Wednesday, September 9, 2015

Atasi Macet di Jakarta,Ini Harapanku pada Polisi


Setiap hari kita menyaksikan berita kemacetan jalan-jalan protokol di ibukota Jakarta yang semakin hari bertambah parah terutama pada jam kerja.Dibutuhkan sinergi nyata dari Pemda DKI, Polda Metro Jaya dan masyarakat untuk memecahkan kemacetan tersebut dengan solusi yang menyeluruh seperti penerapan ERP,pembatasan kendaraan pribadi dengan nomor ganjil genap serta pembatasan usia kendaraan.Pemda menyosialisasikan program tersebut secara massif melalui media cetak, elektronik dan penyuluhan langsung.Dibarengi dengan pembangunan transportasi publik yang nyaman dan hemat biaya.Diawal penerapannya,polisi lalu lintas dalam jangka waktu tertentu hanya memberikan peringatan lisan kepada pelanggar tanpa dikenai denda.Bagi masyarakat harus mengerti dan menyadari adanya aturan tersebut serta harus merubah kultur berkendara yang buruk. Bila semuanya sudah siap,aturan dapat diterapkan sebagaimana mestinya.

Untuk mewujudkan lalu lintas di Jakarta yang aman,selamat,tertib,lancar serta nyaman,saya menyarankan sebaiknya polisi :

  1. Memberikan keteladanan berdisiplin lalu lintas mulai dari pucuk pimpinan tertinggi hingga anggota polisi baru.
  2. Penegakan hukum secara konsisten dan berkelanjutan kepada semua kalangan.Segala pelanggaran peraturan lalu lintas dilakukan penindakan surat tilang.
  3. Selektif dalam memberikan diskresi bagi pengguna jalan untuk memperoleh hak utama didahulukan terutama konvoi kendaraan yang memicu polemik publik.
  4. Giat melakukan sosialisasi dan internalisasi tata cara dan etika berlalu lintas serta program Keamanan dan Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
  5. Pada lokasi yang sering macet maupun rawan macet,ditempatkan polisi yang berwenang melakukan rekayasa lalu lintas pada keadaan tertentu.
  6. Mendayagunakan segala saluran komunikasi untuk memberikan informasi terkini kondisi lalulintas di Jakarta kepada masyarakat.

Dengan menjunjung integritas,siap melayani dan mengayomi segenap warga,semoga polisi menjadi idola masyarakat.DIRGAHAYU Polisi Lalu Lintas ke-60.

No comments: