  • Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, serta Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment dari Majalah Finance Asia.
  • Top Brand Award untuk produk BNI Taplus Anak dan BNI Tapenas dari Majalah Marketing di Jakarta, 13 Februari 2015.
  • Pioneer in Green Finance in Indonesia dalam SBA Award dari PricewaterhouseCoopers (PwC) dan Kadin Indonesia dan IBCSD (Indonesia Business Council for Sustainable Development) Jakarta 25 Februari 2015.
  • Penghargaan yang diperoleh oleh BNI Syariah,anak usaha BNI yaitu
    • Service Quality Award 2015 dari Sharia Banking
    • Customer Loyalty Award dari Net Promoter Score Good for Sharia Banking
    • The Best Champion of Jabodetabek dari Markplus WOW Service Excellence Award 2015
    • Infobank Digital Brand of The Year 2015 dari Peringkat 1 Kategori KPR Syariah
    • Top Brand Award 2015 untuk kategory Sharia Bank dari Frontier dan Majalah Marketing
    • Indonesia InHouse Magazine Awards 2014 peringkat Bronze Winner kategori The Best of Private Company InHouse Magazine 2015


Sederet penghargaan yang didapat BNI beserta anak perusahannya tersebut diatas menjadi bukti prestasi dan pengakuan dari institusi nasional dan internasional bahwa BNI secara terus menerus melakukan penyempurnaan pelayanan secara tanpa henti.Keberhasilan mendapatkan penghargaan tingkat dunia tersebut membuktikan bahwa BNI memiliki People,Process dan System yang handal dan tidak kalah bersaing dengan perusahaan lainnya serta memiliki daya saing yang kuat dan memiliki kompetensi dan layanan bertaraf Internasional.

Berbekal nilai nilai budaya kerja perusahaan seperti profesionalisme,integritas,orientasi pelanggan dan perbaikan tiada henti serta didukung kinerja dan performa yang senantiasa berkembang,tumbuh semakin maju dan mengukir prestasi,memudahkan target BNI untuk mewujudkan visi dan misinya Menjadi bank yang unggul,terkemuka dan terdepan dalam layanan dan kinerja baik di lingkup domestik maupun internasional.Unggul dalam bidang human capital yang berkualitas, proses bisnis internal yang memberi nilai bagi nasabah melalui improvement dan inovasi melalui produk/jasa yang beragam dan terpadu, serta pengelolaan perbankan berkualitas dengan risiko terukur. Terkemuka adalah menjadi bank pilihan utama dengan kualitas layanan terbaik yang pada akhirnya akan menjadikan BNI ‘terdepan’ dalam hal kinerja keuangan yang berkualitas dibandingkan perusahaan lain sehingga memberikan kualitas investasi yang memuaskan bagi segenap pemangku kepentingan.

Akhirnya dengan gelora “Semangat 46” didukung dengan sejarah yang kaya,kondisi finansial
yang kuat,sumber daya manusia yang unggul dan teknologi yang andal,kita yakin BNI telah berada
di jalur yang tepat untuk menjadi bank nasional yang berkemampuan global.Semoga target tersebut tercapai.Amien



No comments: