Sunday, March 15, 2015

10 Resep Tidur Nyenyak Sepanjang Malam


Aktivitas tidur menjadi aktivitas yang penting dan diperlukan oleh tubuh kita untuk beristirahat sebentar dari beban pekerjaan.Seperti halnya mesin kendaraan yang setiap bulannya menjalani servis rutin,begitu pula mesin di tubuh kita setiap malamnya juga menjalani istirahat.Bila dipaksakan bekerja terus menerus akibatnya kondisi tubuh kita lama kelamaan juga akan jebol. Akhirnya opname di rumah sakit,keluar duit lagi dan disana toh kita disuruh istirahat dengan tiduran.Jadi jangan anggap sepele aktivitas tidur tersebut.

Semua orang pasti menginginkan dapat beristirahat di malam hari dengan tidur nyenyak.Anak-anak, remaja apalagi orang tua,semua pasti ingin tidur nyenyak.Tapi tidak semua orang bisa melakukannya.Beragam sebab yang membuat sebagian orang tidak dapat menikmati enaknya tidur nyenyak.Entah karena beban pekerjaan yang menyebabkan pikiran menjadi ruwet,stress berat,kecanduan obat obatan,terkena penyakit susah tidur ataupun terganggu suara dan gigitan nyamuk.Nah,gangguan yang terakhir ini yang membuat jengkel semua orang.Suara nguing nguing disekitar telinga kita itu lho yang membuat kita jengkel.

Nah agar aktivitas tidur kita bisa lebih nyenyak dan nyaman,berikut ini 10 resep yang telah saya paktekkan sendiri selama ini dan saya tularkan kepada anak anak saya.

  1. Biasakan untuk mandi di sore hari.Dengan tubuh yang bersih serta segar aktivitas tidur malam pun akan terasa nyaman.Berbeda halnya bila di sore hari kita tidak mandi setelah beraga aktivitas di siang harinya.Selain badan tidak terasa nyaman,sisa bau keringat yang masih menempel di tubuh kita akan mengundang nyamuk nyamuk untuk mengigit.Ada petuah dari orang tua agar di waktu petang menjelang malam setelah Maghrib,walaupun terasa ngantuk banget,bertahanlah untuk tidak tertidur.Kenapa?Karena kemungkinan besar tengah malamnya akan terbangun (bahasa jawanya;nglilir). Biasanya kalau sudah begitu mau tidur lagi butuh waktu lama untuk memejamkan mata.
  2. Sebelum adzan maghrib berkumandang,tutuplah semua jendela yang ada dirumah kita.Di waktu waktu tersebut,nyamuk nyamuk itu keluar dari sarangnya untuk mencari makan. Lebih bagus lagi bila ada lubang angin yang biasanya ada diatas setiap jendela kita, dipasangi kawat membran berlubang kecil yang nyamuk tidak dapat menembusnya.
  3. Rapikan tempat tidur dan bersihkan permukaan sprei tempat tidur kita dengan sapu lidi kecil.Fungsinya untuk membersihkan hewan hewan penganggu kenyamanan kita tidur seperti hewan semut dan kecoa yang disebabkan karena bekas makanan.Makanya para orang tua dulu melarang anak anaknya makan di tempat tidur.Fungsi lainnya adalah untuk menghilangkan aura negatif yang ada di tempat tidur.Pernah dengar khan,cerita orang lagi tidur diganggu makhluk tak kasat mata.
  4. Jangan biasakan mengantung pakaian yang telah kita pakai di belakang pintu.Bekas bau keringat kita akan memancing nyamuk nyamuk itu hinggap dan bersembunyi di sela sela pakaian kita tersebut.Selain itu taruh semua perabotan permainan anak kita dalam wadah yang tertutup terutama mainan boneka serta mainan dari bahan kain dan plastik.
  5. Makan malamlah secukupnya.Jangan biarkan perut dalam kondisi kosong.Tidur dalam kondisi lapar dijamin tidak akan nyenyak.Aktivitas tidur malampun sebenarnya kita masih membutuhkan energi yang cukup,hanya makan malamnya jangan sampai kekenyangan. Efeknya nanti malah perut jadi sakit,jadi susah tidurnya.
  6. Pasang obat anti nyamuk.Dari beragam produk anti nyamuk yang beredar di pasaran,ada yang dibakar,MAT elektrik serta liquid elektrik,saya sarankan gunakan Baygon Liquid Elektrik.Produk terbaru Baygon Liquid Elektrik ini ada 3 jenis yaitu Baygon Liquid Elektrik Base,Dual Power dan Advanced.

          Ada 3 kelebihan dari produk Baygon Liquid Elektric ini yaitu tanpa asap,tanpa repot dan
          pastinya tanpa nyamuk.Keunggulan lainnya,pemanas Baygon Liquid Elektrik ini lebih 
          ramping,rata dengan dinding rumah kita dan tanpa kabel.Hemat listrik hanya 3W saja dan 
          efektif mengusir nyamuk dan melindungi ruangan sampai 30m3.sepanjang malam hingga
          45 malam dengan penggunaan 8 jam per hari.Aromanya yang lembut dengan 3 varian isi
          ulang dengan keharuman istimewa bekerja tanpa menimbulkan asap yang dapat
          menimbulkan sesak nafas. Sehingga tidak mengganggu kesehatan pernapasan dan iritasi
          pada mata.
  1. Sebelum beranjak ke tempat tidur,lakukan aktivitas wajib berikut ini;gosok gigi dan mencuci kaki.Kenapa harus gosok gigi sebelum tidur malam?Karena aktivitas kuman di dalam mulut penyebab kerusakan gigi tidak pernah tidur dan berkembang biak 2x lebih banyak di malam hari.Sedangkan mencuci kaki sebelum tidur dimaksudkan agar kondisi kaki kita tetap bersih dikala tidur dan dapat mencegah penyakit menular seperti cacingan.Larva cacing tersebut dapat masuk melalui pori pori kulit lalu menetap di dinding usus.Bila dibiarkan kondisi cacingan tersebut,dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan anak lho.
  2. Gunakan pakaian tidur yang terbuat dari bahan katun.Pakaian ini bisa menyerap keringat yang ditimbulkan karena kondisi cuaca malam hari yang bikin gerah.Jadi masih bisa tidur nyenyak walaupun udara malam sedang tidak bersahabat.
  3. Gunakan posisi tidur senyaman mungkin dan minimalkan cahaya lampu penerangan di kamar tidur.Lebih baik tidur terlentang daripada tengkurap.Bagi sebagai orang kondisi gelap lebih cepat membuat tertidur daripada kondisi lampu remang remang maupun terang benderang. Nah,bagi yang kelelahan setelah bekerja disiang harinya hingga kaki terasa pegal,taruhlah bantal di bawah kaki kita agar peredaran darah di kaki kita lebih lancar disaat kita tidur.
  4. Berdoalah sebelum tidur.Dengan berdoa,hati kita akan terasa tenang dan tidur kita akan terasa nyaman dan lebih nyenyak,juga terhindar dari bunga bunga tidur alias mimpi buruk.

Untuk tambahan referensi agar kualitas tidur kita terutama anak anak kita dapat tidur lebih nyaman dan nyenyak bebas dari gigitan nyamuk,silahkan simak video dibawah ini.


Terima kasih semoga bermanfaat.

No comments: