Beberapa
bulan yang lalu,saya mempunyai pengalaman tentang penggunaan kartu
Debit BNI yang sampai sekarang belum terlupakan.Kebetulan sampai saat
ini saya dan istri masih setia menjadi nasabah Bank BNI sehingga kami
mempunyai 2 kartu debit yang terlihat sama persis.Motif desain gambar
di bagian depan kartu debit kami sama persis.Perbedaannya,kartu debit
milik istri bertype kartu debit instan sedangkan kartu debit milik
saya tercetak nama saya disana.Memang kartu debit BNI milik saya
tersebut dibuat kolektif oleh pihak perusahaan karena nomor
rekeningnya digunakan untuk pembayaran gaji setiap bulannya.
Siang
itu,melalui pesan singkat SMS istri saya menanyakan keberadaan kartu
debit BNI miliknya kepada saya.Tidak seperti biasanya,ternyata kartu
debit BNI milik istri ikut terbawa dalam dompet saya.Karena terlanjur
terbawa,dia meminta untuk segera mentransfer sejumlah uang melalui
mesin ATM untuk keperluan membayar belanja online-nya disalah satu
situs e-commerce terkemuka.Berhubung saya masih di lokasi
kerja,permintaannya tersebut saya sanggupi pada waktu jam istirahat
siang.
Tepat
jam 12.00 WIB,saya segera meluncur ke salah satu ATM terdekat yang
berada di pinggir Jalan Yogya-Solo km 13 tepatnya didepan sebuah
dealer kendaraan roda dua.Lokasi ATM inilah yang paling dekat dengan
lokasi tempat kerja saya.Terlihat beberapa orang sudah mengantri di
depan pintu ATM.Tiba giliran saya,tanpa melihat kepunyaan siapa kartu
debitnya,saya memasukkannya ke mesin ATM.Seperti biasanya,saya
memilih bahasa Indonesia dan selanjutnya menekan nomor pin-nya.Ada
yang aneh dengan tampilan di layar mesin ATM "pin
yang anda masukkan salah".Saya
coba sekali lagi,hasilnya masih sama,ditolak.Saya pun menghubungi
istri untuk memastikan nomor pin kartu debit miliknya.Sms berisi
nomor pin pun segera saya buka dan setelah saya cek ternyata nomor
pin yang saya masukkan tersebut benar.Saya coba sekali lagi,ditolak
dan dilayar ATM menampilkan bahwa kartu debit saya tersebut terblokir
karena 3 kali salah memasukkan nomor pinnya.Saya pun kaget,lho kok
bisa?
Setelah
kartu debitnya keluar dari mesin ATM baru jelas permasalahannya.Saya
baru sadar ternyata kartu debit yang saya masukkan ke mesin ATM
tersebut kepunyaan saya sendiri sedangkan nomor pin yang saya gunakan
kepunyaan istri.Pantas aksesnya ditolak terus.Perasaan saya bingung
dan panik ketika tahu kartu debit BNI saya yang terblokir.Ini adalah
pengalaman pertama kartu debit BNI saya terblokir.Kepada siapa saya
akan bertanya tentang bagaimana caranya membuka blokir kartu debit
BNI tersebut.Ditengah kepanikan tersebut,saya tidak sempat
memperhatikan berbagai informasi terkait penggunaan kartu debit di
ATM yang tertempel di sekitar mesin ATM tersebut.Ingin rasanya segera
membuka website resmi BNI,sayangnya smartphone saya tertinggal di
kantor.Saat itu saya hanya membawa telepon dari operator CDMA yang
hanya bisa saya gunakan untuk telepon dan sms saja.
Entah
dapat bisikan darimana,saya pun memberanikan diri untuk bertanya
melalui telepon kepada salah satu staf HRD mengenai permasalahan
kartu debit BNI saya yang terblokir tersebut. Jawabannya,saya
disarankan untuk datang kesalah satu kantor cabang BNI terdekat
sambil membawa buku tabungan serta kartu identitas diri yang
sah.Disana nanti petugas dari BNI akan mengatasinya.Lega hati saya
walaupun masih ada sedikit ganjalan.Apakah saya harus mengganti kartu
debit BNI saya dan harus membayar biaya penggantian kartunya atau
cukup dengan membuka blokirnya saja.
Singkat
cerita,saya pun segera meluncur pulang kerumah untuk mengambil buku
tabungan dan segera mendatangi salah satu kantor cabang BNI yaitu di
BNI Kancab Kalasan yang terletak di sebelah barat patung Garuda,pintu
masuk AAU Bandara Adisucipto,Yogyakarta.Disana saya diterima dengan
hangat dan ramah oleh seorang petugas BNI dan menanyakan maksud
kedatangan saya.Saya pun mengutarakan permasalahan kartu debit yang
terblokir tersebut. Dengan senyuman,ibu petugas tersebut menanyakan
buku tabungan,kartu debit serta kartu identitas saya yang segera saya
sodorkan.Saya juga ditanyai apakah masih ingat dengan nomor pin kartu
debit saya tersebut."Iya",jawab
saya.Akhirnya setelah menunggu sekitar 3 menitan,ibu petugas tersebut
memberikan informasi bahwa kartu debit saya sudah di buka
blokirnya.Serta tidak dikenai biaya untuk membuka blokir kartu debit
tersebut alias gratis.Buah mau bertanya yang menghasilkan ngak sesat
di jalan.
====== **** =======
Sebelum
maraknya media sosial semacam Twitter,Facebook,Path dan sejenisnya
seperti sekarang ini,saya pernah membayangkan adanya layanan
informasi tentang berbagai hal mengenai Bank BNI yang dapat diakses
dengan mudah melalui media sosial tersebut oleh siapapun,kapanpun dan
dimanapun.Sebab waktu itu hanya melalui brosur,leaflet,nomor hotline
serta alamat situs saja yang bisa digunakan sebagai rujukan informasi
resmi BNI.Sementara kondisi saat ini,sebagian besar masyarakat kita
sudah familiar dengan smartphone yang didalamnya telah dibenamkan
berbagai aplikasi sosial media.Hal
ini untuk mengakomodasi sifat unik dari sebagian besar masyarakat
Indonesia yang lebih senang ngobrol dan diskusi.
Sebagai
nasabah BNI,saya adalah orang yang tergolong memiliki rasa
keingintahuan yang tinggi terutama tentang berbagai produk BNI dan
promo yang sedang berlangsung.Saya juga sampai saat ini masih
menggunakan fasilitas SMS Bangking BNI untuk mengakomodasi layanan
transaksi finansial saya walaupun terkadang masih memanfaatkan metode
konvensional yaitu transfer melalui teller maupun melalui mesin
ATM.Kedepannya untuk mempermudah pembayaran transaksi belanja
online,saya berkeinginan untuk mengupgrade kartu debit BNI saya
menjadi BNI Debit Online.Dengan memiliki BNI Debit Online ini,menjadi
solusi
pembayaran transaksi online bagi nasabah seperti saya ini yang tidak
memiliki kartu kredit.Sayangnya saya sampai saat ini belum mengetahui
bagaimana caranya untuk aktivasi BNI Debit Online serta format
request VCN-nya.Searching di situs BNI pun ketemu caranya,masalahnya
pun selesai meskipun saya tetap berandai andai "coba
cari informasi layanan BNI di sosial media bisa!".
Sebagai
seorang yang senang aktivitas travelling,mengunjungi berbagai obyek
wisata di berbagai kota terkadang saya kesulitan untuk mendapatkan
berbagai macam promo wisata seperti promo hotel,travel ataupun promo
maskapai yang sedang berlangsung.Selama ini untuk mengetahui bermacam
promo tersebut saya harus mengunjungi satu persatu alamat situsnya
atau membuka aplikasi penyedia travelling sehingga membutuhkan waktu
yang lama dan tidak semuanya menyediakan pembayaran melalui
BNI.Selain itu jika saya ingin melakukan transaksi setor tunai dikala
liburan yang bertepatan dengan hari libur (weekend),saya kesulitan
untuk mengetahui cabang mana saja yang buka di kota yang saya
kunjungi.Lagi lagi saya diharuskan untuk mengunjungi situs resmi
BNI,meskipun saya masih bermimpi "kenapa
informasi tersebut tidak dibuat di sosial media?".
Dulu,istri
saya juga pernah mengalami kartu ATM-nya hilang sewaktu sedang asyik
makan siang disebuah warung didekat lokasi kerjanya.Dompet yang
berisi kartu identitas,SIM serta kartu BNI jatuh dan hilang.Karena
panik dan bingung juga,dia menghubungi saya dan menceritakan kejadian
tersebut.Karena tidak tahu nomor hotline dari BNI yang dapat
dihubungi,akhirnya saya mencari tahu nomor telepon kantor cabang BNI
terdekat melalui nomor layanan informasi 108.Ketemu nomor teleponnya
dan segera kartu debit milik istri diblokir dan disarankan untuk
segera mengurus surat kehilangan dari kepolisian setempat.Masalahpun
selesai,walaupun saya masih bermimpi "coba
cari informasi layanan BNI di sosial media bisa!"
Akhirnya,baru
baru ini sekitar 2 minggu yang lalu,saya mengenal layanan informasi
BNI melalui sosial media,Twitter.Kaget juga kenapa saya terlambat
mengetahui informasi ini walaupun saya sudah sejak lama mengikuti
(follow)
akun Twitter @BNI46 ini.Teryata sudah sejak tanggal 2 Desember 2015
yang lalu layanan informasi BNI melalui Twitter Hastag ini
diluncurkan.
Langsung
saja saya buka aplikasi Twitter serta klik akun @BNI46 dan klik DM
(Direct
Message)
yang bergambar seperti kotak amplop disudut atas pada aplikasi
Twitter di smartphone saya.Langkah pertama saya adalah mendaftarkan
diri terlebih dahulu agar saya bisa mendapatkan kode hashtag untuk
mengakses layanan BNI melalui Twitter.Adapun kode hashtag yang saya
dapatkan adalah
- #AskBNI,untuk menampilkan info tentang layanan informasi BNI via Twitter Hashtag.
- #Promo (spasi) #Keyword, untuk mendapatkan berbagai macam informasi tentang promo-promo BNI yang sedang berlangsung saat ini.Seperti #Promo (spasi) #Hotel.
- #AskBNI (spasi) #Keyword, untuk mendapatkan bermacam informasi tentang Layanan Customer Service BNI via Twitter,contohnya #AskBNI (spasi) #Taplus
- #HelpPromo, untuk melihat daftar keyword #Promo
- #HelpBNI, untuk melihat daftar keyword #AskBNI
Hari
hari berikutnya saya langsung mencoba berbagai kode hashtag
tersebut,respon baliknya patut diacungi jempol.Cepat dan informatif
sekali.Saya jadi lebih mengetahui penanganannya bila kartu debit saya
tertelan mesin ATM,kartu keblokir lagi maupun kartu debit maupun buku
tabungannya hilang.Travelling keluar kotapun lebih nyaman karena saya
dapat mengetahui berbagai promo wisata seperti promo hotel,promo
tiket pesawat maupun promo restoran secara up
to date dan
mengetahui kantor cabang BNI mana yang buka di waktu weekend.Belanja
online saya dan istri pun semakin seru karena dengan menggunakan
kartu BNI Debit Online,saya mendapatkan diskon yang menarik di
berbagai toko online ternama di Indonesia.Masih banyak lagi
keuntungannya menggunakan fitur Twitter Hashtag #Ask BNI ini.Fitur
Hashtag #AskBNI memang benar benar telah membantu saya dalam
mendapatkan beragam informasi tentang BNI saat ini.Saya akan lebih
sering Mau
Bertanya biar Nggak Sesat di Jalan
di DM akun Twitter @BNI46 ini.Terima
kasih BNI.
Untuk lebih
mensosialisasikan fitur Twitter Hashtag #AskBNI ini kepada nasabah
BNI maupun masyarakat umum lainnya,saya mempunyai beberapa saran
diantaranya adalah :
- Setiap slip transaksi di ATM BNI,dibagian bawahnya ditambahi kalimat untuk mem-follow akun Twitter @BNI46 dan kirim DM #AskBNI untuk mendapatkan informasi dan promo yang menarik.
- Di sekitar mesin ATM,tidak hanya nomor hotline resmi saja yang ditempelkan tapi juga akun Twitter @BNI46 serta Fitur Hashtag #AskBNI dan disarankan untuk setiap nasabah men-follow akun tersebut.
- Brosur serta leaflet tentang Fitur Hashtag #AskBNI diperbanyak disetiap kantor cabang maupun di ruang mesin ATM.
1 comment:
Harrah's Cherokee Casino Resort cancels four - KCAR
Harrah's Cherokee Casino 평택 출장안마 Resort has canceled a four-night stay at Harrah's 울산광역 출장샵 Cherokee 제주도 출장샵 Casino 삼척 출장샵 Resort in Murphy, 울산광역 출장샵 the Eastern Band of Cherokee
Post a Comment