Wednesday, July 9, 2014

Update selalu dengan Nokia Lumia

         Dekade awal tahun 2000-an siapa sih yang tidak kenal dengan ponsel merk Nokia. Ponsel Nokia yang terbukti irit baterai,handal,mudah pengoperasiannya dan design cover yang terbaik dibanding produk kompetitior lainnya.Bisa dikatakan 70% ponsel yang beredar di pasaran Indonesia bermerk Nokia.Walaupun kemampuan ponsel waktu itu masih sangat sederhana,hanya untuk telepon maupun sms saja.Belum banyak ponsel yang beredar yang bisa untuk akses internet.Setelah munculnya ponsel berkamera,barulah diperkenalkan layanan kirim gambar/MMS.Berlanjut kemudian beberapa mulai disematkan peramban untuk akses internet walaupun yang bisa ditampilkan hanya teks saja. Sejal saat itu revolusi perkembangan teknologi ponsel dimulai.berbagai bentuk dan kemampuan ponsel mulai diciptakan dan dipasarkan. Tak ketinggalan juga Nokia yang sebelumnya masih bertahan dengan paradigma lama,mulai berinovasi mengikuti perkembangan teknologi telekomunikasi.Diluncurkanlah ponsel Nokia dengan teknologi layar sentuh dengan nama Lumia series.Ditengah persaingan ketat sistem operasi ponsel antara Android dan iOS,Nokia memilih menggunakan sistem operasi besutan Microsoft, Windows Phone. Bagi saya yang orang desa,sistem operasi Windows Phone ini sampai saat ini belum pernah mencicipinya.Hanya bisa membaca review produk ponsel berbasis Windows phone dari berbagai kalangan,yang kadang tidak banyak membahas secara detail sistem operasi Windows Phone ini. Jadi ya..hanya bisa membayangkan saja.

                                                                       ************
         Beberapa hari yang lalu,komputer yang biasanya saya dan teman-teman kantor untuk akses internet diganti total.Dari yang dulunya memakai sistem operasi Linux Mint berganti ke sistem operasi Windows 8,original tentunya. Pergantian sistem operasi tersebut ternyata ada maksudnya. Sebelumnya dengan memakai Linux Mint, divisi IT mengeluh di update software dan segala macamnya yang harus dilakukan secara manual. Jadi harus mendatangi satu persatu komputer yang dipakai mengakses internet tersebut. Repot khan.. Maka digantilah dengan sistem operasi Windows 8 tersebut.Nah di Windows 8 ini tidak perlu update secara manual, semua update software bisa disetting secara otomatis. Jadi mengurangi beban pekerjaan divisi IT. Pertama kali berkenalan Windows 8 memang ada yang terasa aneh dan ganjil.Mungkin saya belum familier saja..jadi terasa sedikit bingung saja. Tampilannya beda dengan keluarga Windows lainnya. Setelah otak-atik sebentar,ketemu juga caranya operasikan Windows 8 ini. Lebih simple dan lebih cepat loading awalnya.

                                                    Tampilan Homescreen Windows 8 (dok.pri)

Kembali ke Ponsel Nokia Window Phone
          Melihat tampilan depan (homescreen) dari Windows 8 diatas, saya jadi teringat dengan tampilan ponsel Nokia berbasis Windows Phone,yang banyak berseliweran di internet. Sekarang kita lihat halaman depan dari Nokia Lumia 1520,phablet Nokia terbaru.
Sekarang kita lihat halaman depan dari Nokia Lumia 1520,phablet Nokia terbaru.


Tampilan fisik Nokia Lumia 1520 (dok.infohandphone.com)

         Gimana homescreennya Nokia Lumia 1520? Persis khan dengan tampilan Windows 8 di komputer desktop. Bedanya kalau di komputer tampilannya model landscape,sedangkan di ponsel menjadi potrait. Melihat spesifikasi dari Nokia Lumia 1520 ini untuk sistem operasinya memakai Windows 8 juga. Sepertinya kalau saya mempunyai ponsel Nokia Lumia 1520 ini tidak akan ada kesulitan untuk pengoperasiannya. Kalau di komputer,kita masih membutuhkan bantuan mouse dan keyboard,di ponsel ini karena sudah memakai layar sentuh tipe IPS LCD berukuran 6” membuat saya sangat leluasa menavigasi menu-menu pada layar Nokia Lumia 1520 ini. Untuk penyimpanan internalnya pun sudah cukup besar,32 GB. Cukup menampung beragam aplikasi,file mp3 maupun video.Kapasitas memori RAM-nya pun tidak kalah dengan versi komputer desktop. Dengan mengusung kapasitas RAM 2 GB, membuat aktifitas multitasking jadi semakin nyaman. Salah satu keunggulan dari ponsel produksi Nokia ini adalah disematkannya fitur fotografi dengan kamera dari Carl Zeiss berkekuatan 20 MP untuk kamera belakang dan 1.2 MP untuk kamera depan. Jadi untuk aktifitas video call (skype) pun Lumia 1520 ini sudah bisa. Untuk mendukung akses internet,Lumia 1520 sudah menyandang gelar 4G LTE dan 3G HSDPA.Sayangnya untuk jaringan 4G LTE operator telekomunikasi di Indonesia masih belum mendukung,masih dalam taraf ujicoba operasi.

                                                                       ************
            Kalau saya boleh berandai-andai,andai saya mempunyai dana untuk membeli ponsel Nokia Lumia 1520 ini,banyak hal yang dapat saya lakukan bersamanya.Dengan teknologi live tile-nya,saya tidak perlu membuka aplikasi untuk update status,notifikasi,membaca pesan hingga berita.Semua itu bisa saya lihat langsung di homescreen. Jadi pastinya saya tidak ketinggalan berita dan tentunya jadi yang pertama tahu informasi. Selain itu tiles (kotak-kotak) di homescreen tersebut dapat saya atur sesuai dengan keinginan saya. Jadi mau update status,reply dan retweet di twitter gak usah susah-susah,cukup dari home screen sudah bisa.Mau lihat status teman di facebook pun juga mudah dan simple. Mau lihat kondisi cuaca juga langsung ketahuan.Jadi gak perlu takut salah kostum gara gara gak tahu cuaca khan....



Top 10 Windows Phone Live Tiles by mobilegeeks

       Aplikasi wajib yang perlu saya tempatkan di homescreen tersebut tentu saja aplikasi sosial media (facebook & twitter),program office,aplikasi peta Here Maps,Channel berita online (detik.com,kompas.com,kontan.co.id),program peramban internet (Mozilla Firefox maupun IE) tidak ketinggalan aplikasi games.Aplikasi fotografi dan video juga wajib saya taruh di homescreen.Tinggal klik aplikasi favorit saya tersebut di homescreen,langsung deh terbuka aplikasinya dan siap digunakan.

 
         Windows Phone 8 start screen and feature

           Lebih seru dan mengasyikan memakai Nokia Lumia 1520 ini, tidak perlu lagi mencari icon aplikasi seperti di sistem operasi Android. Lebih simple dan gampang dan pastinya selalu update dengan beragam informasi. Inilah ciri khas dari produk Nokia,user freindly banget.

                                                                         ************

           Karakteristik ponsel sekarang adalah selalu tersambung dengan jaringan internet terus menerus,24 jam sehari. Untungnya sekarang penyedia layanan seluler sudah menyediakan akses internet via ponsel dengan beragam tawaran harga yang kompetitif. Kecepatan akses datanya pun sudah lumayan cepat.Dan Nokia dengan Windows Phone-nya sudah mengakomodir dan mengantisipasinya. Hanya sayangnya pilihan aplikasi windows phone yang ada pada apps Windows Store tidak sebanyak dan semenarik Android (Google Play).Ini menjadi tantangan dari developer program aplikasi dari Windows menghasilkan beragam aplikasi yang menarik dan kalau bisa tentu saja gratis.Selain itu untuk ukuran slot SIMCard-nya Nokia Lumia 1520 inipun juga beda dengan ponsel lainnya.Biasanya yang dipakai adalah micro SIM,maupun SIM biasa,Nokia Lumia 1520 ini memakai nano SIM.Jadi kita harus memotong lebih kecil lagi dibanding micro SIM. Tapi melihat tampilan serta spesifikasi yang diusung Nokia Lumia 1520 ini, tidak perlu diragukan lagi untuk memilikinya suatu saat nanti. Semoga terkabul. (@dwisnfkaafi)

2 comments:

Melly Feyadin said...

Terima kasih sudah ikutan giveaway diblogku ya :)

Unknown said...

Ikut meramaikan bu...