Masih
terbayang dalam ingatan kita,krisis ekonomi yang mendera negara Asia
yang kemudian menjalar ke Indonesia pada tahun 1998 membawa dampak
buruk di segala sektor kehidupan tidak terkecuali dunia
perbankan.Saat itu roda perekonomian Indonesia bukan lagi berjalan di
jalan tol yang halus dan mulus melainkan harus melewati jalan terjal
seperti medan off road.Banyak bank yang harus dilikuidasi karena
tidak kuat melewati terjalnya medan off road tersebut atau terpaksa
merger dengan bank lain agar tetap bisa bernafas.Diantara bank swasta
dan bank plat merah yang berhasil lolos dari lubang jarum krisis
ekonomi dan tetap "survive"
hingga saat ini adalah BNI.
Kesuksesan
BNI melewati hantaman krisis ekonomi pada tahun 1998 tersebut didapat
tidak langsung jatuh dari langit tapi melalui perjuangan panjang
sebelumnya.Transformasi perubahan yang digagas oleh Sigit
Pramono,Dirut BNI di tahun 2005 yang kemudian dilanjutkan dengan
sentuhan tangan dingin dan profesionalnya Gatot
Mudiantoro Suwondo yang dipercaya menjabat sebagai CEO pada 6
Februari 2008 telah berhasil merubah pola pikir (mindset) karyawan
BNI dari kultur birokrat ke orientasi bisnis.Kultur lama yang begitu
melekat secara perlahan lahan dirubah dengan saling membangun
kepercayaan diantara karyawan dan dibarengi dengan konsolidasi
internal selama berbulan bulan tersebut akhirnya membuahkan hasil.
Kini,lihatlah
wajah BNI sekarang ini.Bank plat merah ini telah mencapai prestasi
terbaiknya sepanjang sejarah sejak berdiri pada 5 Juli 1946.Meskipun
diwarnai dengan tantangan kondisi perekonomian yakni perlambatan
pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) dan gejolak perekonomian
internasional, BNI tetap dapat menunjukkan kinerja keuangan yang
solid di tahun 2014.Pertumbuhan
itu ditopang oleh pendapatan operasional BNI yang bersumber dari
pertumbuhan pendapatan bunga bersih (net interest income/ NII) yakni
dari Rp 10,8 triliun atau naik 19,1% dibanding laba bersih tahun 2013
yang sebesar Rp 9,1 triliun yang diikuti dengan kenaikan laba bersih
per dari Rp 486 menjadi Rp 578.Melonjaknya pertumbuhan pendapatan
bunga bersih tersebut merupakan konsekuensi dari pertumbuhan kredit
yang secara ekspansif dilakukan BNI.Pertumbuhan kredit ini tetap
didukung dengan fundamental yang kuat dimana tingkat kecukupan
permodalan atau capital
adequacy ratio (CAR)
tetap terjaga baik,naik dari 15,1% menjadi 16,2% .
Selain
itu pertumbuhan pendapatan tersebut juga terjadi karena nasabah
merasa nyaman dengan berbagai inovasi layanan BNI.Kenyamanan itu
muncul sebagai hasil dari investasi BNI pada sarana transaksi yang
semakin lengkap, yaitu per
31 Maret 2015 memiliki 1.772
outlet yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten dengan
jumlah kantor cabang 168 unit dan kantor kas 367 unit.Untuk
melengkapi pelayanan kepada masyarakat,BNI juga memiliki 24 Sentra
Kredit Menengah (SKM), 58 Sentra Kredit Kecil (SKC),111 Unit Kredit
Kecil (UKC) dan 12 Consumer
and Retail Loan Center (LNC)
yang terbesar di seluruh Indonesia.Sedangkan untuk jaringan
elektronik,per 31 Maret 2015, BNI memiliki 14.082
ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota termasuk 6
ATM di luar negeri yaitu 4 ATM di Hong Kong dan 2 ATM di
Singapura.Lokasi Atm BNI ini terletak diberbagai lokasi strategis
yang mudah dijangkau oleh masyarakat seperti di pusat
perbelanjaan,rumah sakit,minimarket,kampus dan SPBU.Jaringan ATM BNI
itu diperkuat juga oleh 49.933 berlogo ATM LINK,70.825 berlogo ATM
Bersama serta 82.095 berlogo jaringan ATM PRIMA.Selain itu terdapat
juga fasilitas phone
banking 24
jam 7 hari BNI Call 500046 atau melalui ponsel (021) 500046 dan
68888, serta SMS Banking dan BNI Internet Banking yang beralamat di
www.bni.co.id. Kesemua layanan tersebut diperuntukkan untuk melayani
dan
memberikan kenyamanan
semua kebutuhan transaksi perbankan nasabahnya dengan dilengkapi
ratusan fitur transaksi.
Sedangkan
bagi nasabah institusi bisnis,BNI memberikan layanan cash
management secara
online,trade
finance,perdagangan
internasional (ekspor/impor) dan remittance/pengiriman
uang yang didukung oleh jaringan cabang luar negeri dan 1.675
koresponden di seluruh dunia,baik bank maupun non bank.Saat ini
diantara bank bank BUMN yang ada di Indonesia,BNI 46 tercatat sebagai
bank BUMN yang paling banyak memiliki kantor cabang di luar negeri
yaitu lima
kantor cabang. Yaitu di London, New York, Tokyo, Singapura, Hong
Kong; satu sub
branch di
Osaka; Limited
Purpose Branch di
Singapura; dan satu anak perusahaan di Hong Kong, BNI
Remittance Limited,
yang khusus menangani transaksi kiriman uang.Remittance
representative officer yang
tersebar di Malaysia, Korea Selatan, Hong Kong,Qatar, Bahrain, Uni
Emirat Arab, Belanda dan Amerika Serikat. Saat ini BNI
memiliki lebih dari 60 Kantor Virtual tersebar di Arab Saudi,Uni Arab
Emirate,Qatar, Kuwait, Oman,Bahrain,Taiwan,Hong
Kong,Malaysia,Brunei,Singapura, Australia dan Belanda.Itulah
komitmen BNI
untuk
“menjembatani Indonesia dan dunia”.
Sedangkan
jaringan BNI Smart
Remittance didalam
negeri
dilayani
dilebih dari 1.600 outlet
BNI
serta agen BNI yaitu Pos Indonesia, Alfamart, Pegadaian, Bank
Perkreditan Rakyat (BPR) dan mitra lainnya yang telah bekerjasama
dengan total sebanyak 16.000 outlet.
Dengan
adanya kantor cabang BNI di luar negeri tersebut,semakin memudahkan
bagi warga negara Indonesia yang sedang belajar,bekerja ataupun
sedang travelling dalam melakukan transaksi perbankan seperti
pengiriman uang,penukaran valuta asing ataupun melakukan pembayaran
tagihan dan penyetoran tabungan.
Untuk
memperluas jaringan usahanya dan memberikan layanan keuangan
terpadu,khususnya di industri keuangan, BNI memiliki 4 anak
perusahaan yaitu BNI Syariah (perbankan syariah), BNI Life
(perasuransian), BNI Securities (pasar modal) dan BNI Multifinance
(pembiayaan).
Untuk
memberikan kemudahan dan keleluasaan akses bagi nasabah dalam
bertransaksi terutama di lokasi-lokasi yang terbatas ketersediaan
gedung atau lahannya,antara lain di pelabuhan,bandara dan kawasan
industri,pada tanggal 16 Desember 2014 tepatnya BNI membuat terobosan
terbaru. Yaitu dengan membangun fasilitas pelayanan inovatif dalam
bentuk Outlet Peti Kemas (Container Outlet) di Surabaya tepatnya di
Bandar Udara Juanda dan di kawasan Pembangkit Jawa Bali (PJB).
Container Outlet ini merupakan container banks yang pertama kali
dibuka di Indonesia. Keuntungannya membangun Outlet Peti Kemas ini
adalah karena cukup efektif & efisien dalam proses
pembangunannya,relatif lebih mudah dan cepat dibanding membangun atau
menyewa outlet
di
gedung.Selain itu peti kemas yang sifatnya movable
sehingga
dapat dengan mudah dan cepat dipindahkan apabila diperlukan,baik
disebabkan karena perubahan zona lokasi maupun perubahan atau
pergeseran lokasi bisnis.
Selang
beberapa hari kemudian,BNI juga menghadirkan inovasi terbaru
lainnya.Tepatnya pada tanggal 22 Desember 2014 di kota Malang,Jawa
Timur BNI meluncurkan secara resmi beroperasinya ATM Sepeda
Motor.Alasan pendirian ATM ini karena melihat perkembangan sepeda
motor yang sangat pesat terutama di kota Malang.Dengan adanya ATM
tersebut,pengendara sepeda motor cukup berhenti didepan mesin
ATM,tidak perlu mematikan mesinnya dan tidak usah parkir atau
membayar biaya parkir lagi.Dengan adanya inovasi tersebut,BNI menjadi
satu-satunya bank di Indonesia yang memiliki konsep tersebut untuk
diterapkan di kota-kota besar lainnya.
Berbagai
inovasi layanan tersebut diatas menjadi salah satu faktor kesuksesan
pertumbuhan kinerja perusahaan.Faktor lainnya adalah berkat perbaikan
kinerja yang terus dikembangkan,tidak hanya pada layanan perbankan
konvensional seperti kredit dan peningkatan dana pihak ketiga
melainkan juga perbaikan kualitas layanan ekstra,seperti cash
management hingga trade finance. Kesemua itu dilakukan dengan
komitmen yang kuat,kerja keras,senantiasa berorientasi pada pelanggan
serta komitmen mempersembahkan nilai-nilai yang terbaik bagi seluruh
stakeholders.
Dukungan
BNI 46 terhadap Industri kreatif
Dalam
mengemban salah satu misi bisnis BNI yaitu meningkatkan kepedulian
dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial, BNI konsisten
dalam membantu pengembangan pertumbuhan industri yang tumbuh di
komunitas masyarakat.Salah satunya yaitu pengembangan industri
kreatif. Serangkaian kepedulian BNI dalam mewujudkan Corporate
Community Responsibility
di industri kreatif adalah mendukung pendirian Kampoeng BNI untuk
komunitas industri rumahan yang dibangun dengan kearifan
lokal,mendukung industri perfilman dimana BNI telah mendukung
pembuatan film Tabula Rasa tentang keunikan kuliner Indonesia dan
Film Pendekar Tongkat Emas tentang ajaran luhur silat Indonesia
sehingga akar dan warisan budaya Indonesia tetap terjaga
kelestariannya.Saat ini BNI berinisiatif mendukung Sinetron Rindu
Satpam Kita sebagai penyebaran informasi edukatif karena didalamnya
menyertakan informasi tentang pentingnya menabung dan melakukan
pengelolaan keuangan.Diharapkan melalui tayangan sinetron ini di TVRI
akses pemahaman keuangan masyarakat dapat meningkat sehingga turut
mendukung pertumbuhan financial
inclusion
di Indonesia.
Sejak
tahun 2007 PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI sudah mengulirkan
program
"Kampoeng
BNI".Program
ini
merupakan salah satu bagian dari Program Kemitraan dan Bina
Lingkungan
(PKBL) BNI yang bertujuan memberdayakan ekonomi masyarakat melalui
penyaluran kredit lunak dengan sistem klaster yang dilakukan di
beberapa daerah.Tujuan pembentukan Kampoeng BNI adalah untuk
mengembangkan potensi ekonomi masyarakat di suatu kawasan pedesaan
melalui pinjaman lunak program kemitraan maupun bantuan bina
lingkungan untuk menunjang aktivitas ekonomi lokal di daerah
tersebut.Pada saat ini konsep Kampoeng BNI dibangun atas prinsip
Community
Development,dimana
satu klaster mengangkat produk potensial berdasarkan kearifan lokal
setempat.
Saat
ini terdapat 37 Kampoeng BNI dimana tiap Kampoeng BNI tersebut
menonjolkan ciri khas kearifan lokalnya dan keunikan potensi
budayanya tersendiri,dan berikut ini beberapa Kampoeng BNI yang telah
dibuka yaitu :
No
|
Nama
Kampoeng BNI
|
Lokasi
(Provinsi)
|
1
|
KBNI
Peternakan Sapi Subang
|
Jawa
Barat
|
2
|
KBNI
Budidaya Jagung Ciamis
|
Jawa
Barat
|
3
|
KBNI
Tenun Songket Ogan Ilir
|
Sumatera
Selatan
|
4
|
KBNI
Nelayan Lamongan
|
Jawa
TImur
|
5
|
KBNI
Jagung Solok
|
Sumatera
Barat
|
6
|
KBNI
Seni Kamasan Klungkung
|
Bali
|
7
|
KBNI
Pengolahan Hasil Laut Muara Angke
|
DKI
Jakarta
|
8
|
KBNI
Bandeng Karawang
|
Jawa
Barat
|
9
|
KBNI
Karebosi Makassar
|
Sulawesi
Selatan
|
10
|
KBNI
Tenun Pandai Sikek Bukittinggi
|
Sumatera
Barat
|
11
|
KBNI
Tenun Silungkang Sawahlunto
|
Sumatera
Barat
|
12
|
KBNI
Tapis Lampung Selatan
|
Lampung
|
13
|
KBNI
Pisang Lumajang
|
JawaTimur
|
14
|
KBNI
Kain Sutera Sengkang Wajo
|
Sulawesi
Selatan
|
15
|
KBNI
Mebel Sumedang
|
Jawa
Barat
|
16
|
KBNI
Pemberdayaan Perempuan Bogor
|
Jawa
Barat
|
17
|
KBNI
Ikan Nila Ponorogo
|
Jawa
Timur
|
18
|
KBNI
Wisata Borobudur
|
Jawa
Tengah
|
19
|
KBNI
Tenun Ikat Sumba Waingapu
|
Nusa
Tenggara Timur
|
20
|
KBNI Kain Ulos
Samosir
|
Sumatera Utara
|
21
|
KBNI
Batik Tulis Wiradesa,Pekalongan
|
Jawa
Tengah
|
22
|
KBNI
Batik Tulis Lasem Rembang
|
Jawa
Tengah
|
23
|
KBNI
Imogiri Bantul
|
D.I
Yogyakarta
|
24
|
KBNI
Kain Sasirangan Banjarmasin
|
Kalimantan
Selatan
|
25
|
KBNI
Inggris Pare Kediri
|
Jawa
Timur
|
26
|
KBNI
Rumput Laut di Pulau Nain-Minahasa Utara
|
Sulawesi
Utara
|
27
|
KBNI
Nelayan Dhufa-dhufa Ternate
|
Maluku
Utara
|
Dalam
Kampoeng BNI, program PKBL BNI tidak sekadar menyalurkan pembiayaan
usaha,namun juga memberikan capacity
building atau
pelatihan peningkatan kapasitas, misalnya pelatihan motif tenun
sesuai keinginan pasar internasional, pelatihan pembukuan
sederhana,pelatihan pemasaran yang efektif dan pelatihan lainnya
sesuai kebutuhan mitra binaan.Selain itu BNI memberikan bantuan
sarana dan prasarana di dalam Kampoeng BNI, misalnya showroom,
packing house,
balai pertemuan dan juga sarana sosial masyarakat.BNI juga memberikan
bantuan pendidikan kepada keluarga mitra binaan berupa beasiswa dan
sarana pendidikan lainnya.Berkat pemberdayaan yang dilakukan
BNI,pertumbuhan potensi ekonomi maupun aktivitas masyarakat di masing
masing Kampoeng BNI jadi bergairah dan berkembang.
Untuk
memberikan nilai tambah,BNI mendorong beberapa Kampoeng BNI yang
telah dibinanya berkembang menajadi Desa Wisata dengan memberikan
capacity building
tentang
bagaimana konsep desa wisata, pengembangan potensi wisata,pemasaran,
dan pengelolaannya (manajemen). Ada 10 kampoeng BNI yang didorong
menjadi Desa Wisata yaitu KBNI Tenun Pandai Sikek dari Sumatera
Barat,KBNI Songket Ogan Ilir dari Sumatera Selatan,KBNI Batik
Wiradesa Pekalongan dari Jawa Tengah,KBNI Mete Imogiri Bantul dari
Yogyakarta,KBNI Batik Lasem dari Jawa Tengah,KBNI Sasirangan
Banjarmasin dari Kalimantan Selatan,KBNI Kamasan dari Bali,KBNI
Inggris Pare Kediri dari Jawa Timur,KBNI Toraja dari Sulawesi Selatan
dan KBNI Tapis Lampung. Sebagian besar Kampoeng BNI yang didorong
menjadi Desa Wisata ini memiliki basis usaha inti di sektor ekonomi
kreatif,seperti batik, kerajinan dan tenun.Dengan menjadi Desa
Wisata,diharapkan akan mendukung pemasaran dan penjualan produknya
sekaligus mendatangkan wisatawan yang berarti menjadi nilai tambah
bagi perekonomian daerah setempat.
Sejak
pertama kali diinisiasi pada tahun 2007,program Kampoeng BNI adalah
pelopor program kepedulian masyarakat yang terintegrasi dengan proses
bisnis.Saat ini, Kampoeng BNI telah berkembang menjadi flagship
program dalam
rangka mewujudkan cita-cita BNI untuk membangun
pedesaan,memberdayakan masyarakat dan mengembangkan potensi ekonomi
di setiap daerah berbasis potensi sumber daya lokal.Dan
sebagai wujud dukungan terhadap program Pemerintah dalam usahanya
memperkuat dan memperluas perkembangan industri kreatif serta
meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat kecil.
BNI
memiliki komitmen menjadi fasilitator pembangunan untuk mendukung
pertumbuhan industri di Indonesia. Sebagai bagian dari transformasi
bisnis, BNI fokus pada delapan sektor industri unggulan yang
prospektif yaitu Minyak, Gas &
Pertambangan,Telekomunikasi,Kimia,Agribisnis, Makanan &
Minuman,Perdagangan Besar & Eceran,Kelistrikan dan Konstruksi.
Sebagai
wujud dukungan kepada Program Pemerintah untuk memajukan sektor
kemaritiman,pada tanggal 15 April 2015,BNI mengucurkan Kredit Modal
Kerja (KMK) kepada Koperasi Perikanan Mina Rizki Abadi (KOMIRA)
senilai 1.6 Triliun dengan penjamin asuransi kredit tersebut dari
Perum Jamkrindo. Penyaluran kredit kemaritiman BNI di tahun 2015
mencakup beberapa sektor yakni sektor koperasi perikanan dengan
penyaluran kredit sebesar Rp 58 miliar,kredit untuk industri balok es
dan cold
storage sebesar
Rp 100 miliar,kredit pada sektor kapal penangkap ikan sebesar Rp 100
miliar, pengolahan ikan di sentra-sentra perikanan nasional skala
mikro, kecil, dan menengah sebesar Rp 400 miliar serta infrastruktur
dan perhubungan laut sebesar Rp 1 triliun.Dukungan BNI terhadap
sektor Maritim telah dilakukan sejak awal,hingga 31 Desember 2014,
BNI telah menyalurkan pembiayaan ke Sektor Kelautan dan Perikanan
senilai lebih dari Rp 8,7 triliun.Kredit ini sebagian besar
disalurkan untuk mitra BNI yang sudah mengembangkan bisnis yang
feasible
dan bankable.
Atas
dukungannya tersebut, BNI dinobatkan sebagai penerima penghargaan
nasional berupa Adibakti
Mina Bahari
sebagai apresiasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kepada
pihak yang berperan aktif, peduli, dan berprestasi dalam pemanfaatan
dan pengelolaan sumber daya di sektor kelautan dan perikanan pada
tahun 2014.
Tidak
hanya sektor kemaritiman yang mendapat perhatian,BNI juga menunjukkan
dukungan dan komitmennya terhadap program Pemerintah dalam rangka
meningkatkan ketahanan pangan nasional menuju era swasembada pangan
melalui dukungan kepada industri pupuk yang langsung dapat
dimanfaatkan oleh masyarakat.Produksi pertanian yang semakin
meningkat dari tahun ke tahunnya berdampak pada permintaan pupuk yang
semakin besar.Keadaan ini membuat para produsen pupuk harus
berproduksi secara optimal dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan
pasar. Pada tahun 2015 industri pupuk masih memiliki prospek yang
cerah terlihat dari rencana program Pemerintah dalam rangka penguatan
ketahanan pangan dengan anggaran subsidi pupuk sebesar Rp 35.7
triliun atau naik dibanding tahun 2013 sebesar Rp 15.9
triliun.Berpijak pada kenyataan tersebut,BNI pun mengucurkan kredit
kepada PT Pupuk Indonesia Holding Company sebesar Rp 3.2 Triliun yang
akan dipergunakan oleh PT Petrokimia Gresik,salah satu anak
perusahaan PT Pupuk Indonesia Holding Company untuk membangun prabik
Amoniak dan Urea (Amurea) II di Gresik.Proyek Arumea II ini sangat
penting peranannya dalam rencana memenuhi kebutuhan pupuk secara
nasional tersebut.Saat ini konsumsi pupuk di Indonesia secara total
tumbuh rata rata 2.86 persen per tahun dan sebagian besar konsumsi
pupuk adalah jenis Urea dan NPK yang mencapai rata rata 76 persen
dari konsumsi pupuk nasional.Dengan dibangunnya pabrik Arumea II
tersebut, kebutuhan bahan baku untuk memproduksi pupuk NPK sebanyak
2.8 juta ton pertahun dan pupuk ZA sebanyak 750 ribu ton pertahun
akan terpenuhi.Dengan begitu ketergantungan pada impor amoniak yang
fluktuasi harganya sulit diprediksi bisa dikurangi dan juga sekaligus
menghemat devisa negara.
Apresiasi
Loyalitas kepada Nasabah
Bulan
Ramadhan dan Hari Lebaran adalah peristiwa keagamaan yang dirayakan
oleh warga Indonesia yang mayoritas beragama Islam.Momen ini
merupakan kesempatan yang baik bagi BNI untuk dapat memberikan
positive
experience kepada
masyarakat,terutama nasabah BNI.Sebagai bentuk komitmen berkelanjutan
yang dibangun BNI untuk memberikan kontribusi pada pembangunan
nasional sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, BNI
menyelenggarakan BNI Rejeki Mudik 2015 ini.
Terdapat
lebih dari 5.000 pemudik yang pada tahun ini diantarkan oleh BNI ke
berbagai kota tujuan mudik yaitu
Cirebon,Purwokerto,Semarang,Yogyakarta,Solo,Surabaya,Malang,Lampung,
Palembang dan Padang dengan menggunakan moda transportasi berupa bus
dan pesawat terbang. Selain itu tersedia 100 kursi pesawat untuk
memulangkan pemudik dari Malaysia yang merupakan tenaga kerja
Indonesia,serta 46 kursi pesawat tujuan Singapura-Indonesia PP yang
diperuntukkan bagi pemenang dari program apresiasi bagi pengguna
layanan remitansi BNI di Singapura dengan transaksi pengiriman dana
tertinggi ke Indonesia.
Pemudik
nasabah BNI pada Lebaran 2015 ini juga dimanjakan dengan beraneka
ragam program promo dengan hadiah menarik berupa voucher belanja dan
tabungan BNI.Selama bulan Ramadhan kemarin,BNI juga menyiapkan
program BNI Ramadhan & Lebaran Experince 2015 yang dikhususkan
bagi nasabah yang sudah menginstall aplikasi BNI Experince Mobile
Application. Pemilik kartu kredit dan debit BNI pun dipastikan akan
mendapatkan manfaat lebih selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2015
ini.Berbagai penawaran yang menarik dengan berbagai hadiah disediakan
khusus bagi pemegang kartu BNI tersebut.
“Kartu
plastik “ BNI baik debit maupun kredit semakin lama semakin
bertambah “sakti”.Di akhir tahun 2014 kemarin,kartu plastik BNI
ini sudah dapat dipergunakan untuk pembayaran pembuatan paspor
melalui fasilitas mesin EDC (electronic data capture) BNI yang
terpasang di 121 kantor Imigrasi di Indonesia.Dengan demikian,BNI
menjadi
penyedia layanan multi-channel
& multi-bank
pertama dalam pembayaran paspor di Indonesia yaitu dapat dilayani
melalui uang tunai, ATM,Kartu Kredit dan Kartu Debit. Dengan
pemasangan EDC BNI ini,Kantor Imigrasi dapat memberikan alternatif
pembayaran sekaligus mempercepat layanan kepada masyarakat.
Pembayaran paspor melalui “kartu plastik” BNI juga akan lebih
memudahkan proses administrasi dan rekonsiliasi data serta
mengurangi risiko yang timbul dalam penanganan uang tunai.Inovasi
layanan “kartu plastik” lainnya adalah produk layanan uang
elektronik BNI TapCash,kini sudah bisa digunakan untuk pembayaran
parkir di e-parking milik Reska,anak usaha dari PT Kereta Api
Indonesia.Penyediaan fasilitas e-Parking pada BNI TapCash ini
merupakan suatu kerja sama dalam rangka membangun ekosistem transaksi
uang elektronik di sektor transportasi serta mendukung program
Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT) yang dicanangkan sejak 14 Agustus
2014 oleh Bank Indonesia.
Berbagai
penghargaan yang diraih BNI
Berbagai
inovasi dan layanan program BNI diatas baru sebagian kecil,masih
banyak program dan layanan BNI lainnya yang bermanfaat.Dengan
menyeimbangkan peningkatan kinerja untuk pencapaian
tujuan bisnis dan pengembangan komunitas,BNI telah menerima berbagai
penghargaan dari dalam dan luar negeri sebagai pengakuan atas
produk,layanan dan kinerja unggul dari BNI, termasuk penghargaan
program pemberdayaan masyarakat.Penghargaan-penghargaan itu
menunjukkan bahwa BNI telah tumbuh dan berkembang menjadi bank
nasional yang kokoh dan siap sebagai bank nasional dengan kemampuan
global.Di usianya yang ke-69 di tahun 2015 ini,atas kinerja dan
prestasinya berbagai penghargaan bergengsi telah berhasil diraih BNI
beserta anak perusahaannya dari berbagai lembaga terkemuka baik
nasional maupun internasional.Berikut ini berbagai penghargaan yang
didapat oleh BNI serta anak perusahaannya sejak tahun 2009 hingga
tahun 2015 :
Penghargaan
BNI tahun 2009
- GREEN LEADERSHIP AWARD 2009It is awarded to participant which has implemented energy efficiency, water conservation and recycling, developing green product, and incorporated an environment performance into their sustainable development strategy.
- COMMUNITY ENGAGEMENT AWARD 2009
It is awarded to participant which has programs to enhance the quality of life of the surrounding community, to give a better access to higher education for society, and other programs which involve the society in their business. - ASURANSI TERBAIK PERINGKAT 2 dari Media Asuransi Insurance Award 2009 untuk Kategori Aset Rp 100 Milyar - Rp 250 Milyar diberikan kepada BNi Life Insurance.
- PERUSAHAAN ASURANSI TERBAIK 2009 Versi Majalah Investor untuk Kategori Aset Rp 500 Miliar - Rp 1,5 Trilyun diberikan kepada BNI Life Insurance.
- Banking Service Excellence Awards dari IBLA (Indonesian Banking Loyalty Award) untuk BNI Syariah
Penghargaan
BNI tahun 2010
- CORPORATE ACTION BEYOND GREEN WITH BICYCLE 2010 (FROM B2W COMMUNITY)
- INDONESIA GREEN BANKING AWARD 2010 (SILVER)
- GREEN LEADERSHIP AWARD 2010
- COMMENDATION FOR FIRST TIME SUSTAINABILITY REPORTING ON ISRA AWARD 2010
- THE BEST LIFE INSURANCE COMPANY Versi Majalah Media Asuransi untuk Kategori Ekuitas Rp100 miliar - Rp250 miliar dalam Insurance Award 2010 diberikan kepada BNI Life Insurance.
- Peringkat I THE MOST PRUDENT RISK MANAGEMENT Islamic Life dari Islamic Finance Award 2010 dan Karim Business Consulting diberikan kepada BNI Life Insurance.
- THE BEST INSURANCE COMPANY 2010 untuk Kategori Asuransi Jiwa Beraset di atas Rp1 triliun - Rp2,5 triliun dari Majalah Investor diberikan kepada BNI Life Insurance.
- The Best Achieving Total Customer Satisfaction dalam ajang ICSA 2010 untuk layanan Kartu Kredit pertama yang menginspirasi ber-wirausaha (BNI Syariah Hasanah Card)
Penghargaan
BNI tahun 2011
- Shortlisted Nominee “Sustainable Bank of the Year 2011” Asia Pacific Category.BNI masuk dalam shortlisted nominees“Sustainable Bank of the Year 2011″ Kategori Asia Pasifik. Penghargaan diberikan oleh Financial Times-International Finance Corporation pada 16 Juni 2011 di London Inggris.
- Social Empowerment Award 2011.BNI memperoleh “Social Empowerment Award 2011” AREA Southeast Asia (Asia Responsible Entrepreneur Award – Southeast Asia). Penghargaan diberikan oleh AREA tanggal 10 Juni 2011 di Singapore.
- Indonesia Green Award 2011.BNI memperoleh “Indonesia Green Award 2011” kategori Perbankan yang menjadi Penginspirasi Bumi melalui Visi Biru Aksi Hijau. Penghargaan diberikan oleh La Tofi School of CSR pada 28 September 2011 di Jakarta.
- Indonesian CSR Award 2011 – Platinum.BNI memperoleh ICA Award 2011 Kategori Platinum di bidang Sosial untuk proyek CSR “Hutan BNI Kota Banda Aceh”. Penghargaan diberikan oleh CFCD (Corporate Forum for Community Development) pada 15 Desember 2011.
- INDONESIA BRAND CHAMPION 2011 Versi Majalah Marketeers Award untuk Kategori The Best Customer Coice Islamic Life Insurance diberikan kepada BNI Life Insurance
- BEST LIFE INSURANCE 2011 Versi Majalah Media Asuransi untuk Kategori Ekuitas Rp 100 - Rp 250 miliar diberikan kepada BNI Life Insurance
- Bank BNI Syariah berturut turut memperoleh penghargaan yaitu First Best ATM 2011 dari Infobank MRI,iB Best Retail Banking 2011 dari 8th Islamic Finance Award,Rekor Muri untuk Replika Kartu Pembiayaan Terbesar-Hasanah Card 2011,Bank yang Berpredikat Keuangan Sangat Bagus 2011 dari InfoBank Award 17th dan Brand Equity Champion of Islamic Banking dari Indonesia Brand Champion 2011.
Penghargaan
BNI tahun 2012
- Sustainable Business Award 2012, 2 kategori: The Best State Owned Company dan Banking and Finance Champion
- Indonesia Green Company Award 2012
- SRI Kehati Award 2012
- The Best Supporting Stakeholder dalam Kegiatan Edukasi Keuangan dalam Rangka Pengelolaan Remitansi untuk Kegiatan Produktif T.A 2012 Penghargaan Deputi Perlindungan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan & Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia)
- Divisi Internasional BNI berhasil mempertahankan sertifikat ISO 9001 : 2008 tentang Quality Management System on Trade Processing Center dari SAI Global Australia pada 6 Agustus 2012.
- Berbagai penghargaan untuk Bank BNI Syariah yaitu Brand Equity Champion of Islamic Banking 2012 kategori Gold Brand dari Indonesia Brand Champion 2012,Anugerah Peduli Pendidikan 2012 dari Program CSR Peduli Pendidikan Kategori Perusahaan/BUMN dan Bank Syariah Terbaik di Bidang Manajemen Risiko Operasional untuk Pertanggungjawaban Risk Owner
- BNI mendapatkan kepercayaan untuk menjadi Bank Kustodian bagi PT Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Persero) atau Jamsostek,sekarang BPJS Ketenagakerjaan.
Penghargaan
BNI tahun 2013
- The Best Product Innovation of Financial Service Sector terkait produk jasa keuangan BNI berupa Modul Penerimaan Negara Mata Uang Asing (MPN Valas) dari Menteri BUMN di tengah acara Gelar Inovasi BUMN untuk Indonesia, BUMN Innovation Expo & Award 2013 di Jakarta, 27 Juni 2013.
- BNI Syariah lagi lagi memboyong berbagai penghargaan diantaranya The Champion of Medan Service Excellence Award,Kinerja Keuangan 2012 Sangat Bagus dari The Best Sharia Finance Award,Anugerah Perbankan Indonesia 2013 dari Human Capital, Marketing & Information Technology,The Best Corporation for Learning Organization 2013 dari Anugerah Business Review 2013,The Best CEO of The Year 2013 dari Anugerah Business Review 2013,Delivering Positive Customer Experience dari Excellent Service Experience Award 2013,Silver Brand Champion of Most Popular Brand 2013 dan Bank Predikat Baik Laporan Keuangan 2012
Penghargaan
BNI tahun 2014
- Meraih 2 medali emas untuk katagori Best Analys Contact Center dan Best Contact Center Support – HR serta medali perak untuk Best Customer Service in Mid- Size Inhouse dan Medali Perunggu untuk Best Help Desk dalam ajang Contact Center World tingkat dunia yang diselengarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014.
- The Most Reliable Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp 100 triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta, 17 Oktober 2014.
- Peringkat Atas Annual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk kategori Dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014.
- The Best Local Cash Management Bank in Indonesia,The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service dari Majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014).
- Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Project: Indonesia Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin (19 September 2014).
- The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari Majalah Forbes, Jakarta, Selasa (19 Agustus 2014).
- Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) dari Indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16/7/2014).
- Emiten Terbaik Sektor Keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Bisnis Indonesia Award 2014, Jakarta, 24 Juni 2014.
- Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetisi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantarnya memperoleh Peringkat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Professional HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service.
- Peringkat Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh Marketing Research Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014.
- The Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari Letter The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014, Kuala Lumpur, 21 Mei 2014.Berkat peningkatan layanan trade (perdagangan internasional) serta peningkatan dalam bisnis bank to bank baik dalam lingkup domestik maupun internasional.
- The Best Emiten Sektor Perbankan dari Majalah Investor, Jakarta, 8 Mei 2014.
- Memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014. BNI menjadi bank pertama yang mendapatkan akreditasi tersebut.
- Best Cash Management Bank for Indonesia dalam Asia-Pacific Country Transaction Bank Awards dari The Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014.
- Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behaviour of Management and The Board of Director dari majalah Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014.
- Gatot M. Suwondo CEO PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014.
- The Best Remittances Provider of the Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan menyandang status Smart Remittance terbaik sejak 2009 hingga 2013 dan Best Cash Management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast Asia Magazine, di Kualalumpur, 23 Januari 2014.
- The Best International Banking Division of The Year 2014 in Southeast Asia (Marquee Award) 2014 dari Alpha Southeast Asia,Jakarta 25 Agustus 2014. BNI menjadi bank yang memiliki Divisi Internasional terbaik di Asia Tenggara
- The Best Trade Finance Bank in Indonesia Selama lima tahun beruturut-turut (2009-2013) dari Alpha Southeast Asia Magazine berkat pelayanan jasa Trade Finance sebagai produk perbankan bertaraf internasional yang terbaik dan terdepan, sehingga mampu menciptakan kepuasan kepada pelanggan dan Counterparty.
- BNI meraih penghargaan sebagai bank persepsi dengan Layanan Penerimaan Negara Terbaik 2014 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk 9 wilayah yaitu Batam, DKI Jakarta,Daerah Istimewa Yogyakarta,Banjarmasin,Mamuju,Kendari,Gorontalo,Ternate dan Manado.Aplikasi BNI e-Tax untuk pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Kepabeanan memudahkan nasabah dalam menyelesaikan pembayaran pajak yang terhubung langsung realtime online dengan sistem perpajakan pemerintah.
- Berikut ini berbagai penghargaan yang diraih oleh BNI Syariah,anak usaha dari BNI :
- The Most Favourite Bank for Sharia Financing dari Housing Estate Favourite KPR Awards 2014
- Anugerah Perbankan Indonesia 2014 untuk Peringkat 1 Bank Syariah Buku 2 modal inti Rp 1 T – Rp 5 T dari Economic Review
- Anugerah Perbankan Indonesia 2014 untuk Best CEO Leadership kategori Bank Syariah non Tbk dari Economic Review
- Infobank Sharia Finance Awards 2014 predikat sangat bagus kategori Bank Syariah aset 1 – 10 Triliun
- Indonesia Banking Award 2014 kategori The Most Reliable Bank dari Koran Tempo
- Indonesia Banking Award 2014 ketegori Bank Umum Syariah buku 2 dari Koran Tempo
- Annual Report Award 2013 Juara 1 kategori Private Keuangan Non Listed
- Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014 kategory Mortgage Islamic Bank dari Markplus
- Silver Champion of Indonesia WOW Brand 2014 kategory Saving Account Islamic Bank dari Markplus
- The Indonesia Middle Class Moslem Brand Champion Category KPR Syariah dalam ajang The Indonesia Middle Class Moslem Brand Champion 2014 dari Majalah Swa dan Inventure
- The Indonesia Middle Class Moslem Brand Champion Category Sharia Saving dalam ajang The Indonesia Middle Class Moslem Brand Champion 2014 dari Majalah Swa dan Inventure
- Best Syariah 2014 Kategori Bank Syariah Aset Lebih Dari 10 T dalam ajang Best Syariah 2014 dari Majalah Investor
- Bank yang Berpredikat Sangat Bagus Untuk Kinerja Keuangan Tahun 2013 dalam ajang Infobank Award ke 19 dari Majalah Infobank
- Delivering Positive Customer Experience dalam ajang Excellent Service Experience Award 2014 dari Bisnis Indonesia & Carre
- Digital Brand Deposito Bank Syariah dalam anjang Infobank Digital Brand of The Year 2013 dari Majalah Infobank
- Digital Brand Tabungan Bank Umum Syariah dalam ajang Infobank Digital Brand of The Year 2013 dari Majalah Infobank
- Digital Brand KPR Syariah dalam ajang Infobank Digital Brand of The Year 2013 dari Majalah Infobank
- Digital Brand Bank Umum Syariah dalam ajang Infobank Digital Brand of The Year 2013 dari Majalah Infobank
Penghargaan
BNI 2015
- Indonesia Living Legend Company Category State-Owned Bank for Countinous Innovation 2015 dari Majalah Warta Ekonomi, Jakarta (11 Juni 2015).
- The Best Performance Walk in-Channel sekaligus mempertahankan Best Overall Performance Ranking Kedua berdasarkan survei Banking Service Excellence Monitor (BSEM) dari Marketing Research Indonesia (MRI) dan Majalah Infobank, Jakarta (4 Juni 2015).
- The Most Favourite Leadership dari Indonesia Property and Bank Award (IPBA) 2015 dari Majalah Property & Bank di Jakarta, 21 Mei 2015. Diterima oleh perwakilan CMM.
- The Asian Banker Transactional Banking Award 2015 sebagai Best Cash Management Bank in Indonesia dan Leading Counterparty Bank in Indonesia dari Majalah The Asian Banker, Hong Kong (14 April 2015).
- Peringkat Pertama Digital Brand of The Years dari iSentia dan Infobank untuk Produk BNI Taplus dan Kartu Debit BNI, Jakarta, Kamis (26 Maret 2015)
- Best Remittance Provider 6 tahun berturut-turut, Best Trade Solution of the Year in Southeast Asia 5 tahun berturut-turut, Best Payable Solution 4 tahun berturut-turut, Best Cross Border Merger & Acquisition Deal of The Year (BNI Life) and co-financial advisers (BNI Securities) serta Best Loan Deal of the Year untuk proyek Commuter Line PT Kereta Api Indonesia bersama 4 bank lainnya.
- Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, serta Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment dari Majalah Finance Asia.
- Top Brand Award untuk produk BNI Taplus Anak dan BNI Tapenas dari Majalah Marketing di Jakarta, 13 Februari 2015.
- Pioneer in Green Finance in Indonesia dalam SBA Award dari PricewaterhouseCoopers (PwC) dan Kadin Indonesia dan IBCSD (Indonesia Business Council for Sustainable Development) Jakarta 25 Februari 2015.
- Penghargaan yang diperoleh oleh BNI Syariah,anak usaha BNI yaitu
- Service Quality Award 2015 dari Sharia Banking
- Customer Loyalty Award dari Net Promoter Score Good for Sharia Banking
- The Best Champion of Jabodetabek dari Markplus WOW Service Excellence Award 2015
- Infobank Digital Brand of The Year 2015 dari Peringkat 1 Kategori KPR Syariah
- Top Brand Award 2015 untuk kategory Sharia Bank dari Frontier dan Majalah Marketing
- Indonesia InHouse Magazine Awards 2014 peringkat Bronze Winner kategori The Best of Private Company InHouse Magazine 2015
Sederet
penghargaan yang didapat BNI beserta anak perusahannya tersebut
diatas menjadi bukti prestasi dan pengakuan dari institusi nasional
dan internasional bahwa BNI secara terus menerus melakukan
penyempurnaan pelayanan secara tanpa henti.Keberhasilan
mendapatkan penghargaan tingkat dunia tersebut membuktikan bahwa BNI
memiliki People,Process dan System yang handal dan tidak kalah
bersaing dengan perusahaan lainnya serta memiliki daya saing yang
kuat dan memiliki kompetensi dan layanan bertaraf Internasional.
Berbekal
nilai
nilai
budaya
kerja perusahaan seperti profesionalisme,integritas,orientasi
pelanggan dan perbaikan tiada henti serta didukung kinerja
dan performa yang senantiasa berkembang,tumbuh semakin maju dan
mengukir prestasi,memudahkan target BNI untuk mewujudkan visi dan
misinya Menjadi
bank yang unggul,terkemuka dan terdepan dalam
layanan dan kinerja baik
di
lingkup domestik maupun internasional.Unggul
dalam
bidang human capital yang berkualitas, proses bisnis internal yang
memberi nilai bagi nasabah melalui improvement dan inovasi melalui
produk/jasa yang beragam dan terpadu, serta pengelolaan perbankan
berkualitas dengan risiko terukur. Terkemuka
adalah menjadi bank pilihan utama dengan kualitas layanan terbaik
yang pada akhirnya akan menjadikan BNI ‘terdepan’
dalam hal kinerja keuangan yang berkualitas dibandingkan perusahaan
lain sehingga memberikan kualitas investasi yang memuaskan bagi
segenap pemangku kepentingan.
Akhirnya
dengan gelora “Semangat 46” didukung dengan
sejarah yang kaya,kondisi
finansial
yang
kuat,sumber daya manusia yang unggul dan teknologi yang andal,kita
yakin BNI telah berada
di
jalur yang tepat untuk menjadi bank nasional yang berkemampuan
global.Semoga target tersebut tercapai.Amien
No comments:
Post a Comment